Cara mudah Memasak Nasi Bakar Ayam Suwir Bumbu Bali Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Ayam Suwir Bumbu Bali. Lagi mencari ide resep nasi bakar ayam suwir bumbu bali yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ayam suwir bumbu bali yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Cara Masak Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali - Kemarin siang kebetulan ada stok ayam yang sudah di rebus dan saya diamkan begitu saja di kulkas. Awalnya sih mau di masak ayam pop atau Gulai Ayam yang dicampur irisan tahu tempe, kayanya enak. Tapi saya lagi program diet, jadi lagi belajar mengurangi penggunaan santan ke dalam masakan, kue maupun puding.

Nasi Bakar Ayam Suwir Bumbu Bali Bila bosan dengan aneka masakan ayam potong yang itu-itu saja, anda bisa coba sajian ini untuk lauk di rumah. Sajian ini pun sudah sangat lezat bila hanya dinikmati dengan nasi panas, tanpa ribet harus memisahkan dengan tulangnya. Resep ayam suwir bumbu bali ncc. Anda bisa membuat Nasi Bakar Ayam Suwir Bumbu Bali menggunakan 22 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Ayam Suwir Bumbu Bali

  1. sediakan 1 fillet dada ayam.
  2. Anda perlu 1 ruas lengkuas, geprek.
  3. siapkan 1 batang serai, memarkan.
  4. siapkan Daun salam.
  5. sediakan 1/4-1/2 gula merah, iris2 kecil.
  6. sediakan 1 sdm air asam jawa.
  7. Anda perlu 1 sdm terasi bakar.
  8. Anda perlu secukupnya Garam.
  9. siapkan secukupnya Merica.
  10. Anda perlu secukupnya Kaldu bubuk.
  11. sediakan 5 cabe rawit utuh.
  12. sediakan 5 cabe rawit merah ulek kasar (kalau tidak suka pedas, tidak perlu ditambahkan).
  13. sediakan Nasi (untuk nasi bakarnya).
  14. sediakan 1 ikat kemangi (sesuaikan selera), ambil daunnya.
  15. siapkan Jeruk nipis untuk marinasi ayam.
  16. Anda perlu Daun pisang untuk bungkus nasi bakar.
  17. siapkan Bumbu halus untuk ayam bumbu bali.
  18. siapkan 5 siung bawang merah.
  19. sediakan 8 siung bawah putih.
  20. sediakan 1 ruas kunyit.
  21. siapkan 3 buah kemiri.
  22. sediakan 5 buah cabe rawit.

Ayam suwirnya enak dan nikmat sekali disantap dgn sepiring nasi panas. Rasanya lezat khas racikan bumbu dari pulau dewata dan membuatnya pun mudah. Lihat juga resep ayam suwir bali enak lainnya. Bila bosan dengan aneka masakan ayam potong yang itu itu saja anda bisa coba sajian ini untuk lauk di rumah.

Cara membuat Nasi Bakar Ayam Suwir Bumbu Bali

  1. Cuci bersih ayam lalu beri perasan jeruk nipis, diamkan 10 menit, bilas kembali. Rebus ayam pada air mendidih (penting, mendidih baru masukin). Boleh tambahkan daun salam, merica, garam (saya tidak). Suwir2 ayam, sisihkan..
  2. Tumis bumbu halus hingga wangi. Kemudian tambahkan lengkuas, serai, daun salam, aduk. Tambahkan air asam jawa, gula merah, terasi, cabe rawit utuh. Aduk sampai bumbu matang..
  3. Masukkan ayam yang sudah disuwir. Tambahkan garam, gula pasir (sedikit saja), merica dan kaldu bubuk (saya menambahkan air rebusan ayam biar bumbunya lebih meresap). Aduk sampai merata, koreksi rasa. Ayam bumbu bali siap disajikan seperti ini, atau lanjut step berikutnya..
  4. Tambahkan nasi pada ayam bumbu bali (silahkan sesuaikan banyaknya), karena saya ingin lauk pada tiap nasi bakarnya banyak, saya tambahkan sekitar 2 piring munjung. Aduk sampai rata, tambahkan kembali garam dan kaldu bubuk untuk koreksi rasa. Tambahkan cabe rawit yg sudah diulek kasar (kalau ingin pedas), tambah kemangi, masak. Aduk sampai merata, masak sampai kemangi layu..
  5. Daun sebelumnya sudah dilap bersih ya. Bungkus nasi bakar dengan daun. Siapkan panggangan (saya pake panggangan besi, tp coba pake teflon juga oke). Alasi dulu panggangan dengan 1-2 lembar daun (agar bungkus daun nasi bakar ketika dipanggang tidak gosong kering), taruh nasi bakar diatasnya. Panggang sampai daun agak kecoklatan. Sajikan.

Ayam Suwir Bumbu Bali (Foto: Shutterstock) Tak hanya pesona alamnya yang mampu membuat siapa pun terhipnotis, Bali juga memiliki beragam resep masakan lezat serta bercita rasa khas. Salah satunya ayam suwir bumbu Bali yang sering disajikan bersama nasi campur khas Pulau Dewata. Ayam suwir bumbu Bali, satai lilit, serta lawar (sayuran yang rupanya seperti urap), adalah beberapa komponen yang wajib ada dalam sepiring nasi campur khas Pulau Dewata. Kadang ada saja yang menambahkan telur bumbu. Ayam suwir atau ayam sisit adalah daging dada ayam rebus.