Resep: Arem arem /nasi bakar dari nasi & lauk sisa Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Arem arem /nasi bakar dari nasi & lauk sisa. Lagi mencari ide resep arem arem /nasi bakar dari nasi & lauk sisa yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal arem arem /nasi bakar dari nasi & lauk sisa yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Arem-arem merupakan penganan serupa lemper, yaitu nasi berisi sayuran atau sambal goreng yang dibungkus dengan daun pisang. Arem-arem populer sebagai penganan pengganti sarapan. Biasanya ukurannya dibuat lebih besar daripada lemper.

Arem arem /nasi bakar dari nasi & lauk sisa Arem-Arem Mie tercipta dari banyaknya Ind*mie di rumah karena menjelang Idul Fitri kmrn banyak paket bingkisan yg dlm nya berisi Ind*mie. Arem Arem Sambal Goreng Ati Kentang - Nasi gulung yang dibungkus daun pisang ini sepertinya sudah dari makanan wajib di pagi hari. Untuk resep arem arem sambal goreng ati ini saya pakai versi seperti kalau kita membuat nasi bakar. Anda bisa memasak Arem arem /nasi bakar dari nasi & lauk sisa menggunakan 9 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Arem arem /nasi bakar dari nasi & lauk sisa

  1. sediakan 3/4 rice cooker besar nasi sisa.
  2. sediakan 1 mangkok sedang lauk sisa / teri joss.
  3. sediakan 1-2 sdm mentega.
  4. Anda perlu 1-2 sdm santan kental instan.
  5. Anda perlu 1 ikat Kemangi segar, ambil daunnya.
  6. siapkan Daun pisang untuk. Membungkus.
  7. siapkan Ayam yg sdh di goreng, untuk lauk.
  8. siapkan Tempe yg di goreng untuk lauk.
  9. Anda perlu Sambal terasi (lupa di tarok di photo).

Hanya saja ukurannya lebih kecil di banding nasi bakar. Arem-arem terbuat dari nasi yang telah dikukus dan diberi isian di dalamnya. Perbedaannya mungkin hanya terdapat pada bahan pembuatannya saja di mana lemper menggunakan ketan sedangkan arem-arem menggunakan nasi biasa. Arem-arem merupakan sajian tradisional yang terbuat dari nasi aron dengan berbagai macam isi, seperti daging ayam, daging sapi dan lain sebagainya.

Cara memasak Arem arem /nasi bakar dari nasi & lauk sisa

  1. Siapkan nasi sisa (yg masih layak makan lho). Yg di butuhkan nasi yg rada lembek, jadi kalau nasinya pulen.. Bisa di kukus ulang, sambil di siram sedikit sedikit sama air.
  2. Siapkan sisa lauk, disini saya pakai teri joss yg saya buat 1 hari sebelumnya. Juga siapkan daun pisang yg telah di lakukan agar tidak mudah patah ketika di tekuk. Jangan lupa daun kemangi nya di siapkan.
  3. Untuk membungkus, silahkan dengan cara masing masing. Saya kepengen banget bungkus ala lontong, biar mirip arem arem. Letakkan 2 lembar daun pisang, 1 lebih lebar dan 1 lebih kecil. Letakkan nasi di salah satu sisi, tambahkan dengan kemangi dan lauk sisa. Lalu gulung dan di padatkan.
  4. Kukus agak lama. Saya kukus sekitar 1 jam. Gak tau kenapa, tapi si mbok (pembantu tetangga) yg bilang, kalau kukus arem arem yg lama, biar mantep. Tapi sepertinyasama seperti lontong, kayaknya agar nasinya lembut, memadat dan gak mudah pyar / buyar.
  5. Photo arem arem nya lupa di buat, jadinya di crop aja ya... Selamat menikmati.. Bon apetite 😋.

Namun selain nasi, kulit arem-arem juga bisa terbuat dari bahan lainnya seperti mi. Arem-arem is an Indonesian-Javanese snack made of compressed rice cake in the form of a cylinder wrapped inside a banana leaf, filled with diced vegetables, tempeh or oncom, sometimes also filled with minced meat or abon (beef floss), and eaten as snack. Makanan ini biasanya menggunakan beras dan nantinya dimasak dengan santan dan penyedap. Bisa dikasih sekat dari daun pandan/pisang agar tumpukan dadar tidak menempel satu sama lain. Arem-arem selalu nikmat disantap kapan saja.