Bagaimana Memasak Ikan Tongkol Bakar Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ikan Tongkol Bakar. Sedang mencari ide resep ikan tongkol bakar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan tongkol bakar yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Lihat juga resep Tongkol Bakar Pedas Manis enak lainnya! Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Bakar. Bersihkan terlebih dahulu ikan tongkol, lalu siram dengan air perasan jeruk nipis dan ½ sdt garam dapur secara merata.

Ikan Tongkol Bakar Selain ekonomis, ikan tongkol juga kaya akan protein loh. Biasanya orang-orang mengolahnya Untuk kamu yang masih bingung dan masih mencari resep ikan tongkol enak, banyak resep yang. Resep Rendang Ikan Tongkol ini adalah variasi yang tak kalah menarik dari rendang daging sapi. Anda bisa memasak Ikan Tongkol Bakar menggunakan 12 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ikan Tongkol Bakar

  1. sediakan 1.5 kg 1 ikan tongkol (1 ekor).
  2. Anda perlu 2 buah bawang putih.
  3. sediakan 4 buah bawang merah.
  4. siapkan 1.5 sdt garam.
  5. siapkan 1 sdm kunyit bubuk.
  6. Anda perlu 1 sdm minyak sayur.
  7. siapkan 1 sdm kecap manis.
  8. sediakan Bahan sambal.
  9. Anda perlu 10 buah cabai rawit hijau dan merah (campur).
  10. Anda perlu 3 butir bawang merah.
  11. siapkan 1 sdt garam.
  12. Anda perlu 1 sdm kecap manis.

Goreng Rebus Kukus Bakar Panggang Tumis. Kalau mau ikan tongkol yang bertekstur lebih kering langsung bakar saja di atas pemanggang. Tapi sebentar saja soalnya bumbu sudah meresap sepenuhnya. Petunjuk membuat ikan bakar ini dipakai.

Cara memasak Ikan Tongkol Bakar

  1. Siapkan ikannya, belah dua, tidak putus ya. Cuci bersih dan tiriskan. Haluskan bawang putih, bawang merah dan garam, kemudian campur dengan minyak, dan kecap manis, aduk rata..
  2. Lumuri ikan dengan bumbu halus hingga rata, diamkan sekitar 20 menit (tujuannya agar bumbu meresap)..
  3. Panggang ikan di atas bara api, jangan lupa untuk di bolak-balik supaya matang merata..
  4. Untuk sambalnya : iris tipis bawang merah dan cabai rawit, campurkan dengan garam dan kecap manis, aduk rata..
  5. Ikan tongkol bakar siap disajikan. Selamat mencoba..

Harga Ikan Tongkol - Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Harga ikan tongkol yang terbilang murah menjadi alasan utamanya. Ikan tongkol punya nama latin Euthynnus affinis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Karena ikan tongkol yang digoreng dan dibakar saja sudah terlalu mainstream.