Bagaimana Membuat Nasi bakar tongkol suir Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi bakar tongkol suir. Sedang mencari inspirasi resep nasi bakar tongkol suir yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar tongkol suir yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita. Buat nasi bakar tongkol yang super lezat dengan resep ini. Semakin gurih karena menggunakan nasi liwet. Yuk, buat sendiri nasi bakar ikan tongkol untuk keluarga atau acara di rumah.

Nasi bakar tongkol suir Biar bumbu di dalamnya matang secara sempurna. Kemudian tumis hingga keluar aroma yang harum. Disusul dengan ikan tongkol yang dagingnya disuir-suir terlebih dahulu. Anda bisa membuat Nasi bakar tongkol suir menggunakan 12 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Nasi bakar tongkol suir

  1. sediakan 1 ekor tongkol matang ukuran besar (suir2).
  2. Anda perlu 1 kg beras.
  3. siapkan 1000 ml santan.
  4. sediakan secukupnya Garam.
  5. siapkan 5 lembar daun salam.
  6. siapkan 3 batang serai.
  7. Anda perlu 4 cm lengkuas.
  8. siapkan Bumbu halus tongkol :.
  9. siapkan 8 buah bawang merah.
  10. Anda perlu 5 siung bawang putih.
  11. sediakan 10 buah cabe merah keriting.
  12. Anda perlu 10 cabe rawit merah (setan).

Cara membuat nasi bakar tongkol, juga tidak jauh berbeda dengan teri dan pete. Bersihkan ikan tongkol dan goreng setengah matang. Setelah itu suir ikan tongkol dengan ukuran sesuai selera. Olahan Nasi yang di bungkus dengan daun pisang yang di bakar dan isian tumisan ikan tongkol yang lezat ini sangat cocok di nikmati dengan lalapan dan sambal pedas!

Langkah langkah membuat Nasi bakar tongkol suir

  1. Tongkol suir : tumis bumbu halus sampai matang,beri sedikit air,lalu tambah garam,gula,biarkan sampai air kering lalu masukkan suiran tongkol,aduk2 sampai rata,angkat,sisihkan.(Bisa di tambah daun kemangi ya Bun,).
  2. Nasi : cuci beras sampai bersih,masukkan santan,sereh,lengkuas,daun salam,aduk2 sesekali agak bawahnya tidak gosong,sampai airnya susut,kemudian kukus kurlep 30 menit..
  3. Penyelesaian : siapkan daun pisang,ambil nasi,pipihkan, beri tongkol suir lalu tutup lagi dengan nasi,gulung rapi,lakukan sampai nasi dan tongkol habis..
  4. Panggang sampai daun berubah warna.

Masukkan bumbu halus dan tumis kemudian masukan ikan tongkol yang telah di suir dan tambahkan air sedikit. Resep Nasi Bakar - Nasi bakar merupakan makanan sederhana yang mampu menarik perhatian untuk dicicipi, selain kesan alaminya yang kuat karena menggunakan daun pisang untuk membungkusnya, aroma hangus dari daun pisang yang terbakar juga mampu menambah kenikmatan. Olahan nasi dengan aroma rempah kemangi yang menggugah selera dapat anda nikmati dengan isi ikan , yuk coba nasi bakar isi tongkol. Ikan tongkol yang kaya akan manfaat kesehatan kini dapat diolah menjadi makanan yang menigkatkan selera makan. Lauk praktis kekinian Tongkol Suir Temurui yang enak dan pastinya ngangenin lho.