Resep: Ayam Bekakak Bakar Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam Bekakak Bakar. Anda sedang mencari inspirasi resep ayam bekakak bakar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam bekakak bakar yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Lihat juga resep Ayam bekakak bakar enak lainnya. Selain sate dan soto, ayam panggang/bakar ternyata juga punya kekhasan di tiap daerah asalnya. Salah satunya ayam bekakak khas Sunda yang punya citarasa pas perpaduan dari gurih, manis, dan pedas.

Ayam Bekakak Bakar Solo and Yogyakarta are the two cities right at the center of Javanese culture, and you can bet that this grilled chicken is going to be on the sweet side :) It may be really weird for those who don't live or grow up in Java to appreciate the sweetness that is supposed to be savory dishes, but I love them. Ayam bekakak is Javanese grilled chicken served in festive occasions like weddings and sunatan (circumcision). This is one of the many ayam panggang (grilled chicken) recipe scattered across the country. Anda bisa membuat Ayam Bekakak Bakar menggunakan 20 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Ayam Bekakak Bakar

  1. siapkan 1 ekor ayam kampung (berat 800 gram).
  2. siapkan 1 Sereh.
  3. sediakan 2 lembar daun salam.
  4. Anda perlu 700 ml santan.
  5. sediakan Bumbu perendam :.
  6. siapkan 3 bawang putih.
  7. siapkan 2 ruas kunyit bakar.
  8. sediakan 1 sdm garam.
  9. siapkan Bumbu halus :.
  10. sediakan 7 bawang merah.
  11. Anda perlu 4 bawang putih.
  12. Anda perlu 3 butir kemiri sangrai.
  13. sediakan 8 cabe merah.
  14. Anda perlu 1 ruas jahe bakar.
  15. Anda perlu 4 cm lengkuas muda.
  16. sediakan 1 sdm ketumbar sangrai.
  17. Anda perlu 1 / sdt merica.
  18. Anda perlu 1 sdm garam atau sesuai selera.
  19. sediakan 1 sdt penyedap kaldu jamur.
  20. Anda perlu 1 sdm Gula merah/ gula jawa.

The main characteristic of a Javanese dish is its tendency to be sweet, so it is not a surprise that this grilled chicken, with its copious amount of kecap manis (sweet soy sauce) in both its. Baca Juga : Resep Ayam Geprek Wong Klaten (Ayam Goreng Tepung Sambal Bawang) Seperti sajian sate dan soto, ayam panggang atau ayam bakar ternyata juga punya kekhasan di tiap daerah asalnya. Seperti resep ayam bekakak khas Sunda, sajian yang terbuat dari daging ayam sebagai bahan utamanya ini juga memiliki ciri khas yang membedakan dari masakan ayam lainnya. Intinya seperti ayam bakar bias di ungkep dulu bumbu komplet ada pedasnya gitu dan pakai santan, Keistimewaan ayam bekakak ini karena di sajikan dalam kondisi utuh, jadi lebih menarik gitu.

Cara membuat Ayam Bekakak Bakar

  1. Cuci bersih ayam kampung utuh beri perasan jeruk nipis..lalu bumbui dengan bumbu perendam selama 1 jam.
  2. Siapkan bumbu halus(ketumbar sangrai sebaiknya dihaluskan terakhir saja dan jangan terlalu halus / ketumbar ditumbuk kasar saja).
  3. Tumis bumbu halus, lalu masukkan sereh, daun salam beri garam. Masukkan ayam yang sudah dilumuri bumbu perendam bersama bumbu perendamnya. Tumis dan aduk rata..
  4. Masukkan santan dalam yang sudah ditumis rata dengan bumbu, masak dengan api sedang sampai air bumbu menyusut dan meresap..
  5. Ambil sedikit air bumbu ungkep ayam lalu tambah 3 sdm kecap aduk rata. Gunakan bumbu ini sebagai olesan untuk membakar ayam bekakak. Bakar ayam sambil diolesi bumbu oles tersebut bolak balik hingga mengering dan ayam terbakar merata dan matang. Ayam bekakak bakar siap dihidangkan..

Membuat ayam bekakak ini mengungkepnya jangan terlalu lama, agar tidak remuk dan bentuknya masih utuh gitu. Bagi Anda yang berdomisili di daerah Jawa Barat, mungkin sudah tidak akan asing lagi dengan ayam bekakak. Makanan tradisional ini memiliki rasa yang sangat lezat karena pengolahannya menggunakan berbagai rempah dan bumbu kecap. Biasanya, ayam bekakak dibuat dari ayam kampung karena memiliki rasa yang khas dan sajian ayam bekakak berbentuk ayam bakar yang dibumbui sehingga terasa gurih, manis dan pedas. Ayam bekakak disajikan dalam bentuk ayam utuh (tidak dipotong-potong terlebih dulu).