Tips Memasak Otak- otak bakar ikan tenggiri Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Otak- otak bakar ikan tenggiri. Anda sedang mencari inspirasi resep otak- otak bakar ikan tenggiri yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal otak- otak bakar ikan tenggiri yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari daging tenggiri cincang yang dibungkus dengan daun pisang, dipanggang, dan disajikan dengan kuah asam pedas atau bumbu kacang. Penganan ini populer di kawasan sekitar Selat Malaka & Selat Karimata, seperti kepulauan Riau, Singa. Resep 'otak otak bakar ikan tenggiri' paling teruji.

Otak- otak bakar ikan tenggiri Jangan lupa baca juga artikel resep lain seperti resep gurame asam manis yang enak. Otak-otak ikan tenggiri salah satu makanan yang sangat populer dan digemari, terutama bagi pecinta kuliner jajanan kaki lima. Rasanya yang gurih, bertekstur kenyal dan memiliki aroma bakaran yang khas ini membuat sulit untuk menolaknya, apalagi jika dicocol dengan bumbu kacang semakin menggugah selera. Anda bisa membuat Otak- otak bakar ikan tenggiri menggunakan 26 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Otak- otak bakar ikan tenggiri

  1. sediakan 500 gr ikan tenggiri (haluskan).
  2. siapkan 250 gr tepung tapioka.
  3. Anda perlu 15 gr tepung maizena.
  4. siapkan 60 ml santan kara.
  5. sediakan 250 ml air es.
  6. sediakan 2 sdt garam.
  7. Anda perlu 1 sdt lada.
  8. Anda perlu 2 sdt kaldu bubuk.
  9. Anda perlu 2 batang daun bawang.
  10. Anda perlu Daun pisang untuk membungkus.
  11. sediakan Bumbu halus.
  12. sediakan 8 siung bawang merah.
  13. sediakan 6 siung bawang putih.
  14. siapkan Bumbu kacang.
  15. sediakan Air.
  16. siapkan Jeruk limo.
  17. sediakan 1 sdt garam.
  18. sediakan 1 sdt gula.
  19. sediakan 1 sdt kaldu bubuk.
  20. sediakan Bumbu halus untuk bumbu kacang.
  21. sediakan 5-7 sdm kacang tanah goreng.
  22. sediakan 8 buah cabe keriting.
  23. Anda perlu 6 buah cabe rawit (selera).
  24. Anda perlu 6 siung bawang merah.
  25. siapkan 3 siung bawang putih.
  26. Anda perlu Air.

Resep cara membuat otak-otak ikan, adalah satu satu cemilan populer di Indonesia. Selain enak, juga mengandung protein hewani yang tinggi. Meski harga dijual di luar cenderung mahal, namun sebetulnya buat cemilan ini tidak sulit. Cara membuat otak otak bakar: Campur daging ikan tenggiri, santan, bawang merah iris, lada, kaldu, gula, dan garam lalu aduk rata.

Langkah langkah membuat Otak- otak bakar ikan tenggiri

  1. Adonan otak2. Campur semua bahan jadi satu termasuk bumbu halusnya, aduk sampai tercampur rata. Lalu masukkan kedalam plastik segitiga cetak kedalam daun pisang lipat gunakkan tusukan gigi/ steples.lalukan sampai adonan habis..
  2. Setelah semua sudah di cetak kedalam daun pisang. Bakar otak2. Otak otak siap di santap.
  3. Ps. Saat memasukkan kedalam daun pisang, saya sarankan tipis2 saja jangan tebal karna kalo terlalu tebal membuat otak2 tidak matang dalamnya saat di bakar..
  4. Bumbu kacang. Tumis bumbu halus sampai harus. Masukkan air, garam, gula dan kaldu bubuk.tunggu sampai setengah menyesat masukkan jeruk limo (kalo tidak ada jeruk limo bisa di ganti dnegan air asam Jawa). Masak sampai menyesat angkat..

Tambahkan putih telur, aduk rata lagi. Terakhir masukkan tepung sagu, aduk rata secara perlahan agar adonan tidak alot. Resepku.me - Otak-otak adalah salah satu jenis makanan yang bisa anda pilih menjadi makanan pilihan untuk camilan atau juga sering disebut sebagai makanan ringan. Rasanya yang enak dan cara pembuatan yang cepat pastinya membuat otak-otak menjadi makanan yang sangat nikmat untuk dinikmati bersama keluarga ataupun saat bersama teman. Fimela.com, Jakarta Otak-otak identik dengan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya.