Tips Memasak Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi. Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar tongkol suwir kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar tongkol suwir kemangi yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Salah satunya adanya nasi bakar isi ati ampela, nasi bakar cumi pedas, nasi bakar ayam petai, nasi bakar orek tempe, nasi bakar ayam suwir Coba cari-cari resep nasi bakar ayam suwir kemangi yang kira-kira bumbunya tersedia di dapur, akhirnya nemu resep nasbak yang sesuai dengan lidah. Olahan nasi dengan aroma rempah kemangi yang menggugah selera dapat anda nikmati dengan isi ikan , yuk coba nasi bakar isi tongkol. Ikan tongkol yang kaya akan manfaat kesehatan kini dapat diolah menjadi makanan yang menigkatkan selera makan.

Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi Disusul dengan ikan tongkol yang dagingnya disuir-suir terlebih dahulu. Nasi bakar ini khas dengan aroma wanginya, yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasi. Soal rasa, nasi bakar ini umumnya memiliki citarasa yang enak dan gurih. Anda bisa memasak Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi menggunakan 18 bahan dan 7 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi

  1. sediakan 250 gr tongkol basah.
  2. Anda perlu Bumbu :.
  3. Anda perlu 7 buah bawang merah.
  4. sediakan 3 siung bawang putih.
  5. siapkan 10 bh cabai rawit (saya pake 7bj).
  6. Anda perlu 5 bh cabai merah.
  7. siapkan 1 cm kunyit.
  8. Anda perlu 3 bh kemiri.
  9. Anda perlu 2 lbr daun jeruk.
  10. sediakan 2 lbr daun salam.
  11. Anda perlu 1/2 serai.
  12. sediakan Garam, gula secukupnya (saya pake gula merah).
  13. Anda perlu 1 sachet kaldu jamur.
  14. sediakan 3 ikat kemangi.
  15. Anda perlu Sedikit lengkuas.
  16. Anda perlu 10 bj petai, kupas.
  17. Anda perlu secukupnya Nasi liwet.
  18. sediakan secukupnya Daun pisang.

Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Rebus ayam dengan selembar daun salam hingga matang. Tiriskan lalu suwir-suwir. nasi bakar nasi bakar ayam nasi bakar ayam kemangi nasi bakar neng eli nasi bakar tempe nasi bakar cumi asin nasi bakar.

Cara membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi

  1. Sediakan bahan2. Utk nasi liwet saya bikin menggunakan Rice cooker. Resepnya next saya share ya. Tongkol cuci bersih, rebus sebentar dg daun salam dan daun jeruk, setelah empuk, buang airnya dan suwir2..
  2. Siapkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan besar, kunyit dan kemiri, gula merah, uleg halus..
  3. Tumis bumbu halus dg sedikit minyak, smp harum. Masukkan daun jeruk, daun salam, sereh, petai dan lengkuas geprek. Lalu masukkan tongkol suwir, aduk rata. Beri secukupnya Air utk meratakan bumbu nya, lalu masukkan, kaldu jamur, silahkan yg mau ditambah garam & gula. Koreksi rasa..
  4. Setelah rasanya sudah pas, tggu sebentar smp air agak menyusut. Masukkan kemangi, aduk rata sebentar, matikan api. Sisihkan.
  5. Ambil daun pisang yg sudah dilap. Beri nasi secukupnya, beri isian, lalu gulung. Padatkan. Sematkan lidi diujung atas dan bawah dg rapi. Lakukan smp habis.
  6. Setelah itu siapkan panggangan, saya menggunakan batu granit lgsg diatas kompor. Bakar nasi smp daun berubah warna. Dan sajikan hangat2 dengan tahu / tempe goreng dan krupuk 😊.
  7. Selamat mencoba ya momsis.. Jgn lupa beri love dan recook.. Trimakasih �.

Kulit ikan tongkol agak keras, jadi kita ambil dagingnya saja. Suwir-suwir daging ikan tongkol jangan terlalu halus agar makin. Lihat juga resep Nasi Bakar Cakalang Pedas #homemadebylita enak lainnya. Nasi bakar ini saya pakai nasi uduk, lalu diisi ayam suwir kemangi. Ayam bisa diganti tongkol, tuna atau ikan peda yg asin.