Cara mudah Memasak Gurame Bakar Manis Gula Aren Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Gurame Bakar Manis Gula Aren. Sedang mencari inspirasi resep gurame bakar manis gula aren yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal gurame bakar manis gula aren yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Tetap setia menggunakan gula aren untuk bumbu dapurnya. Nampoool rasanya👌 Selamat mencoba� sari dewanto. Menu makanan gurame bakar kecap merupakan salah satu olahan ikan gurame bakar yang paling diminati.

Gurame Bakar Manis Gula Aren Variasi olahan dari ikan gurame ini juga sangatlah banyak, mulai dari gurame saus tiram, gurame tepung, gurame bakar, hingga gurame asam manis yang akan dibahas pada resep kali ini. Rasanya yang gurih dengan daging lembut, dipadukan dengan bumbu asam manis sangatlah lezat. Lalu, goreng ikan gurame hingga garing. Anda bisa membuat Gurame Bakar Manis Gula Aren menggunakan 13 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Gurame Bakar Manis Gula Aren

  1. sediakan 1 ekor gurame ukuran sedang (-/+ 400 gram).
  2. Anda perlu Bahan Bumbu Rendam.
  3. siapkan 2 siung bawang putih.
  4. sediakan 1/2 sdt ketumbar bubuk.
  5. Anda perlu 1 sdm Garam.
  6. siapkan secukupnya Air.
  7. siapkan Bahan Saus Olesan.
  8. siapkan 1 sdt saus tiram.
  9. sediakan 50 gr gula aren.
  10. siapkan 1 sdm mentega.
  11. siapkan 2 lembar daun salam.
  12. siapkan 1 ruas kecil jahe, geprek.
  13. siapkan 180 ml air.

Tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, kunyit dan jahe yang sudah dihaluskan bersama daun jeruk, daun salam dan serai. Masukkan mentimun dan wortel yang sudah dipotong korek api, kemudian masukkan cabai rawit merah utuh. Ikan gurame asam manis ala chinese food siap disajikan. Ikan gurame paling sering kita jumpai di restoran atau rumah makan.

Cara memasak Gurame Bakar Manis Gula Aren

  1. Bersihkan gurame dari sisiknya dan jerohannya. Sayat badannya. Karena ikannya masih segar, jd tidak perlu saya baluri perasan jeruk nipis..
  2. Haluskan jadi satu semua bahan rendam. Rendam bolak balik gurame 10 - 15 menit..
  3. Sementara itu bikin sausnya. Didihkan air, langsung masukkan gula aren, jahe, dan daun salam. Aduk sampai gula arennya mencair. Setelah itu masukkan mentega dan saus tiram. Aduk² hingga surut dan mengental. Sisihkan..
  4. Bakar bolak balik gurame di atas pembakaran / alat panggang dg api kecil agar matangnya sampai ke dalam. Setelah kecokelatan, oleskan bolak balik saus olesan ke gurame sambil terus dibakar. Oleskan hingga habis sausnya. Angkat, sajikan. Selamat mencoba..

Berbagai jenis masakan gurame di kelola untuk di jadikan makanan terutama Gurame bakar, gurame goreng, gurame tepung crispy asam manis, gurame tepung fillet dan Gurame Asam Manis. Namun karna dagingnya yang enak dan besar harga ikan gurame cukup mahal. Cukup digoreng, bakar, atau dimasak bersama bumbu dan saus pilihan. Seperti saus asam manis, saus Thailand, bumbu cobek, saus tiram, dan lain sebagainya. Jangan lupa tambahkan cabai rawit, kalau kamu dan keluarga suka pedas.