Tips Membuat Otak-Otak Bakar Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Otak-Otak Bakar. Lagi mencari inspirasi resep otak-otak bakar yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal otak-otak bakar yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Otak-otak bakar ini salah satu jajanan favorit saat kuliah dulu. Harumnya saat dibakar bikin ngiler bangeet. Resep Otak Otak Ikan Tenggiri Panggang atau bakar Sederhana Spesial Asli Enak Banget.

Otak-Otak Bakar Otak-otak bakar ikan tenggiri, dijamin sedeeeep! Asli terbuat dari ikan tenggiri yaa teman². Buat yang mau order, silahkan DM atau chat Whatsapp di bio kita ☀�. Anda bisa memasak Otak-Otak Bakar menggunakan 25 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Otak-Otak Bakar

  1. sediakan Bahan Adonan :.
  2. sediakan 500 gr daging ikan tengiri, giling.
  3. Anda perlu 150 ml santan kental instant.
  4. Anda perlu 1 btg daun bawang, iris halus.
  5. siapkan 1 btr telur.
  6. sediakan 150 gr tepung sagu/tapioka.
  7. siapkan Daun pisang utk membungkus.
  8. Anda perlu Bumbu halus :.
  9. siapkan 5 btr bawang merah.
  10. sediakan 1/4 sdt lada bubuk.
  11. siapkan 1 sdm garam.
  12. siapkan 1,5 sdt gula pasir.
  13. sediakan 1 sdt kaldu bubuk (optional).
  14. siapkan Bahan sambal kacang :.
  15. sediakan 100 gr kacang tanah goreng, haluskan.
  16. Anda perlu 75 gr cabe merah/sesuai selera, haluskan.
  17. Anda perlu 6 bh cabe rawit, haluskan.
  18. Anda perlu 3 bh bawang putih, haluskan.
  19. sediakan 1 sdm garam.
  20. Anda perlu 3 sdm gula pasir.
  21. siapkan 2 sdm gula merah.
  22. siapkan 1 sdm kacap manis.
  23. sediakan 1 sdm cuka.
  24. sediakan secukupnya Air.
  25. Anda perlu Minyak utk menumis.

Otak-otak is an Indonesian — Palembangese grilled fish cake made of ground fish meat mixed with tapioca starch and spices. It is widely known across Southeast Asia, especially in Indonesia. Fimela.com, Jakarta Otak-otak identik dengan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Tapi bagi yang tidak suka ikan tenggiri atau kebetulan tidak punya bahan ikan tenggiri.

Cara membuat Otak-Otak Bakar

  1. Jemur daun pisang sampai agak layu supaya nanti tdk terlalu kaku utk membungkus adonan. Bersihkan daun pisang, potong ukuran 10x10cm..
  2. Campur semua bahan jadi satu. Aduk rata. Masukkan ke dlm pipping bag, gunting ujungnya, semprotkan ke daun pisang, gulung, staples kedua sisinya. Lakukan berulang sampai semua adonan habis..
  3. Langsung panggang diatas arang bakar/grillpan/teflon sampai matang (jika ingin daunnya masih cantik warna ijo). Atau bisa juga dikukus dulu baru dipanggang jika ingin utk stok..
  4. Utk sambal kacang: Tumis bawang putih, cabe merah, cabe rawit yg sudah dihaluskan hingga harum. Beri air secukupnya. Masukkan kacang tanah yg sudah dihaluskan. Aduk terus menerus sampai keluar minyak kacangnya. Tambahkan gula merah, gula pasir, garam dan cuka. Masak sampai matang dan agak mengental. Jika tdk ingin terlalu kental, boleh tambahkan air matang..

Merdeka.com - Makan otak-otak bakar memang enak. Rasa daging ikannya gurih, karena dibalut daun pisang dan Lebih nikmat lagi dicocol sambal. Otak-otak bakar biasanya dibuat dari fillet ikan laut. Pada dasarnya, ada dua jenis otak otak yang kita kenal, yaitu otak otak bakar dan resep otak otak goreng. Kedua resep tersebut menggunakan bahan bahan baku dan cara membuat yang hampir sama.