Bagaimana Memasak Nasi Kuning Bakar Ayam Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Kuning Bakar Ayam. Sedang mencari ide resep nasi kuning bakar ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kuning bakar ayam yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Nasi kuning memiliki rasa dan aroma yang gurih, karena juga dimasak menggunakan air santan. Nasi kuning biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti kentang, ayam goreng, telur dadar dan abon. Nasi kuning sangat mudah dibuat di rumah.

Nasi Kuning Bakar Ayam Panggang nasi bungkus daun pisang dan bakar dengan cara di atas bara api. Setelah matang, sajikan di atas piring. Agar resep nasi bakar Anda lebih lengkap dan sempurna, sajikan bersama. Anda bisa membuat Nasi Kuning Bakar Ayam menggunakan 18 bahan dan 6 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Nasi Kuning Bakar Ayam

  1. Anda perlu Nasi Kuning.
  2. sediakan 200 gr Beras, cuci bersih.
  3. siapkan 400 ml Air.
  4. sediakan 1/2 sdt garam.
  5. Anda perlu 2 bh Daun Salam.
  6. sediakan 1 cm Kunyit.
  7. sediakan 2 batang Serai, ambil bagian putihnya.
  8. Anda perlu Secukupnya daun pisang untuk pembungkus.
  9. Anda perlu Ayam Suwir.
  10. siapkan 100 gr Daging Ayam.
  11. sediakan 4 bh Bawang Merah, Iris halus.
  12. sediakan 2 siung Bawang Putih, iris halus.
  13. sediakan 6 bh cabai rawit, sesuai selera.
  14. Anda perlu 2 bh daun Jeruk,sobek-sobek.
  15. sediakan 1 ikat Daun Kemangi, bersihkan dan siangi.
  16. siapkan 1 bh Tomat merah,potong-potong.
  17. Anda perlu Secukupnya garam.
  18. Anda perlu Secukupnya kaldu bubuk.

Nasi bakar (Indonesian for "burned or grilled rice") refer to steamed rice seasoned with spices and ingredients and wrapped in banana leaf secured with lidi semat (small needle made of central rib of coconut leaf) and later grilled upon charcoal fire. The burned banana leaf produced a unique aroma upon the rice. The banana leaf package is opened upon consumption. Nasi kuning memiliki rasa dan aroma yang gurih, karena juga dimasak menggunakan air santan.

Cara memasak Nasi Kuning Bakar Ayam

  1. Cuci bersih beras. Campur beras dan semua bumbu, aduk rata dan masak dalam rice cooker. 10 menit sebelum nasi matang, aduk rata aronan nasi..
  2. Cuci bersih ayam. Masak air sampai mendidih lalu masak ayam sampai matang. Tiriskan dan suwir halus..
  3. Siapkan bumbu lalu tumis bawang sampai halus Masukkan cabai rawit, tomat dan daun jeruk..
  4. Tambahkan ayam suwir. Aduk rata dan tambahkan garam dan kaldu bubuk. Cicipi dan koreksi rasa. Tambahkan sedikit air lalu masak sampai matang dan sisihkan..
  5. Siapkan daun pisang. Taruh nasi kuning diatasnya lalu beri potongan kemangi, ayam dan cabai rawit. Bungkus dan jepit dengan tusuk gigi..
  6. Panggang sampai aromanya harum..

Nasi kuning biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti kentang, ayam goreng, telur dadar dan abon. Nasi kuning sangat mudah dibuat di rumah. Berikut cara membuat nasi kuning yang enak, dilansir dari berbagai sumber: Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Lihat juga resep Nasi Bakar Ayam Kemangi enak lainnya.