Tips Memasak Nasi bakar (Isi Ayam) Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi bakar (Isi Ayam). Sedang mencari ide resep nasi bakar (isi ayam) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar (isi ayam) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Bakar nasi bungkus daun itu dengan api yang kecil saja. Biar bumbu di dalamnya matang secara sempurna. Tumis semua bahan isian di atas, termasuk ayam yang sudah dipotong kecil-kecil itu.

Nasi bakar (Isi Ayam) Resep Nasi Bakar - Nasi bakar merupakan makanan sederhana yang mampu menarik perhatian untuk dicicipi, selain kesan alaminya yang kuat karena menggunakan daun pisang untuk membungkusnya, aroma hangus dari daun pisang yang terbakar juga mampu menambah kenikmatan. Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Anda bisa membuat Nasi bakar (Isi Ayam) menggunakan 19 bahan dan 9 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi bakar (Isi Ayam)

  1. sediakan Semangkuk nasi putih (kira-kira berat 1000 gram).
  2. sediakan 250 gram ayam yang sudah direbus, lalu disuwir-suwir.
  3. siapkan 2 batang serai, pipihkan.
  4. Anda perlu 3 cm lengkuas, pipikan.
  5. Anda perlu 3 lembar daun jeruk.
  6. siapkan 2 lembar daun salam.
  7. sediakan 2 batang daun bawang, potong tipis-tipis.
  8. sediakan 1/2 ikat kecil daun kemangi, ambil pucuk daunnya.
  9. sediakan 1 lembar daun pandan potong-potong melintang sebanyak 10cm.
  10. Anda perlu 5 butir cabai rawit, iris serong tipis.
  11. Anda perlu Bumbu:.
  12. siapkan 4 butir bawang merah, haluskan.
  13. siapkan 3 butir bawang putih, haluskan.
  14. Anda perlu 2 cm jahe, haluskan.
  15. siapkan 3 cm kunyit, haluskan.
  16. siapkan 1/2 sdt terasi bakar, haluskan bersama bumbu.
  17. sediakan 1/4 sdt merica bubuk.
  18. sediakan 1 sdt kaldu bubuk (saya skip).
  19. siapkan secukupnya Garam dan gula.

Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini. Salah satunya adanya nasi bakar isi ati ampela, nasi bakar cumi pedas, nasi bakar ayam petai, nasi bakar orek tempe, nasi bakar ayam suwir manis Berawal dari kegemaran menyantap nasi bakar yang tidak cukup satu, akhirnya pada waktu luang saya mencoba membuat nasi bakar ayam suwir. Nasi bakar merupakan variasi olahan nasi yang banyak diminati selain bumbu rempah yang khas, nasi bakar memiliki isi lauk dan sayur yang kaya akan Bahkan anda dapat menammbahkan lauk untuk isi nasi bakar sesuai dengan selera. Umumnya nasi bakar yang gurih dan lezat terdapat daging ayam.

Cara memasak Nasi bakar (Isi Ayam)

  1. 1. Panaskan minyak di penggorengan, tumis bumbu halus hingga tercium aroma harumnya. Masukkan cabai, lengkuas, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk dan batang serai. Tumis hingga semua bumbu layu.
  2. 2. Masukkan ayam yang sudah di suwir-suwir kedalam tumisan bumbu. Aduk hingga merata. Tambahkan merica bubuk, gula, garam,kaldu bubuk dan daun bawang. Koreksi rasa, matikan kompor..
  3. 3. Tambahkan semangkuk nasi kedalam wajan. Buang daun salam, batang serai, daun jeruk dan lengkuas. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Aduk rata..
  4. 4. Siapkan daun pisang untuk membungkus. (Tipsnya: panaskan daun pisang diatas kukusan yang panas agar layu dan mudah dibentuk. Bisa juga dijemur dibawah sinar matahari). Ambil selembar daun pisang atau lebih tergantung lebarnya. Letakkan daun pandan, 5-6 sdm nasi, beri daun kemangi dan cabai rawit. Bungkus seperti hendak membuat lontong/lemper. Semat dengan tusuk gigi atau lidi. Gunting kedua ujung bungkusan supaya rapi..
  5. 5. Lakukan hingga adonan nasi habis, Kemudian kukus kurang lebih selama 20 menit. Angkat..
  6. 6. Bakar nasi diatas panggangan yang diolesi minyak. Saya menggunakan pemanggang berupa batu khusus. Saya beli dengan harga murah meriah di toko online. Meski murah hasilnya pun baik. Cukup dipanaskan diatas kompor. Setelah cukup panas dan keluar asap dari batu letakkan bungkusan daun nasi bakar. Tinggal dibalik-balik saja ya supaya daun nasi bakar tidak terbakar habis..
  7. 7. Daun pisang yang mulai mengering agak kecoklatan dengan sedikit gosong menandakan nasi bakar siap dihidangkan..
  8. 8. Sajikan hangat bersama lalapan. Hmmmmh, sedap endolita..
  9. Sumber : http://www.themedium.net/2020/06/resep-nasi-bakar.html.

Resep Nasi Bakar - Menu makanan nasi bakar tentu sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Makanan ini menjadi salah satu pilihan ketika merasa Berikut beberapa resep nasi bakar dengan isian beberapa bahan. Diantaranya yaitu isi jamur merang, ikan tuna dan isi ayam kemangi, simak. Memang untuk isian sendiri, nasi bakar ini cukup beragam bergantung kreativitas si pembuatnya. Nasi bakar ini memiliki citarasa yang gurih dan bercampur dengan aroma yang harus dari bakarannya tentu mengunggal selera makan Anda.