Resep: Ikan Tongkol Bakar Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ikan Tongkol Bakar. Anda sedang mencari inspirasi resep ikan tongkol bakar yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan tongkol bakar yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Lihat juga resep Tongkol Bakar Pedas Manis enak lainnya! Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Bakar. Bersihkan terlebih dahulu ikan tongkol, lalu siram dengan air perasan jeruk nipis dan ½ sdt garam dapur secara merata.

Ikan Tongkol Bakar Selain ekonomis, ikan tongkol juga kaya akan protein loh. Biasanya orang-orang mengolahnya Untuk kamu yang masih bingung dan masih mencari resep ikan tongkol enak, banyak resep yang. Resep Rendang Ikan Tongkol ini adalah variasi yang tak kalah menarik dari rendang daging sapi. Anda bisa membuat Ikan Tongkol Bakar menggunakan 13 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ikan Tongkol Bakar

  1. siapkan 6 ekor ikan tongkol.
  2. siapkan 1 liter santan.
  3. siapkan 1 jeruk nipis utk membaluri ikan, 1 untuk bumbu halus.
  4. siapkan 1 sdm cabe giling halus.
  5. siapkan 1 batang serai.
  6. sediakan 4 lembar daun jeruk.
  7. Anda perlu Bumbu haluskan :.
  8. siapkan 7 siung bawang merah.
  9. sediakan 4 siung bawang putih.
  10. Anda perlu 1 ruas jahe.
  11. siapkan 2 ruas kunyit.
  12. sediakan 2 butir kemiri.
  13. siapkan Garam.

Goreng Rebus Kukus Bakar Panggang Tumis. Kalau mau ikan tongkol yang bertekstur lebih kering langsung bakar saja di atas pemanggang. Tapi sebentar saja soalnya bumbu sudah meresap sepenuhnya. Petunjuk membuat ikan bakar ini dipakai.

Cara membuat Ikan Tongkol Bakar

  1. Bersihkan ikan, buang insang dan isi perutnya, sayat2 badan ikan. Cuci bersih dan beri 1 perasan jeruk nipis. Diamkan sambil memasak bumbu oles..
  2. Masak santan dengan bumbu halus, masukkan cabe, daun jeruk, serai.masak hingga santan mengental. (maaf foto santannya tinggal sedikit karena sebagian sudah di oles ke ikan selagi di bakar).
  3. Olesi teflon dengan minyak goreng. Bakar ikan yang sudah dibaluri jeruk nipis. Bakar hingga setengah masak dan kering..
  4. Oleskan bumbu ke ikan. Bakar hingga kecoklatan. Balikkan ikan dan oleskan lagi bumbunya. Bakar hingga kecoklatan, kemudian oleskan lagi sisa bumbu ke sisi atas ikan. Angkat dan sajikan..

Harga Ikan Tongkol - Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Harga ikan tongkol yang terbilang murah menjadi alasan utamanya. Ikan tongkol punya nama latin Euthynnus affinis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Karena ikan tongkol yang digoreng dan dibakar saja sudah terlalu mainstream.