Resep: Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning. Sedang mencari ide resep patin bakar bumbu gulai kuning yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal patin bakar bumbu gulai kuning yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Kali ini, jika memilih ikan untuk menu yang disajikan kepada keluarga, Anda bisa membuat gulai ikan. Salah satu ikan yang bisa diolah menjadi masakan gulai adalah ikan tongkol. Selain lezat dijadikan masakan gulai kuning.

Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning Resep sederhana membuat gulai bumbu kuning tanpa santan ini sangat mudah, selain itu gulai ikan patin ini juga sangat cocok dihidangkan pada anak, karena anak sangat membutuhkan kandungan gizi pada ikan patin yang fungsinya untuk mencerdaskan otak anak anda. Hanya saja untuk sang anak tentunya tidak menggunakan cabai yang berlebihan. Resep Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning - hai pecinta kuliner semuanya, saat ini tabloidkuliner.com akan berbagi info tentang "Resep Gulai … Resep sederhana ikan patin bumbu kuning tanpa santan tentunya sangat special karena salah satu kategori makanan yang sehat. Anda bisa memasak Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning menggunakan 15 bahan dan 6 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning

  1. siapkan 2 ekor ikan patin ± 1,6 kg, bersihkan, fillet jadi 2 bagian.
  2. siapkan 300 ml pati santan/santan kental.
  3. siapkan 1 buah jeruk nipis/lemon, ambil airnya.
  4. Anda perlu 1 batang serai, memarkan.
  5. siapkan secukupnya Bubuk kaldu.
  6. siapkan Bumbu dihaluskan (adik saya asli giling tangan alias manual) :.
  7. Anda perlu 3 cm jahe.
  8. Anda perlu 1 1/2 cm kunyit.
  9. Anda perlu 6 butir bawang merah.
  10. sediakan 3 siung bawang putih.
  11. sediakan 3 butir kemiri.
  12. Anda perlu Garam secukupnya (yang ada di dapur cuma garam kasar).
  13. Anda perlu Pelengkap :.
  14. sediakan Daun Singkong or daun Pepaya (saya campur jadi satu).
  15. siapkan Sambal mentah mangga kueni.

Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Patin Lezat. Seperti biasa, sebelum mengolah ikan patin menjadi masakan sedap kita harus membersihkannnya terlebih dahulu dari kotoran dalam. Lihat juga resep Asam Gulai Ikan Patin enak lainnya. Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian.

Cara memasak Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning

  1. Iris/sayat2 daging ikan jangan sampai terputus, lumuri dengan air jeruk, diamkan ± 5 - 7 menit.
  2. Masak santan bersama bumbu yang telah dihaluskan dan serai hingga mendidih dan kuah mulai meresap (periksa rasa) sambil diaduk-aduk (usahakan jangan sampai pecah santan dan kuah tidak kering meresap).
  3. Siapkan bara api dari kayu bakar/tempurung kelapa, masukkan kedalam angklo/tempat khusus pembakar atau bisa pula dengan tungku yang direndahkan ketinggian batunya ( adik saya mempergunakan kuali/wajan yang sudah tak terpakai lagi buat peletak bara..
  4. Bakar ikan hingga setengah matang, lalu olesi bolak balik dengan kuah santan, bakar kembali. Bila sudah hampir matang, oles kembali dengan santan berbumbu, biarkan hingga ikan matang, angkat (pengolesan cukup 2X y). Lakukan kembali dengan hal yang sama hingga ikan mentah habis..
  5. Bila dah selesai semua letak dalam piring saji.
  6. Sajikan bersama pelengkap dan siap santap bersama keluarga tercinta.

Source: Mama Biyay Biasanya masak ikan patin di gulai, patin rica² kemangi atau patin sambal matah. Kali ini masak patin bumbu kuning, resepnya dari Mama Biyay. Suami suka, resep saya bikin sesuai selera 😄 Karena dirumah gak ada anak kecil. Setelah itu ikan patin dibakar dengan menggunakan bara api ataupun bisa dipanggang dengan menggunakan oven hingga setengah matang, setelah itu olesi dengan bumbu rujak tadi lalu panggang atau bakar ikan patinnya hingga bumbu rujaknya sedikit mengering. Angkat dan ikan patin siap disajikan.