Cara mudah Membuat Bandeng Belah Bakar Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Bandeng Belah Bakar. Anda sedang mencari ide resep bandeng belah bakar yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bandeng belah bakar yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Kalo nyari ikan bakar di Makassar atau sulawesi selatan pada umumny, pasti banyak nemu ikan bakar ini. Biasanya dijual perekor gitu, udah termasuk sambal kacangnya. Daripada beli mulu, lebih nikmat masak sendiri di rumah.

Bandeng Belah Bakar Cara Membuat Ikan Bandeng Bakar Spesial yang Enak, Gurih dan Nikmat. Caranya, belah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau, jika bagian perut sudah terbuka, silahkan gunakan tangan untuk menjangkau bagian perut ikan dan keluarkan jeroan ikan hingga bersih. Setelah itu, bilas kembali perut ikan dengan air bersih untuk membersihkan kotoran. Anda bisa memasak Bandeng Belah Bakar menggunakan 12 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Bandeng Belah Bakar

  1. Anda perlu 2 ekor ikan bandeng, bersihkan buang sisiknya.
  2. sediakan Jeruk nipis.
  3. sediakan Garam.
  4. sediakan Minyak goreng secukupny untuk olesan.
  5. sediakan Bumbu Halus :.
  6. sediakan 10 siung bawang merah.
  7. sediakan 8 siung bawang putih.
  8. sediakan 8 buah cabe merah, buang bijiny.
  9. sediakan 5 butir kemiri, sangrai.
  10. Anda perlu 1/2 sdt gula pasir.
  11. sediakan 1 sdt garam halus.
  12. siapkan 1/2 sdt kaldu jamur.

Meski berduri halus, ikan bandeng kerap jadi pilihan karena dagingnya yang lembut dan gurih. Ikan ini sangat mudah menyerap bumbu sehingga olahan sederhana seperti ikan bakar bumbu pun sudah terasa nikmat. Lihat juga resep Bandeng Bakar enak lainnya. Bandeng Belah Bakar Kalo nyari ikan bakar di Makassar atau sulawesi selatan pada umumny, pasti banyak nemu ikan bakar ini.

Cara memasak Bandeng Belah Bakar

  1. Ikan yg sudah dibersihkan bisa dipotong sesuai selera ya, bisa potong 2 jadi bagian, potong jadi 3 bagian atau mau dibiarkan utuh juga bisa.Belah 2 ikan (seperti difoto) yg sudah dibersihkan, beri perasan jeruk nipis & lumuri dgn garam halus, sisihkan.
  2. Sembari menunggu ikan dimarinasi, haluskan bumbu dgn ulekan atau blender sesuai selera aja (kalo sy diuleg biar lebih enak) bumbui dgn gula, garam & kaldu jamur, icip rasa. Balurkan bumbu halus kedalam satu sisi ikan yg sudah dibelah, lipat kembali.
  3. Lipat seperti ini, oles2 dgn minyak goreng, siap dibakar..
  4. Bakar ikan hingga matang, bisa menggunakan arang seperti ini, bisa juga menggunakan kompor atau happy call. Saat dibakar, oles minyak goreng sebelum dibalik agar ikan tetap juicy & tdk kering.
  5. Bakar hingga matang menyeluruh. Angkat & siap dihidangkan dengan sambel andalan masing2. Selamat mencoba 😉.

Biasanya dijual perekor gitu, udah termasuk sambal kacangnya. Panaskan minyak kelapa secukupnya, tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan sejumput garam, aduk rata, kemudian masukkan ikan bandeng ke dalam wajan, lumuri bumbu ke ikan bandeng sampai rata. Setelah dilumuri bumbu, bakar bandeng hingga matang. Supaya lebih sedap, santap bandeng bakar ini dengan sambal terasi matang. Olahan bandeng yang satu ini sih jelas sudah tidak asing lagi.