Bagaimana Memasak Nasi Bakar WN. Ampera Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar WN. Ampera. Sedang mencari inspirasi resep nasi bakar wn. ampera yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar wn. ampera yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Restoran /rumah makan WN Ampera yang mempertahankan cita rasa khas. Resep nasi bakar memang terkenal tidak mudah basi. Bumbu untuk membuatnya pun mudah dicari.

Nasi Bakar WN. Ampera Warung Nasi Ampera, adalah salah satu ikon kuliner atau tempat makan paling populer di Kota Bandung, yang kini sudah Warung Nasi Ampera, masakan khas masyarakat Sunda. Lihat juga resep Nasi Bakar Cakalang Pedas #homemadebylita enak lainnya. Waktu ke Bandung, gue lumayan sering liat oulet si Warung Nasi Ampera ini dan sempat niatin juga pengen coba makan dimari someday. Anda bisa membuat Nasi Bakar WN. Ampera menggunakan 39 bahan dan 14 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar WN. Ampera

  1. siapkan 1 kg beras.
  2. siapkan 1 ltr santan.
  3. sediakan 3 lbr daun salam, sobek2.
  4. siapkan 3 btg serai, memarkan.
  5. siapkan 6 cm lengkuas, potong jd 3, memarkan.
  6. Anda perlu 10 btr cengkeh.
  7. sediakan 2 1/2 sdt - 3 sdt garam, sesuaikan.
  8. sediakan 1 bks kaldu bubuk, (sy royco).
  9. siapkan Secukupnya minyak goreng, untuk menumis.
  10. sediakan ♦ Air Pandan : (blender lalu saring).
  11. sediakan 100 ml air.
  12. Anda perlu 7 lbr daun pandan.
  13. sediakan 3 lbr daun suji, (boleh ganti dg daun pandan).
  14. sediakan ♦ Bumbu Halus :.
  15. Anda perlu 10 btr bawang merah.
  16. sediakan 10 siung bawang putih.
  17. sediakan 1/2 bh bawang bombai, (1 bh jk ukuran kecil).
  18. Anda perlu 8-10 btr kapol, haluskan dulu dg ulekan/dry mill.
  19. Anda perlu ♦ a. Isian : (ayam suir).
  20. Anda perlu 250 gr ayam.
  21. sediakan 1 bh wortel, iris2.
  22. sediakan 2 btg daun bawang, iris2.
  23. sediakan 4 btr bawang merah, cincang halus.
  24. sediakan 3 siung bawang putih, cincang halus.
  25. sediakan 7 bh cabai rawit, iris2 (sesuai selera).
  26. sediakan 1/2 sdt garam.
  27. siapkan 1/4 sdt kaldu bubuk.
  28. sediakan 1/4 sdt gula pasir.
  29. siapkan 50-100 ml air.
  30. Anda perlu 1 sdm minyak goreng, untuk menumis.
  31. sediakan ♦ b. Isian : (teri medan).
  32. siapkan 100 gr teri medan.
  33. sediakan Secukupnya air panas, untuk merendam teri.
  34. sediakan Secukupnya minyak goreng.
  35. Anda perlu ♦ Untuk Membungkus :.
  36. siapkan 18-20 lbr daun pisang, P: 38cm, L: 32cm.
  37. sediakan 1 lbr plastik.
  38. siapkan 1 bh mangkuk.
  39. siapkan Gunting.

Sebenarnya deket hotel ada tapi outletnya yang lebih minimalis sampe akhirnya kesampean buat coba outlet yang deket Pasteur. WN Ampera. bagi Anda pecinta kuliner, nama ini tentu tidak asing lagi, cita rasa masakan Sunda menjadi ciri khasnya. Jika Anda ingin menikmati sajian khas WN Ampera tanpa harus datang ke lokasi rumah makan Ampera, bisa juga Anda memesan nasi box kepada kami dengan menu yang. Udang dan cumi bakar di restoran ini adalah dua menu yang paling legendaris.

Langkah langkah membuat Nasi Bakar WN. Ampera

  1. ♦ Daun Pisang: Siapkan daun pisang pilih yg agak lebar dan panjang ya. Dengan P: 38cm L: 32cm. Cuci bersih daun pisang, hati2 jangan sampai daun ada yg sobek, tiriskan. Kemudian lemaskan/garang bag.atas daun pisang (permukaan yg kasar) diatas kompor dg api sedang, sambil diputar2 hingga warnanya berubah dan daun menjadi lemas. Lakukan hingga selesai. ♦Supaya daun mudah untuk digulung, sekaligus memberikan aroma daun pisangnya..
  2. ♦ a. Isian : (ayam suir) Cuci bersih ayam, lalu rebus ayam, beri sejumput garam, masak hingga ayam empuk, cuci bersih kembali. Suir2 ayam. Tumis b.putih hingga harum+b.merah, cabe rawit, tumis hingga layu. Masukkan ayamnya, wortel, garam, kaldu bubuk, dan air, aduk rata dan masak hingga air hampir surut. Lalu masukkan daun bawang, aduk rata kembali dan masak hingga air benar2 surut ya.. Cicipi rasanya. Biarkan dingin..
  3. ♦ b. Isian : (teri medan) Rendam teri medan dengan air hangat, diamkan 5 menit, tiriskan dan cuci kembali teri medan. Kemudian goreng teri medan hingga matang kuning kecokelatan..
  4. ♦ Air Daun Pandan: Potong kecil2 daun, lalu haluskan daun pandan, daun suji, dan air dengan blender hingga sari2nya keluar. Kemudian saring dan peras. Sisihkan..
  5. ♦ Bumbu Halus: Haluskan bumbu halus dengan blender, beri sedikit air untuk melumatkannya. Sisihkan..
  6. ♦ Memasak Nasi: Siapkan panci/wajan agak besar, panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum + serai, cengkeh, lengkuas, daun salam, tumis hingga matang ya 👌, tambahkan sedikit minyak goreng jikalau susah untuk menumisnya supaya bumbu matang..
  7. Masukkan santan, air daun pandan, garam, kaldu bubuk dan gula pasir, aduk rata. Tunggu hingga benar2 mendidih, cicipi rasanya! (penting) lalu masukkan berasnya. Aroni hingga air surut, sesekali diaduk2 sampai bawah ya.. supaya tidak gosong dan berkerak. ♦Tambahkan sedikit santan jika dirasa kurang, pokoknya air harus 1 ruas diatas beras 👌, seperti memasak nasi..
  8. Panaskan kukusan, tunggu hingga mendidih/beruap. Masukkan nasi yg sudah diaron tadi, masak hingga matang selama 1jam. Angkat dan buang sereh, lengkuas, cengkeh dan daun salam. Nasi siap dicetak..
  9. ♦ Mencetak Nasi: Siapkan dimeja daun pisang, gunting dan mangkuk beralas plastik untuk mencetak nasi. Letakkan 1 centong nasi ke mangkuk tadi, padat2kan nasinya dg bantuan plastik. Setelah itu, bentangkan plastiknya, beri isian ditengahnya, lalu gulung sambil dipadatkan sampai keujung plastik 👌. Buka plastiknya, lalu pindahkan nasi tadi ketengah daun pisang, gulung perlahan sambil dipadatkan sampai keujung daun. Kemudian gunting kedua ujungnya kira2 dua ruas jari dari atas pangkal nasinya..
  10. Lakukan yang sama pada isian teri medan, cetak - padatkan - beri isi - gulung - pindahkan ketengah daun - gulung kembali - gunting kedua ujungnya - sematkan kedua ujungnya dg cara menengkuk daun ke dalam lubangnya hingga menutupinya..
  11. ♦ Menggulung Nasi: Padatkan perlahan nasi yg berada dikedua ujung2nya, supaya tidak tumpah ketika mau dilipat. Mulai tengkukkan daun dari bagian daun yg ada lampirannya (posisi agak dicondongkan), lakukan menengkuk daun kedalam lubangnya, sampai menutupi. Lakukan hal yg sama diujung yg satunya..
  12. Olesi bungkusan nasi dengan minyak goreng, lalu bakar diatas kompor, sambil dibolak-balikkan hanya sampai daun terbakar saja. Atau membakarnya diteflon juga boleh, tapi lama menurutku hehe...
  13. Cara membukanya, belah dibagian tengahnya dengan pisau/gagang sendok. 👌👌.
  14. Sajikan nasi bakar selagi masih hangat bersama kerupuk/sambal/pendamping lauk lainnya 😋😋😋 (lihat resep).

Dominasi rasa manis pada bumbunya membentuk cita rasa yang khas ketika dioleskan pada udang dan cumi segar. Nasi bakar ini khas dengan aroma wanginya, yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasi. Aroma khas tersebut muncul dari daun Soal rasa, nasi bakar ini umumnya memiliki citarasa yang enak dan gurih. Ya nasi bakar ini dipadukan dengan isian seperti ikan, suwiran ayam, teri, cumi. The best GIFs are on GIPHY.