Cara mudah Membuat Ayam Bakar Bumbu Bali Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam Bakar Bumbu Bali. Sedang mencari ide resep ayam bakar bumbu bali yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam bakar bumbu bali yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Bagi anda pecinta pedas, sajian ayam bakar juga bisa dikreasikan dengan racikan bumbu pedas seperti bumbu padang, bumbu rujak, atau bumbu bali. Citarasanya dijamin akan jauh lebih sedap dan 'menggigit' dibanding ayam bakar kecap pada umumnya. Sajian ayam bakar bumbu Bali adalah hidangan yang enak dan mudah untuk dibuat dirumah.

Ayam Bakar Bumbu Bali Dengan paduan tempah rempah yang lengkap khas bali ini membuat ayam bakar ini beda dari tempat lain. CaRa Membuat AYam Bakar Bumbu Khas Bali. Inibaru.id - Ayam bakar bumbu bali konon merupakan hidangan istimewa pada zamannya. Anda bisa memasak Ayam Bakar Bumbu Bali menggunakan 17 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ayam Bakar Bumbu Bali

  1. Anda perlu 1 ekor Ayam Kalasan.
  2. sediakan Bumbu Halus :.
  3. siapkan 10 Bawang merah.
  4. sediakan 5 bawang putih.
  5. Anda perlu 5 cabe keriting.
  6. sediakan 3-4 cm kunyit.
  7. Anda perlu 4 kemiri.
  8. Anda perlu Bumbu Tambahan.
  9. sediakan 2 serai, geprek.
  10. siapkan 5 daun jeruk.
  11. sediakan 5 cm lengkuas geprek.
  12. Anda perlu gula merah.
  13. siapkan kecap manis.
  14. siapkan garam.
  15. sediakan 1 sdt terasi bakar.
  16. siapkan asam jawa sedikit, cairkan dgn air.
  17. siapkan kaldu jamur.

Diracik dengan bumbu rempah yang beragam, olahan Menu kuliner ayam yang satu ini memang istimewa. Dengan cara memasak yang pas, daging ayam akan terasa empuk dan bumbu balinya bakal terasa. Cara membuat Resep Ayam Bumbu Bali Sederhana. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani Mungkin Resep Ayam Bumbu Bali memang tidak sepopuler resep ayam yang lain dan jarang bisa kita temukan di rumah makan atau restauran.

Cara membuat Ayam Bakar Bumbu Bali

  1. Cuci bersih ayam dengan jeruk nipis. diamkan selama 10 - 15 menit. Cuci bersih dan tusuk2 ayam dengan garpu, supaya nanti bumbu bs meresap.
  2. Tumis bumbu halus, masukan serai, lengkuas, daun jeruk, sampai harum dan matang, masukan ayam (belah 4). kalau aku sih, di potong2 saja ayamnya biar gampang masaknya. Ini tadi bumbu yg aku pakai ya, ak suka pakai bumbu yg mencolok saat masak, so bawang sk aku lebihkan.
  3. Masukan air dan matangkan ayam sampai mencapai tingkat kelembutan yang diinginkan. Bumbui dengan garam, gula merah, kecap manis, kaldu jamur dan air asam jawa dan terasi bakarnya. Cicipi apakah rasa sudah pas. Masak sampai kuah ayam mengering.
  4. Bakar ayam di pan sampai sedikit kering. Sajikan dengan sambal.
  5. Tadi ak ga buat sambal, tapi kbtlan ada sisa sambal bekas bikinan kemarin. cuma cabe rawit n keriting merah dan bawang putih yang di masak aja sampai aga layu, lalu di blender dgn sdkt air rebusan agak kental (seperti sambal terasi biasa kentalnya), bumbui kaldu jamur, kecap angsa sedikit, jeruk limo, gula, dan beri kecap manis secukupnya.. Ternyata cocok juga sambalnya.. cuma racikannya harus pas ada asam asin manis, ak ga bs pastikan takaran jelasnya.. hrs dgn icip2 sih pas bikin sambalnya..

Ayam bakar bumbu rujak bisa menjadi pilihan yang tepat karena apabila di makan akan menghadirkan rasa yang tidak biasa. Resep yang terakhir adalah resep ayam bakar bumbu bali. Panggang atau bakar ayam sembari dioles bumbu hingga kecokelatan kering di kedua sisinya. Jika ayam sudah matang, segera angkat. Aduk merata, masak hingga matang dan bumbu meresap.