Resep: Otak Otak Tengiri Bakar Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Otak Otak Tengiri Bakar. Sedang mencari ide resep otak otak tengiri bakar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal otak otak tengiri bakar yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Otak otak ikan tenggiri dengan cara di bakar ini akan terasa lebih nikmat jika di sandingkan dengan saus utamanya yakni sambal kacang. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel yang tersedia di blog ini. Jangan lupa baca juga artikel resep lain seperti resep gurame asam manis yang enak.

Otak Otak Tengiri Bakar Otak-otak bakar biasanya dibuat dari fillet ikan laut, misalnya ikan tenggiri atau ikan kakap. Di video ini saya akan membagikan cara membuat otak otak ikan tenggiri bakar saus kacang. Otak otak ikan merupakan salah satu makanan favoritku, apalagi bila dicocol dengan saus kacangnya yang gurih. Anda bisa membuat Otak Otak Tengiri Bakar menggunakan 12 bahan dan 7 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Otak Otak Tengiri Bakar

  1. siapkan 500 gr daging ikan tengiri giling.
  2. siapkan 300 ml santan kental.
  3. Anda perlu 80 gr sagu tani.
  4. sediakan 1 butir telur putihnya saja.
  5. Anda perlu 1/2 sdt merica bubuk.
  6. Anda perlu 1 sdt totole kaldu jamur.
  7. sediakan 1/2 sdt gula pasir.
  8. siapkan 1 sdm garam.
  9. Anda perlu 3 siung bawang putih haluskan.
  10. Anda perlu 6 siung bawang merah potong tipis.
  11. sediakan Secukupnya daun bawang potong kecil.
  12. siapkan Secukupnya daun pisang.

Cara membuat otak otak bakar: Campur daging ikan tenggiri, santan, bawang merah iris, lada, kaldu, gula, dan garam lalu aduk rata. Tambahkan putih telur, aduk rata lagi. Terakhir masukkan tepung sagu, aduk rata secara perlahan agar adonan tidak alot. Kini siapkan bakaran, lalu bakar sebentar "Bungkusan Otak-otak" yang telah dikukus.

Cara memasak Otak Otak Tengiri Bakar

  1. Siapkan semua bahan yg akan dicampur dengan adonan ikan. Giling daging ikan tengiri tanpa air sampai halus. Tambahkan santan kental sebagian(sedikit demi sedikit) lalu giling kembali..
  2. Campur sisa santan dengan gula, garam, lada dan kaldu jamur bubuk larutkan hingga rata, setelah rata, masukkan kegilingan ikan lalu gilih kembali sampai adonan ikan menjadi sintal lebih padat. Masukkan lagi putih telur, giling smpai sintal padat kembali.
  3. Masukkan potongan bawang merah dan daun bawang. Aduk sebentar saja..
  4. Lalu keluarkan adonan pada wadah. Tambahkan sagu tani sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis. Jika sdh kalis, banting2 adonan beberapa saat(Proses ini untuk menghasilkan otak2 yg kenyal renyah dan kesat).
  5. Masukkan adonan dalam papingbag dan potong ujungnya. Dilain sisi kita bs mengukus sebentar saja daun pisang agar lentur dan tdk mudah robek ketika digulung.
  6. Cetak adonan diatas daun pisang, gulung dan pipihkan. Lalu ditutup dengan lidi atau bs jg dng stepless.
  7. Panggang diatas api kecil, bolak balik semua bagian agar matang merata. Panggang hingga kesat, daun layu dan mengeluarkan aroma khas ikan tengiri. Bs diamati juga dari bentuk yg berubah menjadi sintal kenyal juga disentuh, itu tandanya otak otak sudah matang. Siap dihidangkan dengan cocolan saus kacang 😉.

Hal ini agar aroma jauh lebih gurih. Masukkan adonan otak-otak di atas daun pisang, bentuk pipih memanjang, kemudian gulung dan raketkan daun menggunakan tusukan gigi. Lalu bakar/panggang dengan api sedang tunggu hingga wangi dan matang. Untuk bumbu kacang, tumis cabe keriting, cabe rawit,kacang goreng dan bawang putih yang sudah dihaluskan hingga wangi. Resep Otak-otak Ikan Tenggiri Bakar Sederhana.