Cara mudah Membuat Otak-otak Bakar Tenggiri Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Otak-otak Bakar Tenggiri. Sedang mencari ide resep otak-otak bakar tenggiri yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal otak-otak bakar tenggiri yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita. Otak-otak bakar ikan tenggiri, dijamin sedeeeep! Asli terbuat dari ikan tenggiri yaa temanยฒ. Buat yang mau order, silahkan DM atau chat Whatsapp di bio kita โ˜€๏ธ?.

Otak-otak Bakar Tenggiri Satu panganan lezat yang sulit ditolak, itu adalah resep otak-otak ikan tenggiri kukus yang akan kubagi berikut ini. Goreng Rebus Kukus Bakar Panggang Tumis. Kompor Microwave Rice Cooker Tidak Dimasak. Anda bisa memasak Otak-otak Bakar Tenggiri menggunakan 13 bahan dan 11 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Otak-otak Bakar Tenggiri

  1. siapkan 300 gr Ikan tenggiri.
  2. siapkan 150 ml Santan kental.
  3. siapkan 100 gr Tapioka/Sagu.
  4. siapkan Putih telur 1 buah (ukuran besar).
  5. siapkan 2 sdt Gula.
  6. Anda perlu 1 sdt garam.
  7. sediakan 1,5 sdt Kaldu jamur.
  8. Anda perlu secukupnya Merica.
  9. siapkan Es batu serut secukupnya.
  10. Anda perlu 2 batang Daun bawang iris halus.
  11. Anda perlu 4 siung bawang merah (cincang halus/haluskan).
  12. Anda perlu 1/2 sdm Bawang putih bubuk.
  13. siapkan Daun pisang (untuk membungkus, jemur dulu biar lemes dan mudah).

Otak-otak ikan tenggiri enak dicocol dengan saus kacang. Teksturnya kenyal dengan sensasi rasa gurih dan aroma wangi bakaran daun pisang. Simpan fillet tenggiri dalam freezer hingga agak beku lalu potong-potong. Tuangkan ke dalam mangkuk, tambahkan santan kental.

Cara membuat Otak-otak Bakar Tenggiri

  1. Siapkan semua bahannya terlebih dahulu.
  2. Jika menggunakan ikan tenggiri utuh, pisahkan daging ikan dari duri dan kulitnya. Kulitnya jangan dibuang ya bund, bisa dibuat pempek kulit. Setelah itu haluskan di food processor.
  3. Tambahkan es batu, santan kental dan putih telur..
  4. Setelah rata, tambahkan gula, garam, merica, bawang putih bubuk dan kaldu jamur..
  5. Lanjut dengan menambahkan bawang merah cincang dan daun bawang. Mon maap step masuk-masukin bumbu tak ada fotonya soale gak ada yg motoin. Tangan riweh. ๐Ÿ˜?.
  6. Terakhir campur dengan tepung tapioka. Bisa dicampur/diaduk manual atau biarkan si food processor yg bekerja. ๐Ÿ˜? Setelah itu pindahkan ke wadah. Berikut aku tampilkan hasilnya ya. Jika ingin hasil otak-otak yang lebih lentur empuk, takaran santan/air es bisa ditambah sesuai selera ya bund. Ini aku buat agak padat.
  7. Sebelum dibungkus daun adonan bisa di tes dulu rasanya. Caranya ambil sedikit adonan kemudian goreng..
  8. Setelah itu, siapkan daun pisang yg sudah dijemur. Bersihkan dengan lap. Kemudian isikan adonan otak-otak. Aku biasanya mengoleskan sedikit minyak goreng ke alas daun pisang. Banyaknya isian sesuai selera aja. Kalo aku sekitar 1,5 - 2 sendok makan biar cepet kelar. ๐Ÿ˜† Jgn lupa sematkan dengan tusuk gigi/lidi/ straples. Aku pake straples yg gampang. ๐Ÿ˜?.
  9. Setelah semua selesai bisa langsung dibakar di atas teflon atau grill pan..
  10. Jika mau disimpan untuk stock cemilan, otak-otak bisa dikukus dulu sekitar 10-15 menit. Dinginkan, masukan dalam wadah lalu simpan di kulkas. Jika ingin dimakan tinggal keluarkan otak-otak, biarkan suhu ruang kemudian panggang deh. Ga ada fotonya sudah keburu dimasukin ke kulkas. ๐Ÿ˜….
  11. Sajikan otak-otak Bakar dengan bumbu kacang atau cuko merah. Sedaap.

Mencicipi otak otak bakar tenggiri (Foto : Instagram). JAKARTA, iNews.id - Jajanan tradisional yang satu ini memiliki banyak penggemar. Otak-otak juga cocok disajikan kapan saja. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram.