Resep: 36. Nasi Bakar Tongkol Kemangi Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep 36. Nasi Bakar Tongkol Kemangi. Sedang mencari ide resep 36. nasi bakar tongkol kemangi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal 36. nasi bakar tongkol kemangi yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Bosen tiap ada sisa nasi slalu dibikin nasgor/ dadar nasi,,, dan kebetulan masak pepes tongkol, maka aku embatlah seiris tongkolnya. Bosen tiap ada sisa nasi slalu dibikin nasgor/ dadar nasi,,, dan kebetulan masak pepes tongkol, maka aku embatlah seiris tongkolnya. Nasi Bakar Tongkol Kemangi enak lainnya!

36. Nasi Bakar Tongkol Kemangi Hasil pencarian untuk nasi bakar ayam kemangi. Kalau masih bosan juga, masih ada nasi bakar sebagai alternatif hidangan. Nasi bakar memiliki aroma dan rasa yang khas, karena dibalut daun pisang yang menguarkan bau harum saat bersentuhan dengan api. Anda bisa memasak 36. Nasi Bakar Tongkol Kemangi menggunakan 20 bahan dan 3 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat 36. Nasi Bakar Tongkol Kemangi

  1. Anda perlu 1 piring Nasi Putih.
  2. sediakan 50 ml Santan Kental.
  3. Anda perlu 1 buah Serai Geprek.
  4. sediakan 2 lbr Daun Jeruk.
  5. siapkan 1 lbr Daun Salam.
  6. sediakan Sejumput Garam.
  7. siapkan secukupnya Daun Pisang.
  8. Anda perlu Bahan Isi.
  9. siapkan 1 buah Tongkol Irisan.
  10. Anda perlu secukupnya Daun Kemangi.
  11. siapkan Bumbu Isian.
  12. Anda perlu 3 buah Bawang Merah.
  13. siapkan 1 siung Bawang Putih.
  14. sediakan 1 buah Cabe Merah Besar.
  15. Anda perlu 2 buah Cabe Rawit (bisa lebih sesuai selera).
  16. sediakan 1/2 buah Tomat.
  17. siapkan 1 biji Kemiri.
  18. sediakan secukupnya Garam, Gula dan Merica.
  19. Anda perlu 1/4 sdt Terasi.
  20. Anda perlu Sedikit Air/ Santan Encer.

Biasanya disertakan juga daun kemangi, sehingga aromanya semakin menggoda selera. Kalau ingin menikmati nasi bakar yang nikmat, buat saja sendiri. Olahan nasi dengan aroma rempah kemangi yang menggugah selera dapat anda nikmati dengan isi ikan , yuk coba nasi bakar isi tongkol. Ikan tongkol yang kaya akan manfaat kesehatan kini dapat diolah menjadi makanan yang menigkatkan selera makan.

Langkah langkah membuat 36. Nasi Bakar Tongkol Kemangi

  1. Haluskan semua bumbu halus, suwir² ikan tongkol, dan siangi daun kemangi. Tumis bumbu halus sampai harum, kemudian masukkan ikan tongkol yang sudah disuwir, aduk² sampai bumbu merata, tambahkan daun kemangi, aduk² sampai daun kemangi layu, tambahkan sedikit air supaya tidak kering. Sisihkan..
  2. Diwajan yang sama, masukkan nasi, daun salam, daun jeruk dan serai yg sudah digeprek. Aduk² dan tambahkan santan. Beri sedikit garam. Koreksi rasa. Bila sudah tercium bau harum, matikan kompor.
  3. Tata nasi di atas daun pisang, kemudian beri lauk isian, bungkus, lalu dibakar diatas teflon atau panggangan. Bakar sampai daun gosong, atau tercium aroma daun terbakar. Nasi bakar tongkol kemangi, siap disajikan..

Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi - Nasi bakar atau yang tekenal dengan sebutan nasbak merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sering dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma wangi dari nasi gurih yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar menciptakan aroma sedap yang khas. Proses pembakaran di atas arang maupun teflon ini membuat nasi semakin enak, ditambah lagi dengan isian. Di ghana ada temen yg punya pohon kemangi indonesia, lalu dirumah ada tongkol dan teri, jadilah nasi bakar teri tongkol kemangi ini thanks to mba @Linta Wafdan atas resepnya yg endeus ini. Nasi, Sereh, Daun jeruk remas, Daun salam, Garam, Bumbu Ikan tongkol=, Asam, Kunyit asroy.