Tips Memasak Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem. Lagi mencari ide resep ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya. Bacem adalah menu masakan sehari-hari yang sering dibuat orang. Apabila Anda sudah bisa membuatnya, pasti tidak akan kesulitan untuk membuat jenis.

Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem Bumbu bacem merupakan masakan khas nusantara yang enak dan sangat populer di beberapa daerah seperti Jawa, Jogja dan Sunda bahkan daerah-daerah lain juga sudah sangat mengenalnya. Baceman; Ayam, Tahu, Tempe 🧡 enak lainnya. Untuk membuat ayam bacem goreng istimewa ternyata tidaklah sulit. Anda bisa membuat Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem menggunakan 19 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem

  1. sediakan 1 ekor ayam.
  2. sediakan Tahu.
  3. siapkan Tempe.
  4. sediakan Bumbu halus.
  5. Anda perlu 4 siung bawang putih.
  6. siapkan 8 siung bawang merah.
  7. siapkan 2 butir kemiri.
  8. sediakan 2 ruas jahe.
  9. Anda perlu Ketumbar.
  10. sediakan Bumbu lain.
  11. Anda perlu Serai.
  12. sediakan Daun salam.
  13. siapkan Daun jeruk.
  14. siapkan Asam jawa.
  15. Anda perlu Gula jawa.
  16. sediakan Garam.
  17. sediakan Lengkuas.
  18. Anda perlu Kecap manis.
  19. siapkan Blueband.

Cara pengolahan dan pembuatan masakan ini tak jauh berbeda dengan proses pembuatan tahu ataupun tempe yang dibacem. Dengan adanya paduan dari daging ayam yang lembut serta bumbu khas yang manis dan gurih, menjadikan olahan ini bisa menjadi menu. Bagi yang berasal dari Jogja atau pernah tinggal di daerah sekitarnya dan Jawa Tengah pasti tak asing dengan menu ini. Memiliki tampilan khas berwarna coklat gelap dan rasa manis yang legit, sajian bacem ini tak pernah membosankan.

Cara memasak Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem

  1. Cuci bersih ayam dan tahu. Haluskan bumbu halus. Tata di panci. Pertama daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas. Lalu ayam. Baru tempe dan tahu. Lalu tuang bumbu halus. Masukkan juga gula, garam, asam jawa, dan air.
  2. Tutup panci dan masak dgn api sedang sampai harum. Kl sudah harum dikasih kecap. Bs dibalik dgn hati2 lalu tutup lagi. Masak sampai kuah menyusut.
  3. Setelah kuah menyusut koreksi rasa ayam. Lalu angkat ayam. Buang daun2nya dan pakai sisa kuah tadi untuk olesan saat membakar. Letakkan di mangkok dan campur sisa kuah td dengan blueband.
  4. Bakar ayam dan tahu tempe sampai warnanya coklat sambil diolesin bumbu olesan. Bisa juga dibakar dgn teflon..
  5. Taraaa ayam bakar sudah siap santap. Siap menghabiskan byk nasi. Cocok dimakan dgn sambal dan lalapan..

Dinikmati bersama nasi sayur lodeh, pecel, gudeg, sop, bahkan dicemil begitu saja juga nikmat! Selain rasanya dijamin legit dan memuaskan, tahu atau tempe bacem juga sangat ekonomis. Protein yang akrab dengan dompet rakyat Indonesia ini bisa dipoles dengan bumbu bacem dan lahirlah sebuah makanan dengan citarasa yang berkelas. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem. Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa.