Resep: Ayam Bakar Bumbu Kecap Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam Bakar Bumbu Kecap. Anda sedang mencari inspirasi resep ayam bakar bumbu kecap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam bakar bumbu kecap yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita. Resep Ayam Kecap Spesial Resep masakan ayam yang lezat dengan bumbu kecap bisa digoreng, panggang, bakar dan bumbu semur kecap ala resturan yang bikin nambah dan ketagihan. Berdasarkan data terakhir yang beredar, tingkat konsumsi daging ayam di tengah masyarakat kita semakin hari tercatat semakin meningkat. Resep bumbu ayam bakar kecap ini menggunakan bahan bahan sederhana, seperti bawang putih, bawang merah, daun jeruk, serai, air asam jawa, dan bahan bumbu lainnya. yang jelas bumbu ayam bakar kecap mudah didapatkan dan harganya cukup murah.

Ayam Bakar Bumbu Kecap Buat beberapa teman yang kebetulan tidak ada acara liburan di hotel berbintang, salah satu acara murah meriah yang biasanya dilakukan untuk menunggu detik detik pergantian tahun dengan pesta kembang api dan membuat masakan ayam bakar. Waktu itu, ibu yang menyuruh saya untuk membuat ayam bakar sebab beliau jarang suka masakan ayam kalau beli di luaran sebab ibu takut kurang sesuai harapan dari segi ra. Yang pertama kita akan membahas ayam bakar kecap. Anda bisa memasak Ayam Bakar Bumbu Kecap menggunakan 18 bahan dan 8 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap

  1. siapkan 500 g Ayam segar.
  2. Anda perlu 3 siung Bawang putih.
  3. sediakan 6 siung Bawang merah.
  4. sediakan Cabe merah besar 3 buah (optional).
  5. Anda perlu Cabe rawit merah 7 buah (optional).
  6. siapkan 1/2 jempol Jahe.
  7. siapkan 1/2 bulatan Jeruk nipis.
  8. sediakan 3 sdm Minyak.
  9. sediakan 1 sdm Gula.
  10. Anda perlu 1/4 sdm Garam.
  11. Anda perlu 1/2 sdm Kaldu bubuk.
  12. sediakan 1/2 sdm Minyak wijen.
  13. Anda perlu 2 sdm Saus tiram.
  14. sediakan 1/2 sdm Saus inggris.
  15. sediakan 1 sdt Kecap asin.
  16. sediakan 2 sdm Saus rajarasa.
  17. sediakan 4 sdm Kecap manis.
  18. Anda perlu 250 ml Air.

Tentu kita semua tau donk makanan yang di bakar itu memiliki aroma dan cita rasa tersendiri. Nah, bayangkan jika itu sudah di bakar di beri bumbu kecap sedemikian rupa sehingga membuatnya terasa semakin sempurna. Pertama-tama ayam hanya perlu dihilangkan bau tidak sedapnya dengan garam dan jeruk nipis — ini sih prosedur standar ketika berhadapan dengan daging maupun ikan. Sama halnya bila aku membuat juga ayam yang disemur bersama tahu.

Cara memasak Ayam Bakar Bumbu Kecap

  1. Cuci bersih ayam, stelah itu baluri dengan jeruk nipis estimasi 15 menit. Lalu cuci ulang dan tiriskan..
  2. Potong² tipis: bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe besar dan jahe..
  3. Panaskan minyak, masukkan semua bahan yang diiris tipis. Tumis hingga harum..
  4. Masukkan garam, gula, kaldu bubuk, minyak wijen, saus inggris, saus rajarasa, kecap asin, kecap manis dan saus tiram. Tongseng lagi hingga semakin harum dan layu..
  5. Masukkan ayam dan diamkam 1 menit tanpa diorak arik..
  6. Setelah 1 menit didiamkan, orak arik dan ratakan supaya ayam terbaluri semua dengan bumbunya. Diamkan 10 menit sambil ditutup..
  7. Setelah didiamkan, beri air, aduk² supaya merata lagi dan tutup lagi. Masak hingga air surut. Setelah matang bakar di teflon ato dipemanggang..
  8. Saat memanggang, beri kecap supaya lebih manis, bila tidak terlalu manis abaikan penambahan kecap sebelum dibakar..

Mulai dari ayam bakar kecap, ayam bakar Padang, ayam bumbu rujak, sampai ayam bakar madu gaya western. Ada juga resep ayam bakar ekonomis yang bisa dibuat dalam waktu singkat. Tentu saja resep bumbu ayam bakar juga sangat banyak ragamnya, apalagi di Indonesia ini setiap daerah punya ciri khas bumbu rempah tersendiri yang membuat resep bumbu ayam bakar juga semakin banyak variasinya. Diantaranya yang paling populer adalah resep ayam bakar kecap, resep ayam bakar kalasan, resep ayam bakar bumbu rujak, resep ayam bakar taliwang dan lain-lain. Yang pertama kita membahas olahan ayam bakar yang di beri bumbu kecap sebagai pelengkap rasa.