Resep: Nasi Bakar Teri Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Teri. Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar teri yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar teri yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Cara Membuat Nasi Bakar Spesial: Rendam teri dengan air panas. Setelah keluar aroma harumnya, tambahkan teri, oncom kemangi, dan juga nasi. Agar lebih sedap, tambahkan kaldu bubuk dan garam seperlunya.

Nasi Bakar Teri Paduan yang unik dari resep nasi bakar teri berikut ini wajib Anda coba, rasanya yang pedas dan gurih dengan wangi yang sedap, menjadikannya sensasi tersendiri ketika menyantapnya. Resep nasi bakar memang tidak sebegitu terkenal seperti resep nasi uduk, nasi liwet, nasi goreng dan lainnya. Mungkin ini dikarenakan cara membuat nasi bakar teri ini memang sedikit lebih ribet dibandingkan dengan resep masakan sehari-hari berbahan dasar beras lainnya. Anda bisa membuat Nasi Bakar Teri menggunakan 17 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Teri

  1. Anda perlu Bahan Nasi Gurih :.
  2. Anda perlu Beras secukupnya (sy pakai dua kaleng takar).
  3. siapkan 1 batang serai, geprek.
  4. siapkan 2 ruas lengkuas.
  5. siapkan 2 lembar daun salam.
  6. Anda perlu 5 siung bawang merah.
  7. Anda perlu Garam.
  8. siapkan Bahan Isian/Topping :.
  9. siapkan 200 gr Teri Medan, cuci agar tdk terlalu asin.
  10. sediakan 7 cabe rawit.
  11. Anda perlu 3 siung bawang merah.
  12. Anda perlu 2 siung bawang putih.
  13. sediakan Gula.
  14. siapkan Pelengkap :.
  15. sediakan 1 ikat kemangi, petik daunnya.
  16. Anda perlu Daun pisang, jemur sebentar, bersihkan.
  17. siapkan Sambal terasi.

Tetapi umumnya orang memberikan isian dengan beragam pilihan. Ada yang mengisinya dengan suwiran ayam, ikan teri, cumi, udang, atau daging cincang yang diberi tambahan sambal. Hingga kini, nasi bakar jadi identik dengan menu khas masakan Indonesia. Kalau hidangan yang satu ini, favorit banget untuk sebagian besar orang.

Langkah langkah membuat Nasi Bakar Teri

  1. Saat memasak nasi, campurkan semua bahan nasi beserta garam secukupnya. Saya menanak nasi menggunakan dandang, cara yg sama jika menggunakan rice cooker. Tips supaya nasi makin harum, tambahkan bawang merah saat menanak di dandang. Bila gunakan rice cooker, tambahkan bawang sesaaat sebelum nasi matang..
  2. Untuk membuat isian, tumis semua bumbu kecuali teri dan gula. Sebelum layu, masukkan gula seujung sendok teh. Terakhir baru tambahkan teri. Pastikan semuanya tdk terlalu lama dimasak..
  3. Jika sudah, bungkus isian teri, nasi gurih & tambahkan daun kemangi. Daun pisang yg digunakan membungkus sebaiknya dijemur lebih dahulu agar tdk mudah sobek. Bakar di atas wajan anti lengket selama 10 menit secara merata. Sajikan dengan sambal terasi..
  4. Saya suka bakar kering di bagian isi. Aroma hangus daun pisang di terinya bikin menu ini triple harumnya..

Nasi Bakar Teri Pedas, yaa nggak sih? Kebayang dong gimana harumnya nasi yang dibalut dengan daun pisang dan di dalamnya dicampur dengan teri pedas yang bakal memanjakan lidah. Yang mau berkreasi membuat menu ini, langsung aja lihat video lengkapnya dan bagikan resepnya ke semua temanmu. Makanan Favorit suami salah satunya nasi bakar ikan teri ini, teri bisa diganti dengan lauk apa aja ya. Saya pilih teri karena kandungan kalsiumnya tinggi.