Cara mudah Membuat Bakso Kojek (Pentol Ayam) Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Bakso Kojek (Pentol Ayam). Sedang mencari inspirasi resep bakso kojek (pentol ayam) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bakso kojek (pentol ayam) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Resep dan Cara Membuat Bakso Kojek yang Enak Cilok atau biasa disebut Bakso Ojek ini adalah jajanan yang bisa kita temui di depan sekolah - sekolah. Anak-anak mulai TK sampai dengan SMA dan bahkan orang tua pun menyukai jajanan ini. Resep Bakso Kojek (Pentol Ayam) favorit.

Bakso Kojek (Pentol Ayam) Cara membuat : Hanya saja terpampang tulisan 'Pentol Kojek' di bagian depan gerobak. Berdasarkan keterangan penjual yang bernama Diman, pentol kojek dagangannya asli Grobogan, Jawa Tengah. Pentol (Bakso tusuk) adalah sebutan untuk jajanan tradisional serupa seperti bakso namun kandungan dagingnya lebih sedikit, terkadang pentol hanya terbuat dari tepung kanji, yang banyak digemari masyarakat semua usia dari anak kecil sampai yang tua dan semua kalangan karena harganya yang relatif murah dan rasanya yang enak. Anda bisa membuat Bakso Kojek (Pentol Ayam) menggunakan 9 bahan dan 8 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Bakso Kojek (Pentol Ayam)

  1. sediakan 150 daging ayam beku.
  2. siapkan 150 gr tapioka.
  3. sediakan 2 siung bawang putih; haluskan.
  4. siapkan 1 buah telur; ambil putihnya aja.
  5. Anda perlu 1 sdt lada bubuk.
  6. Anda perlu 1 sdt kaldu bubuk.
  7. siapkan secukupnya garam, gula.
  8. siapkan air untuk merebus.
  9. siapkan semangkuk air es/air dingin.

Takaran untuk pembuatan pentol bakso daging ayam harus pas sehingga pentol bakso tidak hancur jika direbus dan tidak kebanyakan tepung. Alangkah baiknya jika anda hitung berapa banyak tepung dan daging ketika pertama kalinya anda membuat sehingga jika ada yang kurang sempurna dalam pembuatan pentol bakso daging ayam maka anda bisa memperbaikai/menambah dari bahan-bahan tersebut. Pentol atau bakso jadi salah satu makanan favorit sebagian besar orang Indonesia. Dimakan langsung pun enak, tanpa bahan-bahan pelengkap dalam semangkuk bakso.

Langkah langkah membuat Bakso Kojek (Pentol Ayam)

  1. Potong dadu daging ayam beku, blender sampai halus..
  2. Dalam wadah campurkan daging ayam, bawang putih, lada bubuk, putih telur, kaldu bubuk, garam dan juga gula. Aduk rata semuanya..
  3. Tuang tapioka sedikit demi sedikit, aduk hingga rata tidak ada yg bergerindil..
  4. Didihkan cukup banyak air dalam panci. Matikan api, bentuk bakso, cemplungkan ke dalam panci. Lakukan sampai adonan habis. Lalu nyalakan kompor dengan api sedang..
  5. Rebus bakso sampai mengapung, langsung angkat. Lalu cemplungkan dalam mangkuk berisi air es/air dingin biasa juga boleh. Diamkan sebentar, tiriskan..
  6. Pentol ini bisa diolah lagi untuk bakso goreng, bakso bakar, cap cay dll yaaak 😉.
  7. .
  8. .

Namun, tak semua penjual membuatnya dengan bahan-bahan yang higienis dan benar. Ada saja yang mencampurkan dengan daging-daging tak segar, bahkan menambahkan boraks atau kimia pengenyal. Makanan tradisional terkadang masih memiliki banyak penggemar. Pentol adalah salah satu makanan tradisional yang mirip dengan bakso. Makanan khas Jawa Timur ini berbentuk bulat kecil dengan tekstur kenyal dan berasa gurih.