Resep: Nasi bakar ayam udang kemangi Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi bakar ayam udang kemangi. Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar ayam udang kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar ayam udang kemangi yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini.

Nasi bakar ayam udang kemangi Salah satunya adanya nasi bakar isi ati ampela, nasi bakar cumi pedas, nasi bakar ayam petai, nasi bakar orek tempe Berawal dari kegemaran menyantap nasi bakar yang tidak cukup satu, akhirnya pada waktu luang saya mencoba membuat nasi bakar ayam suwir kemangi favorit sendiri di rumah. Kemudian tata daun pisang, nasi liwet serta tambahkan kemangi kemudian tambahkan suwiran ayam, tembahkan lagi kemangi di atas ayam dan dapat pula tambahkan irisan cabe rawit apabila anda menyukai pedas, setelah itu bakar di atas grill pan, bolak - balik hingga matang, angkat dan hidangkan. Nasi bakar biasanya disajikan dengan isian ayam bumbu spesial. Anda bisa membuat Nasi bakar ayam udang kemangi menggunakan 47 bahan dan 6 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi bakar ayam udang kemangi

  1. siapkan Bahan A: nasi tidak pedas untuk anak.
  2. sediakan 1 genggam beras cuci bersih.
  3. sediakan 3 siung bawang merah.
  4. Anda perlu 2 siung bawang putih.
  5. Anda perlu 2 lembar daun salam.
  6. siapkan 1 lembar daun jeruk.
  7. sediakan 5 cm sereh bagian putihnya geprek.
  8. siapkan 30 ml santan kara.
  9. siapkan secukupnya Air.
  10. sediakan secukupnya Garam.
  11. sediakan 1/2 genggam teri medan yang sudah digoreng.
  12. sediakan Untuk dewasa: bisa pedas.
  13. sediakan 11/2-2 genggam beras yg sudah dicuci.
  14. siapkan 5 siung bawang merah.
  15. siapkan 4 siung bawang putih.
  16. Anda perlu 2 lembar daun salam.
  17. siapkan 1 lembar daun jeruk.
  18. sediakan 1 sereh geprek.
  19. sediakan 35-50 ml santan kara (sesuaikan dengan beras).
  20. siapkan secukupnya Air.
  21. Anda perlu 1/4 kecombrang iris tipis (optional tapi wanginya beda).
  22. sediakan secukupnya Garam.
  23. sediakan 1/2 genggam teri medan yang sudah digoreng.
  24. sediakan 2 lembar pete kemudian digoreng.
  25. sediakan 1 buah cabe keriting.
  26. Anda perlu 5 buah cabe rawit merah (sesuai selera).
  27. sediakan Bahan B: Ayam udang kemangi.
  28. sediakan Bumbu Halus.
  29. siapkan 8 siung bawang merah.
  30. siapkan 5 siung bawang putih.
  31. siapkan 1 ruas kunyit.
  32. sediakan 1 ruas lengkuas.
  33. siapkan 1 ruas jahe.
  34. siapkan 3-4 sdm air asam jawa.
  35. sediakan Cabe (optional, karena saya masak untuk anak jd ga pakai cabe).
  36. siapkan Bahan tumis.
  37. siapkan 2 lembar daun salam.
  38. siapkan 1 tangkai sereh geprek.
  39. Anda perlu 1 genggam daun kemangi.
  40. Anda perlu 1 potong dada ayam.
  41. siapkan 12 ekor udang.
  42. siapkan 1/2 genggam teri yang sudah digoreng.
  43. siapkan secukupnya Garam, gula, penyedap rasa.
  44. Anda perlu 30 ml santan.
  45. siapkan Bahan bungkusan nasi bakar.
  46. Anda perlu 2 lembar daun pisang cuci bersih keringkan, potong jadi 8 lembar.
  47. sediakan Tusuk gigi untuk menutup daun pisang.

Selain ayam, kamu juga bisa berkreasi dengan udang. Tambahkan nasi ke dalamnya bersama udang goreng, aduk semua bahan sampai merata. Masukkan daun kemangi, supaya aromanya lebih sedap. Ya nasi bakar ini dipadukan dengan isian seperti ikan, suwiran ayam, teri, cumi dan banyak lainnya.

Cara membuat Nasi bakar ayam udang kemangi

  1. Goreng Teri medan hingga gurih agak kecoklatan, sisihkan..
  2. Goreng Pete sebentar, sisihkan.
  3. Tumis bumbu untuk nasi, masukkan bawang merah, bawang putih, kecombrang. Tumis sebentar kemudian masukkan sereh, daun salam, daun jeruk. Masukkan bahan yg telah ditumis ke panci atau rice cooker. Masukkan pete dan teri medan, kemudian santan dan air serta garam. Masak sambil diaduk sesekali. Saya pakai panci korea untuk sup dan ternyata untuk masak nasi lumayan cepat, tapi akan meninggalkan kerak. Bisa ambil bagian lembutnya saja. Atau mungkin bisa eksperimen campur keraknya sedikit..
  4. Blender bumbu halus kemudian tumis. Sisa blenderan bumbu halus bisa dimasukkan santan dan air kemudian diblender, bisa juga masukkan garam, gula, penyedap rasa kemudian sisihkan dahulu. Masukkan sereh, daun salam, kemangi, ayam udang teri. Tumis hingga bumbu meresap. Masukkan sisa air santan blenderan kemudian dimasak, sambil diungkep sampai semua bahan meresap. Koreksi rasa, dan setelah matang, ayamnya disuir2..
  5. Nasi bakar: taruh nasi ke daun pandan, atasnya ditaruh ayam suir bumbunya dan udang 3 buah. Untuk anak udang bisa dipotong2. Gulung dan tutup daun pisang dengan tusuk gigi. Biar rapi, ujung daun pisang digunting. Bakar bisa dengan teflon tanpa minyak, ditaruh di atas teflon kemudian pakai api sedang bakar hingga daun pisang agak terbakar, dibalik bila sudah oke. Saya tadi pakai oven dengan suhu 180° selama 10-15mnt..
  6. Walaupun untuk ayam udang kemangi Saya tidak pakai cabe, tapi karena di nasinya sudah pedas, jadi rasanya menyatu. Sangat nikmat dimakan panas2. Silahkan mencoba dan berkreasi..

Memang untuk isian sendiri, nasi bakar ini cukup beragam bergantung kreativitas si pembuatnya. Makanan ini juga cocok disajikan dengan lalapan, sambal hingga lauk seperti tahu dan tempe goreng. Resep nasi bakar ikan teri medan dengan kemangi yang satu ini adalah makanan yang enak dan lezat lho. Cara membuat nasi bakar teri ini sedikit beda dengan yang lain, yaitu dengan cara di bakar. Tetapi seperti resep masakan berbahan nasi lainnya, bahan utama makanan ini adalah beras atau nasi.