Resep: Iwak Haruan Bakar (Ikan Gabus Bakar) Sambal Santan Pedas Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Iwak Haruan Bakar (Ikan Gabus Bakar) Sambal Santan Pedas. Lagi mencari ide resep iwak haruan bakar (ikan gabus bakar) sambal santan pedas yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal iwak haruan bakar (ikan gabus bakar) sambal santan pedas yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Iwak Karing batanak atau ikan asin masak santan. Ikan asin tengiri, ikan asin haruan atau ikan asin gabus, ikan asin papuyu atau ikan asin betok, ikan asin kakap atau ikan asin bambangan. ikan asin jambal roti, ikan Kuliner banjarmasin, iwak karing basantan. Iwak babanam, ikan bakar khas banjar.

Iwak Haruan Bakar (Ikan Gabus Bakar) Sambal Santan Pedas Kombinasi bumbu rempah alami dari nusantara dan komposisi pemakaian yang sesuai dan pas, akan. Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah: bocek dari riau, aruan, haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.) dan lain-lain. Anda bisa memasak Iwak Haruan Bakar (Ikan Gabus Bakar) Sambal Santan Pedas menggunakan 23 bahan dan 8 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Iwak Haruan Bakar (Ikan Gabus Bakar) Sambal Santan Pedas

  1. Anda perlu 2 ekor Iwak Haruan (Ikan Gabus).
  2. siapkan Bahan Bakaran.
  3. Anda perlu 2 sdm Saos Tomat.
  4. siapkan 2 sdm Kecap Manis.
  5. Anda perlu 2 sdm Minyak Goreng.
  6. sediakan 1 sdt Garam.
  7. sediakan 2 cm Jahe.
  8. Anda perlu 3 siung Bawang Putih.
  9. Anda perlu 4 biji Bawang Merah.
  10. siapkan 1/2 sdt Kunyit Bubuk.
  11. Anda perlu 50 gr Gula Merah.
  12. Anda perlu Bahan Sambal Santan Pedas.
  13. Anda perlu 1 buah Tomat.
  14. Anda perlu 1 buah Limau Kuit.
  15. siapkan 1 bungkus Santan Kara (65 ml).
  16. siapkan 50 ml Air Matang.
  17. Anda perlu 1 siung Bawang Putih.
  18. Anda perlu 4 biji Bawang Merah.
  19. siapkan 1/2 bungkus Terasi Bakar.
  20. sediakan 25 Buah mix Cabe Keriting dan Cabe Rawit.
  21. Anda perlu 1 sdm Gula Pasir.
  22. Anda perlu 1 sdt Garam.
  23. Anda perlu 1/2 sdt Penyedap Rasa.

Berbahan dasar ikan haruan yang telah dijemur setengah kering kemudian dimasak dengan bumbu khusus, hampap mempunyai rasa yang sangat lezat. Ikan gabus atau channa striata merupakan salah satu jenis ikan predator yang biasa hidup di air tawar. Di jawa barat, ikan satu ii cederug disebut ikan gabus, bogo atau bobosok. Di malaysia dan wilayah Kalimantan Utara, ikan satu ini lebih populer dengan sebutan aruan atau ikan haruan. ikan gabus bakar pedas. ikan gabus bakar kuah santan.

Cara membuat Iwak Haruan Bakar (Ikan Gabus Bakar) Sambal Santan Pedas

  1. Siapkan semua bahan bakaran yang akan digunakan. Bersihkan ikan dan belah terbuka, bagian kulit diiris tipis agar bumbu meresap..
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, gula merah. Masukkan juga kunyit, garam. Ditempat lain siapkan saos tomat, kecap manis dan minyak goreng. Kemudian campur bumbu halus yang sudah dihaluskan. Aduk rata..
  3. Kemudian masukkan ikan di bahan bakaran yang sudah tercampur rata. Diamkan kurang lebih 20 menit agar bumbu benar2 meresap..
  4. Bakar ikan diatas teplon dengan api kecil agar tidak terlalu gosong. Bolak balik ikan. Sampai benar2 matang. Angkat sisihkan.
  5. Siapkan bahan membuat sambal. Cuci bersih dan potong semua cabe dan duo bawang. Bakar terasi diatas api kompor..
  6. Kemudian goreng bahan yang sudah dipotong tadi. Ulek semua bahan termasuk garam, gula pasir, penyedap dan terasi bakar..
  7. Setelah sambal halus diulek. Ditempat lain masukkan 1 bungkus santan kara campur dengan air matang. Kemudian aduk rata. Setelah itu masukkan kedalam sambal tadi. Aduk sampai tercampur rata..
  8. Setelah itu iris limau kuit dan beri perasan air limau kuit pada sambal. Aduk kembali. Setelah itu masukkan ikan gabusnya seperti berenang ya😚😚. Siap dinikmati dan selamat mencoba.

Masak ikan Gabus atau Haruan bahasa Banjar adalah masakan khas Kalimantan, dimasak secara tradisional dan dengan alat. INDRAMAYU #majak #masak #jajan #kulineran #resep #ikanbakar #sambal Assalamukaikum..sekali tak tahan rasa pedas, tetap bisa makan sambal cabe habang atau daging sapi/ayam/ikan haruan atau gabus masak habang khas Banjar, Kalsel. Pasti selalu saja ada penjual ikan bakar di Pasar Wadai tiap tahun. Ikan yang dibakar macam-macam, dari mulai ikan patin, ikan mas, sampai ikan haruan. Side dish-nya adalah sayur berkuah dan sambal yang bikin kamu pengen nambah terus!