Resep: Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg. Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar tongkol/cakalang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar tongkol/cakalang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. ID - Buat kalian penggemar Nasi Bakar, berikut resep Nasi Bakar Cakalang Pedas, simak juga bahan untuk Nasi Bakar Cakalang Pedas dan bagaimana cara buat Nasi Bakar Cakalang Pedas. Resep Nasi Bakar Cakalang Pedas sukses bikin siapapun yang menyantap jadi ketagihan. Resep Nasi Bakar Cakalang Pedas nikmat ini bikin bersantap jadi enggak biasa.

Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg Sajikan untuk disantap bersama keluarga di rumah. Lihat juga resep Nasi Bakar Cakalang Kemangi (Pedas) enak lainnya! Resep 'nasi bakar pindang tongkol' paling teruji. Anda bisa membuat Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg menggunakan 29 bahan dan 14 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg

  1. Anda perlu Bahan untuk Isian :.
  2. sediakan 1 kg Ikan Tongkol segar, kukus.
  3. Anda perlu 2 genggam kemangi.
  4. siapkan 1 batang serre yg d memarkan.
  5. Anda perlu 3 batang serre yg d potong halus(ambil putihnya saja).
  6. siapkan 3 sdm saos tiram(sy pke "selera",ini enak menurut saya rasanya).
  7. sediakan Garam.
  8. sediakan Gula.
  9. Anda perlu Micin dikit(opsional).
  10. sediakan Cabe rawit utuh.
  11. sediakan Cabe besar iris2 halus.
  12. siapkan Daun salam.
  13. sediakan 1/2 bungkus santan instan(bisa jg 1 bks).
  14. Anda perlu Bumbu halus :.
  15. siapkan 8-9 butir bawang merah.
  16. sediakan 4 butir bawang putih.
  17. siapkan 3 butir kemiri.
  18. Anda perlu 4-5 bj cabe rawit (sesuai selera).
  19. siapkan 1 jempol kunyit.
  20. Anda perlu 1 jempol jahe.
  21. siapkan Bahan untuk nasi :.
  22. siapkan 5 cup beras.
  23. sediakan Air sesuai takaran masak nasi biasa.
  24. siapkan 2 lembar daun salam.
  25. Anda perlu 2 buah serre yg d memarkan.
  26. Anda perlu 1 bungkus santan instan.
  27. siapkan 1/2 sdk teh garam (jgn byk2 dikit aja).
  28. sediakan Daun jeruk (jika suka).
  29. siapkan Ikan teri medan yg sdh di goreng kering.

Critanyaaa. punya pindang tongkol.bingung mau diapain.eehh inget punya daun pisang seuprit. 😅 buat nasbak aja d.ini resep aslinya nasi bakar cakalang asap dapat dari primarasa.� D. Apalagi tongkol dan cakalang memang bisa diolah menjadi beragam hidangan khas nusantara. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan antara ikan tuna, tongkol, dan cakalang. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang belum memahami perbedaan ketiga jenis ikan tersebut, Bacaterus akan mengajakmu mengenal perbedaan dari ketiganya.

Langkah langkah membuat Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg

  1. Untuk membuat isian :.
  2. Kukus ikan tongkol, yg sdh d bersihkan. Setelah itu suwir2 kasar ikannya..jangan halus yach..entar ikannya hancur klo d suir2 halus.
  3. Tumis bumis bumbu halus + 1 batang serre yg sdh d memarkan+ daun salam dgn 1 sdk makan margarin+ minyak..sampai harum, kemudian masukkan serre yg telah di potong halus2, masukkan saus tiram,garam gula,micin..aduk rata.. kemudian masukkan ikan tongkol yg sdh d suwir2 tadi, aduk2 tambahkan air sedikit, masukkan santan instan, cabe rawit utuh, aduk lagi icipin rasanya. Masak sampai rawitnya agak layu dan isian ikan agak kering. Mati kan api masukkan irisan cabe besar dan kemangi..sisihkan..
  4. Untuk membuat nasi :.
  5. Masak nasi di rice cooker seperti kayak masak nasi biasa, masukkan semua bahan campur jadi satu (kecuali ikan teri).
  6. Setelah nasi masak, selagi masih hangat (tdk panas tapi juga tidak dingin). Campur nasi dgn teri medan yg sdh d goreng tadi. Banyaknya teri sesuai keinginan..jangan byk2 jgn jg sedikit,ini hy untuk membuat nasi lbh yammi..
  7. Sediakan daun pisang yg sdh d potong2 dan di bersihkan.
  8. Ambil 1 sendok nasi, beri isian ikan kemudian tutup lagi dgn nasi.
  9. Bungkus nasi, seperti bungkus arem2/lemper yach..lakukan hingga habis..
  10. Olesin pemanggang dgn sedikit minyak atau margarin (sy bakarnya d kompor aja) bakar nasi, sampai daun menghitam saja.. angkat...
  11. Dan selamat menikmati.
  12. Tips 1 : ketika mengukus ikan, d air kukusan kasih sejempol jahe yg di memarkan, agar bau2 amis ikan hilang, dan ikan baunya lebih segar..
  13. Tips 2: jika nasi belum mau d makan, biar aman simpan aja d dalam kulkas (mengingat ada kandungan santan di nasi dan isian ikan) nanti sebelum di bakar nasi yg telah d bungkus..di kukus kurang lbh 5 menit kemudian langsung d bakar..
  14. Untuk 5 cup beras itu bisa jadi 6 bungkus nasi bakar ukuran besar atau 8-9 bks ukuran sedang..

Lakukan cara ini hingga isian resep nasi bakar ayam habis total. Panggang nasi bungkus daun pisang dan bakar dengan cara di atas bara api. Setelah matang, sajikan di atas piring. Agar resep nasi bakar Anda lebih lengkap dan sempurna, sajikan bersama. Nasi Bakar Ikan Cakalang, bisa diganti ikan tongkol, lengkap dengan rawit setan..