Tips Memasak Nasi Bakar Ikan Tongkol Suir Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Ikan Tongkol Suir. Sedang mencari ide resep nasi bakar ikan tongkol suir yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ikan tongkol suir yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita. Tongkol suwir bumbu ini adalah lauk sapu jagad. Bisa dimakan sama nasi kuning, isian nasi bakar, isian lemper, isian roti goreng atau dimakan pake nasi putih anget juga udah nikmat banget. Di resep ini sya ga pake cabe karena mau untuk lauk anak.

Nasi Bakar Ikan Tongkol Suir Lihat juga resep Nasi bakar ikan tongkol kemangi enak lainnya! Siapkan daun pisang, kemudian letakkan nasi dan tongkol suwir di atasnya. Letakkan nasi bakar yang telah dibungkus di atas teflon, bakar sampai berwarna kecokelatan. Anda bisa memasak Nasi Bakar Ikan Tongkol Suir menggunakan 19 bahan dan 6 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Ikan Tongkol Suir

  1. sediakan Bahan nasi.
  2. sediakan 500 gr beras.
  3. sediakan 900 ml air.
  4. siapkan 1 sereh.
  5. sediakan 3 lembar daun salam.
  6. siapkan 1 sachet santan instan (sasa).
  7. siapkan Secukupnya garam.
  8. sediakan Bahan Isian.
  9. sediakan 3 ekor tongkol.
  10. sediakan Bumbu ulek.
  11. sediakan 3 siung bawang putih.
  12. siapkan 3 siung bawang merah.
  13. siapkan 9 cabe rawit merah.
  14. sediakan 1 buah tomat.
  15. Anda perlu 1 laos (geprek).
  16. sediakan 3 lembar daun jeruk.
  17. Anda perlu Secukupnya garam, penyedap rasa, gula.
  18. sediakan 50 gr cabe keriting ijo(diiris).
  19. siapkan Secukupnya daun pisang.

Wah, nasi bakar tongkol suwir pedas bisa dijadikan bekal ke kantor atau ke sekolah, nih! Buat nasi bakar tongkol yang super lezat dengan resep ini. Semakin gurih karena menggunakan nasi liwet. Yuk, buat sendiri nasi bakar ikan tongkol untuk keluarga atau acara di rumah.

Cara membuat Nasi Bakar Ikan Tongkol Suir

  1. Cuci bersih beras lalu masukkan bahan untuk memasak nasi di magic com.
  2. Cuci ikan lalu kukus atau digoreng tapi jangan terlalu keras lalu disuir suir.
  3. Ulek semua bumbu lalu gongso dengan winyak sampai harum lalu masukkan cabe keriting ijo kemudian tambahkan sedikit air sambil dites rasa jika ada yg kurang bisa tambah garam/gula/penyedap rasanya sesuai selera.
  4. Jika sudah mendidih masukkan ikan aduk sampai rata kemudian masukkan loncang aduk sampai rata & koreksi rasa jika sudah pas angkat & matikan kompor.
  5. Siapkan daun lalu tata nasi kemudian tambahkan tongkol suirnya kemudian tutup lagi pakai nasi kemudian pulung dan tutup rapat sampai selesai.
  6. Siapkan alat untuk membakar (saya pakai wingko untuk bakar nasinya) tunggu sambil di balik sampai daun seperti terbakar lalu angkat dan siap untuk disajikan.

Masukkan bumbu halus dan tumis kemudian masukan ikan tongkol yang telah di suir dan tambahkan air sedikit. Bumbui dengan garam , lada dan gula. Bungkus dengan cara melipat dan menyematkan lidi pada kedua ujung daun. Lakukan cara ini hingga isian resep nasi bakar ayam habis total. Panggang nasi bungkus daun pisang dan bakar dengan cara di atas bara api.