Cara mudah Memasak Semur Ayam Kentang Tempe Bumbu Bakar Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Semur Ayam Kentang Tempe Bumbu Bakar. Anda sedang mencari inspirasi resep semur ayam kentang tempe bumbu bakar yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur ayam kentang tempe bumbu bakar yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Lihat juga resep Semur Ayam Kentang Tempe Bumbu Bakar enak lainnya! Resep Semur Ayam Kentang Tempe Bumbu Bakar favorit. Menu berbuka hari ini udah saya masak sekarang biar bumbunya lebih meresap.

Semur Ayam Kentang Tempe Bumbu Bakar Lihat juga resep Semur Ayam Kentang Tempe Bumbu Bakar enak lainnya! Semur Ayam Bakar ini lezat dan segar, karena rasa Kecap Manis Bango yang berpadu dengan jeruk nipis, lengkuas dan daun salam. Bakar ayam di atas bara api hingga berwarna kecokelatan. Anda bisa membuat Semur Ayam Kentang Tempe Bumbu Bakar menggunakan 18 bahan dan 3 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Semur Ayam Kentang Tempe Bumbu Bakar

  1. siapkan 300 gr dada ayam pejantan, potong-potong lalu cuci bersih.
  2. sediakan 12 buah kentang kecil, kupas dan rendam dengan air.
  3. siapkan 1/2 papan kecil tempe bacem (bisa diganti tempe biasa).
  4. Anda perlu 1 lembar daun salam.
  5. Anda perlu 1 batang serai, geprek.
  6. Anda perlu 1 ruas jari lengkuas.
  7. sediakan 1/4 buah tomat tanpa biji, iris.
  8. Anda perlu 1 sdm gula merah aren sisir.
  9. Anda perlu 1 sdm kecap manis.
  10. Anda perlu 1/2 sdt gula pasir.
  11. sediakan Secukupnya garam.
  12. sediakan 350 ml air.
  13. Anda perlu Bumbu bakar : haluskan.
  14. sediakan 3 butir bawang merah.
  15. sediakan 2 siung bawang putih.
  16. sediakan 2 cm kunyit.
  17. siapkan 2 cm jahe.
  18. Anda perlu 3 cm serai (bagian putihnya).

Tumis bumbu halus, daun salam, serai, dan jahe hingga harum. Semur juga menjadi masakan andalan banyak rumah tangga di Indonesia. Ada berbagai racikan nenek moyang yang begitu berharga, mulai dari resep semur daging hingga semur tahu. Kalau di kesempatan lain aku sudah pernah berbagi resep semur tahu sederhana, sebetulnya mirip dengan semur ayam kentang yang satu ini.

Langkah langkah membuat Semur Ayam Kentang Tempe Bumbu Bakar

  1. Campur ayam, bumbu halus, gula aren, kecap manis, tomat, daun salam, serai dan lengkuas. Tuang air dan didihkan hingga ayam setengah matang/berubah warna.
  2. Masukkan kentang dan tempe. Beri garam dan gula pasir. Masak hingga semua matang dan empuk. Koreksi rasa.
  3. Angkat dan sajikan.

Semur ayam berkuah kental nikmat yang menjaga keluarga tetap bahagia Semur adalah masakan asimilasi dari Eropa yang menjadi masakan rumahan populer di keluarga Indonesia. Berbagai protein hewani dan nabati bisa menjadi bintang utamanya, tidak terkecuali ayam. Sedangkan untuk pelengkapnya, semur sering ditambahkan potongan kentang dan tomat. Kebetulan juga masih punya koleksi rempah yang cukup buat bumbu semur. Tapi kecap manisnya minta tetangga kos karena ternyata tidak cukup pakai kecap asin+gula aja.