Resep: 12. Ikan Gurame Bakar Pedas Manis Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep 12. Ikan Gurame Bakar Pedas Manis. Lagi mencari ide resep 12. ikan gurame bakar pedas manis yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal 12. ikan gurame bakar pedas manis yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Ikan Kembung Bakar Pedas Manis ©Shutterstock. Lihat juga resep Gurami bakar pedas manis enak lainnya! Gurame adalah ikan tawar yang paling banyak disukai karena bentuknya besar.

12. Ikan Gurame Bakar Pedas Manis Jadi, ikan gurame ini adalah ikan yang dapat dimasak dengan cara apapun, bakar, goreng, maupun rebus. Cara Memasak Gurame Asam Manis Ikan gurame paling sering kita jumpai di restoran atau rumah makan. Berbagai jenis masakan gurame di kelola untuk di jadikan makanan terutama Gurame bakar, gurame goreng, gurame tepung crispy asam manis, gurame tepung fillet dan Gurame Asam Manis. Anda bisa memasak 12. Ikan Gurame Bakar Pedas Manis menggunakan 19 bahan dan 8 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat 12. Ikan Gurame Bakar Pedas Manis

  1. Anda perlu bahan a.
  2. Anda perlu 1 Ekor Ikan Gurame (dibersihkan sisik, insang, isi perutnya).
  3. sediakan 1/2 buah Jeruk Nipis.
  4. sediakan Secukupnya Garam.
  5. siapkan BAHAN B (BUMBU HALUS).
  6. siapkan 5 siung Bawang Merah.
  7. sediakan 3 siung Bawang Putih.
  8. sediakan 2 buah Cabai Rawit Merah (optional, sesuai selera).
  9. siapkan 1 cm Jahe.
  10. Anda perlu 1 cm Kunyit (optional).
  11. Anda perlu 1 sdt Ketumbar.
  12. Anda perlu 1/2 buah Jeruk Nipis.
  13. siapkan bahan pelengkap.
  14. Anda perlu Secukupnya Garam.
  15. Anda perlu Secukupnya Gula Pasir.
  16. siapkan Secukupnya Kecap Manis.
  17. Anda perlu Secukupnya Air.
  18. Anda perlu Sedikit Minyak Goreng (untuk tumis bumbu).
  19. Anda perlu Sambal Dabu - Dabu (lihat resep).

Namun karna dagingnya yang enak dan besar harga ikan gurame cukup mahal. Olahan Ikan - Bagaimana cara memasak Ikan Gurami Acar Merah Bumbu asam, manis, pedas Yang Paling Enak? - Nama Ikan gurami setiap daerah berbeda soalnya saya pernah dengar yang nyebut seperti gurame (Sunda); grameh (Jawa.); kalui (Jambi.); ikan kali (palembang) yang mana sajalah yang penting ikan-nya seperti itu. Ikan gurami ini sebenarnya cocoknya dibakar dimakan dengan sambal dan lalapan. Ya, selain resep gurame saus tiram, resep gurame goreng tepung dan gurame bakar, resep ikan gurame ini memang menjadi salah satu favorite keluarga di Indonesia.

Langkah langkah membuat 12. Ikan Gurame Bakar Pedas Manis

  1. Ikan dipisahkan dari insang, sisik dan isi perut nya, ikan dibersihkan kembali. Taburi ikan dengan garam dan beri perasan jeruk nipis sampai merata.
  2. Kupas dan bersihkan bahan-bahan bumbu halus, kemudian dihaluskan (saya teteup lebih suka diuleg). Jeruk nipisnya diperas aja yaaa.
  3. Setelah halus, panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus hingga harum (NOTE: api kecil aja kawan). Tambahkan air sedikit sedikit sampe tumisannya bagus. Tambahkan kecap manis, gula pasir dan garam secukupnya. Koreksi rasa. Rasa yang saya suka ada pedas, gurih dan manis. NOTE: Kalo mau warnanya pekat, kecapnya agak banyak, baru tambahin gula pasir nya.
  4. Kalo rasa udah oke, masukkan ikan kedalam tumisan, ratakan bumbu-bumbu ke semua ikan. Sampe sela-sela atau rongga nya juga ya.
  5. Kalo udah rata, pindahkan wajan yang berisi tumisan. Kemudian panaskan wajan anti lengket, pindahkan ikan yang sudah ditumis ke atas wajan anti lengket.
  6. Sambil menunggu sisi bawah nya matang, oleskan bagian atas ikan dengan sisa tumisan, kemudian dibalik. Jangan lupa sisi atas bawah nya ikan jg di bakar ya.
  7. Udah rata semua? Cus plating... bisa dinikmati pake sambel yang disukai, kalo saya kali ini pake sambel dabu-dabu (itulah kenapa ga pake garnis atau lalapan hehehe).
  8. INFO: untuk panggangan saya pake Maxim Ultra Grill. Selain dia ga lengket, dia ga merusak tekstur kulit ikannya.

Selain itu, resep yang akan kita buat kali ini bisa juga sedikit diberi variasi baru untuk menambah cita rasanya, seperti asam manis nanas atau asam manis pedas. Setelah itu ikan gurame dilumuri dengan bahan bumbu, lalu bakar di atas panggangan hingga matang. Ikan gurame bakar siap disajikan bersama dengan sambal kecapnya. Demikianlah Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Kecap Pedas Special yang bisa anda coba dirumah. Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame.