Bagaimana Membuat Nasi bakar ikan tongkol asap pete Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi bakar ikan tongkol asap pete. Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar ikan tongkol asap pete yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar ikan tongkol asap pete yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Kali ini saya akan berbagi resep nasi bakar ikan tongkol pedas, sangat mudah di buat dan cocok untuk bersantap bersama keluarga, segera di coba ya. Buat nasi bakar tongkol yang super lezat dengan resep ini. Semakin gurih karena menggunakan nasi liwet.

Nasi bakar ikan tongkol asap pete Kepikir lah bikin Nasi Bakar isi Ikan Asap dipedes. Hasilnya beneran luar biasa enak Nasinya berasa gurih pas, empuknya pas. Resep nasi bakar pertama adalah membuat nasi bakar dengan topping teri dan pete. Anda bisa membuat Nasi bakar ikan tongkol asap pete menggunakan 19 bahan dan 11 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Nasi bakar ikan tongkol asap pete

  1. siapkan 2 ekor ikan tongkol asap ukuran sedang.
  2. sediakan Segenggam Daun kemangi.
  3. sediakan Segenggam pete.
  4. siapkan Bawang merah.
  5. siapkan Bawang putih.
  6. siapkan Tomat setengah matang (yg matang atau yg ijo jg boleh).
  7. siapkan Cabe rawit.
  8. Anda perlu Cabe merah besar (cabe ijo besar jg boleh).
  9. siapkan Saos tiram.
  10. sediakan 1 ruas lengkuas.
  11. siapkan Secukupnya nasi putih.
  12. siapkan Secukupnya daun pisang.
  13. sediakan Secukupnya daun salam.
  14. Anda perlu 1 sdm kecap manis.
  15. sediakan Garam.
  16. sediakan Gula.
  17. sediakan Penyedap rasa.
  18. Anda perlu 1 gelas kecil Air matang.
  19. Anda perlu Minyak untuk menumis.

Kemudian bakar di atas api kecil hingga berubah warna. Nasi bakar ikan tongkol siap untuk disajikan. Selama ini banyak yang berpikir kalau membuat nasi bakar. Untuk membuat nasi bakar isi ikan tongkol dapat menggunakan ikan tongkol yang diasap atau menggunakan ikan tongkol yang kemudian dilumuri jeruk kemudian dibakar sebentar sehingga memudahkan untuk disewir.

Langkah langkah membuat Nasi bakar ikan tongkol asap pete

  1. Siapkan bahan.
  2. Cuci bersih ikan tongkol asap dan kukus sebentar,, suwir2, hilangkan duri2nya.
  3. Iris2 bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat. Geprek jg lengkuas.
  4. Tumis bumbu iris. Masukkan bawang putih dl sampai baunya harum dan warna berubah jd agak kecoklatan. kemudian masukkan bawang merah, cabe, lengkuas, daun salam dan pete. Lanjutkan oseng2 sampai semua bumbu dan pete layu serta berubah warna.
  5. Jika bumbu oseng sdh coklat masukkan ikan tongkol asap dan irisan tomat. Tambahkan pula garam, gula, penyedap, saos tiram dan kecap manis. oseng2 sampai ikan tercampur rata dengan bumbu.
  6. Tambahkan sedikit air sambil diaduk2 sebentar. Tunggu sampai air agak menyusut, masukkan daun kemangi. Aduk2 kembali dan biarkan sampai semua air menyusut tp tdk sampai kering.
  7. Sambil menunggu ikan tongkol asap agak dingin, bersihkan daun pisang dengan lap basah..
  8. Tata 1 centong nasi pada daun pisan (atau sesuai selera banyaknya) tambahkan daun salam d atas nasi baru letakkan 2-3 sdm ikan tongkol asap pete yg sdh matang k atasnya. Tambahkan sedikit nasi lagi untuk menutup ikan barulah gulung dengan daun pisang td dan semat ujung2nya dg lidi.
  9. Lakukan sampai semua olahan ikan tongkol asap pete habis dan bakar di atas teflon sampai daunya berubah jd agak gosong dengan api sedang.
  10. Nasi bakar ikan tongkol asap pete sdh siap dihidangkan.....
  11. Selamat mencoba bunda2.... 🤩🤩.

Jangan terlalu matang karena akan membuat ikan tongkol menjadi alot. Dan, untuk menu ikan tongkol asap goreng tepung beras ini bisa dikatakan masih belaum banyak orang yang menjualnya, direstoran pun masih sedikit yang menjajakannya, jadi jika anda berhasil membuatnya dirumah, tentu anda bisa jadi ibu rumah tangga yang baik untuk keluarga dengan. Yuk siapkan nasi bakar spesial untuk keluargamu. Nasi bakar bisa menjadikan sajian praktis yang bisa anda nikmati saat rekreasi atau perjalan jauh pada masa liburan anak seperti sekarang ini. Menu ini spesial karena Nasi yang diisi dengan lauk disalamnya ini tercium lebih harum dengan bungkus alami daun pisang.