Tips Membuat Nasi Bakar Ayam Suwir Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Ayam Suwir. Lagi mencari ide resep nasi bakar ayam suwir yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ayam suwir yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita. Salah satunya adanya nasi bakar isi ati ampela, nasi bakar cumi pedas, nasi bakar ayam petai, nasi bakar orek tempe, nasi bakar ayam suwir Coba cari-cari resep nasi bakar ayam suwir kemangi yang kira-kira bumbunya tersedia di dapur, akhirnya nemu resep nasbak yang sesuai dengan lidah. Masih punya sisaan ayam suwir yang buat bikin cireng isi kemaren akhirnya saya olah lagi buat isian nasbak biar gak mubazir. Dan berhubung ikut memeriahkan semarak giveaway nya mb Rubini (dapoer_angkring) spesial hari brojolnya.

Nasi Bakar Ayam Suwir Tambahkan garam dan gula secukupnya saja. Setelah tercampur rata, tambahkan pula daun bawang dan irisan tomat. Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Anda bisa memasak Nasi Bakar Ayam Suwir menggunakan 26 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Ayam Suwir

  1. siapkan Bahan untuk nasi :.
  2. Anda perlu 250 gram beras.
  3. Anda perlu 1 batang serai, digeprek.
  4. siapkan 2 lembar daun salam.
  5. siapkan 1 lembar daun pandan.
  6. Anda perlu Sedikit garam.
  7. Anda perlu Secukupnya air.
  8. sediakan 65 ml santan kental sunkara.
  9. Anda perlu Bahan Topping Ayam :.
  10. Anda perlu Ayam suwir secukupnya, ayam direbus dulu lalu disuwir.
  11. siapkan 2 siung bawang putih, haluskan.
  12. sediakan 3 siung bawang merah, haluskan.
  13. siapkan 10 buah cabe rawit, haluskan.
  14. Anda perlu 4 buah cabe merah besar, haluskan.
  15. siapkan 2 biji kemiri, haluskan.
  16. siapkan Sedikit kunyit, haluskan.
  17. siapkan Sedikit jahe, haluskan.
  18. sediakan Sedikit lengkuas, haluskan.
  19. sediakan 3 lembar daun jeruk.
  20. Anda perlu 1 batang serai, digprek.
  21. sediakan Secukupnya garam.
  22. Anda perlu Secukupnya kaldu jamur.
  23. Anda perlu Sedikit gula merah.
  24. Anda perlu Sedikit air.
  25. siapkan Sedikit minyak.
  26. sediakan Secukupnya daun pisang untuk membungkus.

Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini. Ini Resep mudah Membuat Nasi Bakar isi Ayam Suwir yang paling enak dan lezat. Nasi bakar secara umum mengacu kepada nasi yang dibumbui kemudian dibakar dengan berbungkus daun pisang dengan diikat/ disemat pakai biting atau lidi.

Cara membuat Nasi Bakar Ayam Suwir

  1. Pertama kita akan memasak nasinya terlebih dahulu, cuci bersih beras masukkan santan kental dan air secukupnya, lalu masukkan sedikit garam,aduk rata. Masukkan serai yang telah digeprek, daun salam dan juga daun pandan. Lalu masak nasinya hingga matang.
  2. Sambil masak nasi, kemudian kita akan membuat topping ayam suwirnya, siapkan wajan, tuang sedikit minyak, masukkan semua bumbu yg sdh dihaluskan,dan masukkan serai, daun jeruk, tumis hingga harum.
  3. Masukkan ayam yang sudah disuwir. Aduk rata hingga menyatu dengan bumbunya, tuang sedikit air, masukkan garam, kaldu jamur, dan gula merah, tes rasa masak hingga bumbu meresap dan airnya mengering.
  4. Siapkan secukupnya daun pisang,dilayukan dulu sebentar diatas api kecil agar lebih mudah membungkusnya. Tuang nasi diatas daun pisang dan beri topping ayam suwirnya. Bungkus dan semat dgn lidi..
  5. Siapkan pan / arang untuk membakar nasi (saya menggunakan arang), apabila dirasa cukup, segera angkat dan sajikan..

Lebih jelasnya bisa dilihat dalam Aplikasi resep nasi bakar ayam suwir ini. Nasi bakar saya hari itu sengaja tidak pakai santan. Alasannya klasik: tak mau ambil risiko gagal. Maklum kali pertama buat nasi bakar. Namun, walau tanpa jaminan rasa kelas wahid, saya pada akhirnya kirim beberapa nasi bakar isi teri dan ayam suwir yang dimasak sore sebelum adzan.