Tips Memasak Nasi Bakar Ikan Tuna Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Ikan Tuna. Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar ikan tuna yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ikan tuna yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Nasi Bakar Ikan Tuna Kepingin nasi bakar, kalo beli, selain harganya mahal,kadang porsinya ga' ngenyangin ya�. Coba bikin sendiri aja sambil liat resepnya mba @susi agung , kebetulan dikulkas masih punya ikan tuna beberapa potong. Masukkan ikan tuna yang telah disuwir-suwir, tuang air secukupnya.

Nasi Bakar Ikan Tuna Bakar nasi bungkus duan pisang hingga daun pisang kering dan sedap. Lagi cari inspirasi buat ide bisnis kuliner? Sajian nasi bakar boleh juga dicoba! Anda bisa membuat Nasi Bakar Ikan Tuna menggunakan 27 bahan dan 6 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Ikan Tuna

  1. siapkan 500 gr beras, cuci bersih.
  2. sediakan 750 ml santan kental dari 1btr kelapa.
  3. siapkan 2 btg sereh, geprek bagian putihnya buat simpul.
  4. sediakan 2 lmbr daun salam.
  5. Anda perlu 2 lmbr daun pandan, buat simpul.
  6. sediakan Secukupnya garam.
  7. siapkan Secukupnya daun pisang.
  8. Anda perlu Secukupnya lidi untuk menyemat (optional, saya tidak pakai).
  9. siapkan Bahan isian tuna :.
  10. Anda perlu 200 gr tuna,rebus,suwir.
  11. sediakan 2 lmbr daun salam.
  12. siapkan 2 lmbr daun jeruk memarkan.
  13. siapkan 1 btg sereh, memarkan.
  14. siapkan 2 cm lengkuas, memarkan.
  15. siapkan 250 ml santan dengan kekentalan sedang dari 1/2btr kelapa.
  16. Anda perlu 2 btg kemangi, petiki daunnya, cuci bersih.
  17. siapkan Secukupnya garam.
  18. sediakan Secukupnya gula.
  19. sediakan Secukupnya minyak goreng untuk menumis.
  20. Anda perlu Bumbu halus :.
  21. sediakan 5 siung bawang merah.
  22. siapkan 3 siung bawang putih.
  23. Anda perlu 1 cm kunyit, kupas, bakar.
  24. siapkan 4 btr kemiri, sangrai.
  25. Anda perlu 5 bh cabe keriting merah.
  26. Anda perlu 5 bh cabe rawit merah.
  27. siapkan 1 bh cabe merah besar.

Kali ini Endeus membuat Nasi Bakar Tuna Kemangi. Rasa pedas dengan aroma harum kemangi dan daun jeruk bikin sajian ini jadi spesial! Nasi bakar memang enak bila disandingkan dengan apa saja. Salah satunya adalah tumis tuna pedas.

Cara memasak Nasi Bakar Ikan Tuna

  1. Rebus santan sampai mendidih. Segera matikan api. Masukkan beras kedalam wadah rice cooker lalu masukkan santan yang direbus tadi, lalu masukkan garam, sereh, daun pandan & daun salam. Masak seperti biasa di rice cooker sampai matang.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai matang & harum. Kemudian masukkan tuna yang sudah di suwir. Aduk rata..
  3. Tambahkan santan, garam & gula aduk rata &cek rasa sampai pas. Masak sampai santan susut dan bumbu terserap sempurna. Masukkan daun kemangi, aduk sebentar. Matikan api, sisihkan..
  4. Siapkan dua lembar daun pisang, taruh nasi lalu taruh bahan isian diatasnya, tutupi lagi dengan nasi..
  5. Lipat daun pisang sambil dipadatkan isinya, kemudian lipat lagi kedua ujungnya seperti pada gambar. Atau bisa juga disematkan dengan lidi. Lakukan sampai nasi & tuna habis..
  6. Kemudian bakar diatas teflon /grillpan/alat pemanggang lainnya sampai daun pisang berubah warna dan mengeluarkan aroma harum. Angkat. Sajikan dengan bahan pelengkap lainnya sesuai selera. Atau tanpa bahan pelengkappun nasi ini sudah gurih & nikmat..

Aroma harum daun pisang berpadu rasa tuna yang pedas-gurih bikin ingin nambah. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Nasi Bakar Ikan Tuna Kepingin nasi bakar, kalo beli, selain harganya mahal,kadang porsinya ga' ngenyangin ya�. Coba bikin sendiri aja sambil liat resepnya mba @susi agung , kebetulan dikulkas masih punya ikan tuna beberapa potong. Nasi bakar isi ikan tuna sangat pas di hidangkan untuk anggota keluarga anda termasuk untuk perkembangan dan kesehatan anak-anak.