Resep: Nasi Bakar Tongkol Suwir Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir. Sedang mencari inspirasi resep nasi bakar tongkol suwir yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar tongkol suwir yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Tongkol suwir bumbu ini adalah lauk sapu jagad. Bisa dimakan sama nasi kuning, isian nasi bakar, isian lemper, isian roti goreng atau dimakan pake nasi putih anget juga udah nikmat banget. Di resep ini sya ga pake cabe karena mau untuk lauk anak.

Nasi Bakar Tongkol Suwir Keunikannya terletak pada daun pisang yang membungkus nasi, membuat aromanya lebih menggugah selera. Apalagi, ditambahkan tongkol suwir di dalamnya, dijamin makin nagih. Nah, kamu bisa bikin sendiri kreasi nasi bakar yang satu ini. Anda bisa memasak Nasi Bakar Tongkol Suwir menggunakan 20 bahan dan 6 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir

  1. Anda perlu 1 bungkus Pindang tongkol (isi 7 potong kecil pindang).
  2. siapkan 1 Lembar Daun Jeruk.
  3. sediakan 1 Lembar Daun salam.
  4. sediakan 1 mangkuk kecil daun kemangi.
  5. siapkan 1 piring penuh Nasi matang.
  6. Anda perlu Secukupnya Minyak Goreng untuk menumis.
  7. Anda perlu Bumbu :.
  8. sediakan 2 Siung Bawang Merah.
  9. sediakan 1 Siung Bawang putih.
  10. siapkan 8 Buah Cabai rawit.
  11. Anda perlu 2 Buah Cabai merah Tanjung.
  12. siapkan 1 Butir kemiri.
  13. Anda perlu 1 Batang Sereh (ambil bagian putihnya saja).
  14. Anda perlu 1/4 Sdt Merica bubuk.
  15. sediakan 1/4 Sdt Kunyit bubuk.
  16. sediakan 1/2 Sdt Garam.
  17. sediakan 1/2 Sdt Gula Pasir.
  18. sediakan Pembungkus :.
  19. sediakan secukupnya Daun Pisang.
  20. sediakan Tusuk gigi.

Ini dia salah satu lauk #AntiRibet yang cocok dijadikan menu sahur, bisa dibuat banyak sekaligus lalu ditempatkan diwadah tertutup , simpan dalam kulkas, tinggal dipanaskan sesaat sebelum dihidangkan. Untuk isian nasi bakar atau panada juga enak lho, yuks cobain 👌 Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir. Giliran liat ayahnya makan, dia abis banyak lhoo. Alhamdulillah 😄 Berhubung bnyk yg tanya, aq share resepnya yaa.

Langkah langkah membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir

  1. Suwir2 pindang tongkol,, haluskan semua bumbu, siapkan daun salam dan daun jeruk,, sisihkan.
  2. Panaskn Minyak..tumis bumbu hingga harum, masukan daun salam dan daun jeruk..masak hingga bumbu matang.
  3. Masukan tongkol suwir, aduk hingga merata, koreksi rasa,,masak hingga matang.
  4. Dalam mangkuk besar/baskom,siapkan nasi, campurkan tongkol suwir berbumbu (sisakan sedikit untuk topping), daun kemangi yg sudah dicuci bersih..aduk semua hingga tercampur rata...
  5. Siapkan daun pembungkus (daun pisang sebelumnya dibakar diatas kompor hingga layu,agar tidak robek saat membungkus),,Tata Daun pisang, beri nasi (ukuran sesuaikan selera masing2), topping tongkol suwir,,padatkan,bungkus memanjang lalu sematkan tusuk gigi dikedua sisinya..lakukan sampai nasi habis.
  6. Siapkan teflon,,bakar nasi dengan api sedang hingga permukaan daun pisang sedikit gosong dikedua sisinya..angkat dan sajikan bersama pelengkap lainnya...

Buat nasi bakar tongkol yang super lezat dengan resep ini. Semakin gurih karena menggunakan nasi liwet. Yuk, buat sendiri nasi bakar ikan tongkol untuk keluarga atau acara di rumah. Resep Nasi Bakar - Nasi bakar merupakan makanan sederhana yang mampu menarik perhatian untuk dicicipi, selain kesan alaminya yang kuat karena menggunakan daun pisang untuk membungkusnya, aroma hangus dari daun pisang yang terbakar juga mampu menambah kenikmatan yang dapat menggugah selera. Kukus nasi sampai matang sekitar setengah jam.