Bagaimana Membuat Ayam Bakar Taliwang Rumahan Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam Bakar Taliwang Rumahan. Anda sedang mencari ide resep ayam bakar taliwang rumahan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam bakar taliwang rumahan yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Lihat juga resep Ayam bakar taliwang (teflon) enak lainnya. Resep Ayam Taliwang - Siapa sih yang tidak tahu menu lezat yang satu ini? Ayam taliwang adalah salah satu hidangan khas Nusantara yang berasal Ayam taliwang sangat cocok dijadikan ide untuk masakan sehari-hari.

Ayam Bakar Taliwang Rumahan Meskipun ayam bakar termasuk menu mahal dibeberapa restoran, sebenarnya resep ayam bakar Bahan-bahan ayam bakar rumahan spesial. Resep ayam bakar taliwang ini bisa dibilang memang tergolong baru muncul dan dikenal oleh sebagain besar dari kita. Tetapi sebenarnya, masakan ayam yang menggunakan bumbu ayam bakar taliwang ini sudah sangat terkenal dan digemari di daerah asalnya, yaitu Taliwang di Mataram. Anda bisa membuat Ayam Bakar Taliwang Rumahan menggunakan 20 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ayam Bakar Taliwang Rumahan

  1. Anda perlu 3/4 ekor ayam (dipotong jadi 6).
  2. Anda perlu Bumbu halus.
  3. siapkan Bawang merah.
  4. Anda perlu Bawang putih.
  5. sediakan 4 butir Kemiri.
  6. sediakan 4 cm Kencur.
  7. Anda perlu 4 cm Kunyit.
  8. Anda perlu 15 buah Cabe merah.
  9. Anda perlu 10 Cabe rawit merah.
  10. Anda perlu Terasi.
  11. sediakan Tambahan.
  12. Anda perlu Gula merah.
  13. Anda perlu Garam.
  14. siapkan Gula.
  15. siapkan Penyedap rasa.
  16. Anda perlu Minyak goreng.
  17. Anda perlu 3 lembar Daun salam.
  18. Anda perlu 3 batang Sereh.
  19. siapkan 3 lembar Daun jeruk.
  20. sediakan Kecap manis.

Ayam taliwang merupakan primadona kuliner yang menjadi ikon makanan khas masyarakat Lombok. Ayam taliwang memiliki sensasi rasa yang pedas dengan kuatnya kencur. Ayam yang digunakan ialah ayam kampung muda agar terasa lebih gurih dan empuk. Ayam bakar ini bisa dijadikan menu makan sarapan, makan siang bahkan makan malam.

Cara membuat Ayam Bakar Taliwang Rumahan

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus. Saya menggunakan blender supaya lebih mudah. Cuci ayam dan lumuri dengan jeruk nipis kurang lebih 15 menit agar amisnya hilang..
  2. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, sereh dan daun jeruk. Tambahkan garam, penyedap, gula merah yang di iris dan gula pasir. Tes rasa..
  3. Saat bumbu sudah agak matang dan berubab warna, masukkan ayam. Aduk hingga bumbu merata. Tambahkan air dan ungkep ayam sampai air surut..
  4. Panggang ayam dalam oven listrik selama 5 menit dengan suhu 150 derajat. Oleskan bumbu sisa pada ayam, lalu panggang kembali dalam oven selama 5 menit. Ayam bakar taliwang rumahan siap dihidangkan. Sajikan dengan nasi hangat..

Biasanya ayam bakar disajikan dengan pelengkap lalapan sayur mentah seperti kol, mentimun, kemangi tomat dan juga sambal. Jadi versi Wikipedia, ayam taliwang adalah salah satu ayam bakar yang dibuat dengan bahan utama daging ayam dengan bumbu ayam bakar sederhana pada Rahasia Mengolah Ayam Bakar Taliwang : Lumuri ayam dengan air jeruk limau dan garam. Sajian ayam bakar taliwang mungkin sudah tak lagi asing ditelinga anda. Nah, kali ini selain anda akan dapat menjumpai hidangan ini di restoran, kali ini pun anda akan dapat membuat sajian ini dirumah dengan mudah dan sederhana. Sajian ayam bakar masuk ke dalam daftar resep masakan sederhana rumahan yang populer.