Bagaimana Membuat Nasi bakar Ayam daun kemangi Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi bakar Ayam daun kemangi. Sedang mencari inspirasi resep nasi bakar ayam daun kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar ayam daun kemangi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini.

Nasi bakar Ayam daun kemangi Nasi bakar ayam kemangi adalah salah satu inovasi masakan Nusantara yang sangat terkenal di seluruh Indonesia terutama di pulau Jawa. Aroma harum muncul dari daun kemangi yang ada dan dipadukan dengan daging ayam, sungguh menambah nikmatnya nasi goreng bakar kemangi ini. Gak cuman ikan bakar, nasi bakar juga menjadi salah satu makanan favorit semua orang. Anda bisa membuat Nasi bakar Ayam daun kemangi menggunakan 17 bahan dan 8 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi bakar Ayam daun kemangi

  1. siapkan 5 cup beras.
  2. sediakan 600 ml air kaldu ayam.
  3. sediakan 1/4 kg dada ayam.
  4. Anda perlu 1 buah petai.
  5. Anda perlu 1 ikat daun kemangi.
  6. siapkan 1/2 kubis/kol.
  7. sediakan Daun bawang.
  8. siapkan 6 siung bawang putih.
  9. sediakan 7 siung bawang merah.
  10. sediakan 3 btg sereh.
  11. Anda perlu 7 lembar daun salam.
  12. sediakan 2 ruas jari lengkuas.
  13. siapkan 2 ruas jari kunyit.
  14. Anda perlu 5 buah cabai rawit merah (opsional).
  15. sediakan Penyedap royko.
  16. Anda perlu Gula dan garam.
  17. sediakan Minyak untuk menumis.

Rasa gurih dan aroma asap karena dimasak dengan daun pusang menjadi cita rasa yang khas. Nah, ada beberapa jenis nasi bakar nih, namun hingga saat ini nasi bakar rendang dan ayam kemangi masih. Kemudian tata daun pisang, nasi liwet serta tambahkan kemangi kemudian tambahkan suwiran ayam, tembahkan lagi kemangi di atas ayam dan dapat pula tambahkan irisan cabe rawit apabila anda menyukai pedas, setelah itu bakar di atas grill pan, bolak - balik hingga matang, angkat dan hidangkan. Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa disantap sebagai lalapan yang di sandingkan dengan sambal.

Cara memasak Nasi bakar Ayam daun kemangi

  1. Rebus dada ayam dan setelah matang saring dan sisihkan air kaldu nya untuk masak nasi biar lebih mantap.
  2. Haluskan bawang merah dan bawang putih tambahkan daun salam, sereh dan lengkuas yang sudah di geprek kemudian tumis sampai matang.
  3. Cuci beras kemudian masukan tumisan dan air kaldu ayam tadi (air di sesuaikan seperti biasa memasak nasi) tambahkan 1 sendok minyak goreng dan penyedap agar nasi lebih gurih.
  4. Suwir" ayam dan rajang kubis serta kupas petai dan petik daun kemangi nya..
  5. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, dan kunyit sampai halus.
  6. Tumis hingga harum masukan daun salam dan sereh geprek, masukan ayam serta sayuran yg tadi serta tambahkan daun bawang masak hingga matang.
  7. Siapkan daun pisang yang sudah di panaskan di atas kompor agar layu dan tidak mudah sobek, masukan 2 centong nasi dan tumisan ayam tadi.
  8. Bungkus serapi mungkin dan di sematkan penusuk gigi di kedua ujungnya kemudian bakar menggunakan teflon.

Harumnya daun kemangi khas dan kuat serta lembut dengan sentuhan aroma limau. Resep nasi bakar ikan teri medan dengan kemangi yang satu ini adalah makanan yang enak dan lezat lho. Cara membuat nasi bakar teri ini sedikit beda dengan yang lain, yaitu dengan cara di bakar. Tetapi seperti resep masakan berbahan nasi lainnya, bahan utama makanan ini adalah beras atau nasi. bakar nasi dalam daun dengan cara meletakkannya di atas grill pan. Bolak bali secara merata agar tidak gosong.