Tips Membuat Nasi Bakar Beras Merah Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Beras Merah. Anda sedang mencari ide resep nasi bakar beras merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar beras merah yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Sambil menunggu berasnya jadi nasi, lebih baik tumis resep nasi bakar untuk bahan isiannya. Tumis semua bahan isian di atas, termasuk ayam yang sudah dipotong kecil-kecil itu. Nasi bakar menjadi kuliner favorit karena cita rasanya yang khas dan juga cara penyajiannya yang unik. pembuatan nasi liwet.

Nasi Bakar Beras Merah Resep Nasi Bakar - Menu makanan nasi bakar tentu sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Makanan ini menjadi salah satu pilihan ketika merasa Terdapat beberapa bahan utama yang harus disediakan untuk membuat nasi bakar. Selain beras tentunya ada sejumlah bahan yang juga penting. Anda bisa membuat Nasi Bakar Beras Merah menggunakan 38 bahan dan 7 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Beras Merah

  1. Anda perlu Nasi.
  2. sediakan 2 cup beras merah.
  3. siapkan Secukupnya air (1 ½ ruas jari).
  4. Anda perlu 40 ml santan kental (aku menggunakan Sun Kara).
  5. siapkan 1 batang sereh geprek.
  6. sediakan 1 helai daun salam.
  7. siapkan Secukupnya garam.
  8. sediakan Tumis Tempe Teri pedas.
  9. sediakan Tempe.
  10. siapkan Secukupnya teri nasi kering.
  11. siapkan 5 cabai rawit.
  12. sediakan 1 cabai merah besar.
  13. siapkan Secukupnya bawang bombay.
  14. siapkan 1 siung bawang putih.
  15. siapkan Secukupnya merica.
  16. sediakan Secukupnya gula.
  17. sediakan Secukupnya garam.
  18. Anda perlu Secukupnya mentega untuk menumis.
  19. sediakan Ayam Kuning Suwir.
  20. siapkan 200 gr ayam.
  21. siapkan 1 batang sereh geprek.
  22. Anda perlu 1 lembar daun salam.
  23. Anda perlu 2 lembar daun jeruk.
  24. siapkan 1 ruas kunyit.
  25. Anda perlu 1 ruas jahe.
  26. siapkan 1 sdm air asam jawa.
  27. sediakan Secukupnya air.
  28. sediakan Bumbu halus.
  29. sediakan 2 siung bawang putih.
  30. sediakan 4 siung bawang merah.
  31. sediakan Secukupnya garam.
  32. Anda perlu Secukupnya gula.
  33. sediakan Secukupnya penyedap rasa (jika suka).
  34. sediakan Seujung sdt merica.
  35. sediakan Secukupnya minyak untuk menumis.
  36. siapkan Pelengkap.
  37. Anda perlu Daun kemangi.
  38. siapkan Daun pisang untuk membungkus.

Nasi merah dapat mengurangi risiko kanker colon yang berkaitan dengan risiko kanker usus besar. Selain itu nasi merah mengandung serat yang tinggi Untuk membuat anggota keluarga anda tertarik dengan olahan nasi merah, tidak ada salahnya anda mencoba olahan nasi bakar beras merah yang. Tanpa isian pun, sebenarnya nasi bakar sudah sangat enak untuk disantap. Masak hingga beras menyerap air santan, kemudian pindahkan dan masak menggunakan rice cooker.

Cara memasak Nasi Bakar Beras Merah

  1. Masukan semua bahan untuk membuat nasi di rice cooker. Nyalakan mode memasak dalam rice cooker, 10 menit setelahnya buka dan aduk-aduk nasi, kemudian tutup kembali, diamkan sampai mode memasak selesai..
  2. Haluskan bahan-bahan bumbu halus, siapkan panci berikan minyak dan tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam dan sereh sampai aromanya harum. Tambahkan air dan air asam jawa, masukan ayam rebus hingga airnya menyusut dan ayam sudah mulai empuk (jika menggunakan ayam kampung, durasi merebus akan lebih lama)..
  3. Angkat ayam, buang tulangnya dan suwir, taruh kembali dalam panci dan susutkan sisa air kuahnya. Tambahkan kemangi untuk aroma lebih wangi.
  4. Untuk tumis tempe teri, cuci teri nasi agar tidak terlalu asin, saring. Potong-potong tempe sesuai selera. Iris bawang bombay, bawang putih dan cabai, tumis hingga harum, kemudian masukan tempe dan teri, tambahkan garam, gula dan merica. Aduk-aduk sampai sekiranya sudah matang. Sisihkan..
  5. Siapkan daun pisang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu di atas kompor agar tidak mudah pecah. Tata nasi, daun kemangi, tumis tempe teri dan ayam suwir di atas atau di bawah nasi..
  6. Bungkus, dan bakar nasi di atas panggangan atau bisa menggunakan teflon saja. Balik dan bakar setiap sisinya 5 menit sekali. Angkat. Nasi bakar siap dihidangkan.
  7. PS: Untuk lauk bisa dipisah, jika hanya ingin ayam saja atau tumis tempe teri saja. Tips untuk nasi lebih gurih, sisa kuah pada ayam bisa ditambahkan di nasi saat membungkus. Hasilnya nasi bakar akan lebih memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat.

Bisa juga memasak nasi menggunakan kukusan. Jangan menambahkan air melebihi takaran tersebut, karena nasi bisa menjadi basah. Cara memasak beras merah menjadi nasi pulen yang terakhir adalah dengan mencampurnya. Nasi bakar merah Kenapa Saya beri nama nasi bakar merah??? Resep Nasi Bakar Isi Jamur Beras Merah(Grilled Banana Leaf Wrapped Spiced Red Rice with Mushroom).