Cara mudah Memasak Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur. Anda sedang mencari inspirasi resep sate maranggi feat. sate bakso sayur yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sate maranggi feat. sate bakso sayur yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Kalian bosan dengan sate madura dan sate padang? sudah tau sate yang satu ini belum? SATE MARANGGI, yup sate khas dari cianjur in dengan keunikan rasanya. Beragam jenis sate dimiliki oleh negeri kita Indonesia ini.

Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur Jenis masakan sate ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, terutama kota Purwakarta dan Cianjur yang memang terkenal akan kelezatan masakan tersebut. Sate maranggi khas Sunda biasa disajikan tanpa siraman saus atau bumbu kacang. Sebab, citarasa dagingnya sudah cukup kuat dari hasil marinasi (rendaman) bersama racikan bumbu dan rempah. Anda bisa memasak Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur menggunakan 26 bahan dan 16 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur

  1. siapkan Pre-cook & Marinasi Daging Sate Maranggi :.
  2. Anda perlu 400 gr Daging Sapi (campur) (lihat resep).
  3. sediakan Bumbu Sate Maranggi :.
  4. Anda perlu 5 biji cabe setan (opsional).
  5. Anda perlu 15 biji cabe rawit kecil (opsional).
  6. sediakan 4 siung bawang putih.
  7. sediakan 5 siung bawang merah.
  8. Anda perlu 1 buah jeruk kunci kecil.
  9. sediakan 1 cm asam jawa.
  10. siapkan 100 gr gula merah/aren.
  11. siapkan 1 sdm ketumbar bubuk.
  12. Anda perlu Sejumput gula pasir.
  13. sediakan Secukupnya kaldu jamur.
  14. Anda perlu Sedikit air matang.
  15. sediakan Sate Bakso Sayur :.
  16. sediakan 1 bks bakso super/pentol bakso super.
  17. Anda perlu 1 bongkah brokoli hijau segar.
  18. siapkan 2 buah tomat ukuran sedang.
  19. sediakan 1 buah mentimun ukuran besar.
  20. siapkan Add - Bumbu Sate Bakso Sayur :.
  21. Anda perlu 1 sdm saos sambal pedas.
  22. siapkan 1 sdm mayonaise original.
  23. sediakan Topping & Condiment.
  24. siapkan 1 buah cabe merah gendut (opsional).
  25. sediakan 1 mangkok acar sayuran segar dingin (lihat resep).
  26. siapkan Secukupnya tusuk sate.

Sate ini biasa terhidang bersama lontong atau nasi timbel sesuai selera. Sate maranggi sambal matah enak lainnya! Maranggi mempunyai kemiripan dengan sate sapi manis seperti ini,di duga keras merupakan adaptasi dari kuliner tionghoa membuat sate babi dengan marinasi bumbu manis harum seperti ini juga. Berbeda dengan orang minahasa yang ragey ( satebabi) nya di marinasi dengan bumbu pedes.

Cara memasak Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur

  1. Saat mengolah daging qurban kemaren, setelah dicuci dan sambil dibersihkan, daging2nya langsung dipilih dan dipilah. Daging has untuk dendeng dan daging yg ribet beserta organ2 lainnya buat sate. Bedainnya nanti dari potongannya. Kalo dendeng tipis pipih lebar, kalo sate ini aku buat kotak2 dadu atau kecil2 seadanya. Daging di proses marinasi dgn cara yg sama dan berbarengan dgn daging dendeng kemaren. Untuk cara plus proses marinasi dan pengempukan boleh dgn cara favorite masing2 ya!.
  2. Setelah marinasi dan pengempukan daging selesai, tiriskan air hingga kering..
  3. Siapkan bahan bumbu sate maranggi. Potong2 cabe2an dan bawang2an yg sudah di kupas dan dicuci agar lebih mudah di uleg. Cabe ini tambahanku, resep asli ga pake cabe2an sama sekali. Jadi sesuai selera aja, boleh di skip atau dikurangi ya. Beri sedikit air hangat di asam jawa plus tambah perasan jeruk nipis. Sisir gula merah agar mudah larut..
  4. Uleg semua bahan bumbu2 sate. Bumbui dgn ketumbar bubuk, sejumput gula pasir dan secukupnya kaldu jamur/kaldu ayam atau garam. Cicipi rasanya..
  5. Campurkan potongan2 daging dgn bumbu sate hingga merata dalam wadah tertutup. Tutup dan simpan dlm lemari es minimal 2 jam biar bumbu meresap. Aku simpan di kulkas semalaman..
  6. Esoknya pas mau di eksekusi di keluarin dulu dari kulkas. Diamkan sebentar. Bumbunya tampak sudah meresap rata..
  7. Tusuk 4-5 daging ke tusuk sate. Tergantung ukuran potongan dagingnya. Tata semua potongan daging yg sudah berbumbu ke tusuk sate sampe habis..
  8. Sesuai info diatas, aku juga bikin Sate Bakso Sayur sebagai pendamping. Kebetulan ada sebungkus bakso super yg belom kemakan di kulkas, di combine dengan sayur2an segar. Aku pake sayur brokoli, tomat dan mentimun segar..
  9. Potong2 brokoli, tomat, mentimun dan pentol bakso super sesuai selera..
  10. Kalo aku rebus brokoli setengah matang dgn air dan sejumput garam agar bersih dan steril juga kalo ada kotoran atau ulat yg tersimpan di sela2 brokoli..
  11. Ambil sisa bumbu sate maranggi tadi, tambahkan saos sambal dan mayonaise lalu aduk rata. Balurkan merata dgn potongan bakso dan sayur-sayuran tadi. Diamkan sebentar dalam kulkas..
  12. Tata potongan sayuran dan bakso dalam tusuk sate sesuai selera. Tuang dan balurkan lagi sisa-sisa bumbu yg masih ada ke sate bakso sayuran..
  13. Olesi secukupnya margarine di atas permukaan teflon. Bakar sate maranggi dan sate sayuran diatas teflon. Di jaga dan dibolak balik satenya hingga matang. Tambahkan lagi margarine kalo kurang. Tingkat kematangan sesuai keinginan. Boleh rare, medium atau welldone..
  14. Tata dalam wadah besar. Sajikan dengan taburan cabe, bawang goreng dan pelengkap acar timun, potongan tomat atau apa aja sesuai selera ya. Kalo aku pake pelengkap acar sayuran parut dingin yg simpel banget dan segar. Akan di share di next recipe ya! (Link di bahan)..
  15. Si mommy minta di anterin bento nasi sate ini ke kantornya karena lagi ga bawa bekel juga πŸ˜€ Ok! Siap meluncur! 😘.
  16. Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur segar dan sehat siap dinikmati! πŸ˜„πŸ?’ - 🌻Unda Qy.

Tonton Sate Maranggi Feat Risma - Aneka Resep Masakan di Dailymotion. Resep Sate Daging Sapi dan Cara Membuat Bumbunya. Sedapnya sate sapi yang satu ini nggak ada yang ngalahini. Sate Maranggi memang terkenal sebagai kuliner khas Purwakarta, tapi saat ini masyarakat Purwakarta telah banyak yang membuka kedai sate di sebagian besar Jawa Barat. Sehingga sangat mudah untuk menemukan sate ini di beberapa tempat di Jawa Barat seperti di pusat Kota Bandung, Cianjur.