Resep: Nasi Bakar Pampis Tongkol Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Pampis Tongkol. Anda sedang mencari ide resep nasi bakar pampis tongkol yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar pampis tongkol yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Kalau sebelumnya saya sudah posting resep pampis tongkol, nah sekarang saya mau posting gimana bikin nasi liwet buat jadi pasangan si pampis tongkol. Kalau keduanya uda dikawinin di daun pisang, jadi deh Nasi Bakar Pampis Tongkol. Lihat juga resep Nasi Bakar Pampis Tongkol enak lainnya!

Nasi Bakar Pampis Tongkol Siapkan daun pisang, kemudian letakkan nasi dan tongkol suwir di atasnya. Letakkan nasi bakar yang telah dibungkus di atas teflon, bakar sampai berwarna kecokelatan. Wah, nasi bakar tongkol suwir pedas bisa dijadikan bekal ke kantor atau ke sekolah, nih! Anda bisa membuat Nasi Bakar Pampis Tongkol menggunakan 17 bahan dan 11 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Pampis Tongkol

  1. Anda perlu 5 cup Beras.
  2. siapkan 4 bungkus Santan Kara.
  3. sediakan 1 ekor ikan tongkol (berat kurang lebih 1250 gram).
  4. sediakan Bumbu Halus :.
  5. sediakan 15 Bawang merah.
  6. siapkan 8 Bawang putih.
  7. sediakan 30 Cabe keriting.
  8. sediakan 15 Cabe rawit.
  9. siapkan sejempol Jahe.
  10. siapkan Daun salam.
  11. Anda perlu Daun jeruk.
  12. Anda perlu Sereh.
  13. Anda perlu 1 ikat Kemangi.
  14. siapkan secukupnya Daun pisang.
  15. sediakan Garam.
  16. sediakan Gula.
  17. Anda perlu Kaldu Jamur.

Resep Pampis Tongkol Makanan Khas Manado Yang Bikin Habis Nasi. pakai sendok kering tentunya. kemudian saya angetin di rice cooker. tapi kadang saya makan langsung saja.asalkan nasi masih . Untuk membuat Pampis Tongkol, ikan tongkol harus diolah bersama bahan-bahan lainnya. Misalnya cabai rawit, daun jeruk, serai, kunyit, jeruk nipis, minyak sayur, dan garam. Sebelum dicampur bahan-bahan tersebut, tongkol harus dikukus dulu lantas disuir-suir.

Langkah langkah membuat Nasi Bakar Pampis Tongkol

  1. Cuci beras sampai bersih. Lalu masukkan santan kara 4 bungkus, tambahkan daun salam, sereh di geprek, garam secukupnya dan air seperti masak beras pada umumnya. Aduk aduk agar merata. Masak di rice cooker sampai matang. Setelah tombol rice cooker berubah menjadi warm, saya pindahkan nasi keatas kukusan, agar nasi menjadi lebih tanak..
  2. Cara membuat isian nya :.
  3. Ikan tongkol dari pasar saya minta di fillet, sampai rumah cuci bersih, kucuri air jeruk nipis / lemon, bilas lagi sampai bersih. Lalu kukus ikan selama kurang lebih 15-20 menit. Matikan kompor dan tunggu sampai dingin. Setelah ikan dingin, suwir suwir menjadi kecil kecil. Sisihkan.
  4. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe keriting, cabe rawit dan jahe..
  5. Tumis bumbu halus dan tambahkan daun jeruk, sereh geprek, tumis sampai matang / bau langu sudah hilang. Tambahkan garam, gula, kaldu jamur dan lakukan tes rasa..
  6. Masukkan ikan tongkol yang sudah di suwir suwir. Aduk sampai bumbu meresap dan lakukan tes rasa kembali. Apabila sudah dirasa cukup, matikan api..
  7. Siapkan daun pisang. Lap bersih sebelum dipakai..
  8. Tata nasi diatas daun pisang, beri tongkol suwir diatas nya, tambahkan daun kemangi, lalu tutup dengan nasi lagi diatasnya..
  9. Gulung nasi dan lipat daun pisang. Beri tusuk gigi di kedua ujung nya. Lakukan sampai habis..
  10. Bakar nasi yang sudah dibungkus daun pisang diatas teflon/panggang an. Lakukan sampai warna daun pisang berubah kecoklatan, balik agar kedua sisi terpanggang sempurna.
  11. Nasi Bakar siap dinikmati.

Olahan nasi dengan aroma rempah kemangi yang menggugah selera dapat anda nikmati dengan isi ikan , yuk coba nasi bakar isi tongkol. Ikan tongkol yang kaya akan manfaat kesehatan kini dapat diolah menjadi makanan yang menigkatkan selera makan. Lakukan cara ini hingga isian resep nasi bakar ayam habis total. Panggang nasi bungkus daun pisang dan bakar dengan cara di atas bara api. Setelah matang, sajikan di atas piring.