Resep: Ikan mas tombur khas tapanuli Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ikan mas tombur khas tapanuli. Lagi mencari ide resep ikan mas tombur khas tapanuli yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan mas tombur khas tapanuli yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Tombur adalah makanan khas Batak, sajian dari Tapanuli. Hidangan yang menggunakan ikan lele atau ikan mujahir ini diolah secara dibakar dan disajikan dengan sambal, hampir mirip dengan lele penyet atau pecel lele. Ikan mas atau ikan lain juga bisa, yang penting Tomburnya adalah bumbu.

Ikan mas tombur khas tapanuli Jgn lupa di tonton smpai habis. Masakan yang berasal dari Sumatera Utara yang berbahan utama ikan mas, yang dimasak dengan berbagai macam rendah atau bumbu-bumbu dan masakan ini patut ada. Saat memancing Ikan Mas, Umpan merupakan salah satu faktor keberhasilan yang paling besar. Anda bisa memasak Ikan mas tombur khas tapanuli menggunakan 13 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Ikan mas tombur khas tapanuli

  1. Anda perlu 1 kg ikan mas segar.
  2. siapkan bumbu yang di sangrai dan di giling:.
  3. sediakan 100 gr cabe rawit.
  4. sediakan 100 gr cabe keriting.
  5. siapkan 5 siung bawang merah.
  6. siapkan 5 siung bawang putih.
  7. Anda perlu 100 gr rias (honje/kecombrang) dikukus.
  8. Anda perlu 1 sdt andaliman (bisa di skip) kalau tidak ada.
  9. siapkan 100 gr kacang tanah.
  10. Anda perlu 50 gr kemiri.
  11. siapkan 2 buahjeruk nipis.
  12. Anda perlu 200 ml air.
  13. Anda perlu 1 ukuran jempol lengkuas (laja) garam atau penyedap secukupnya.

Umpan ikan mas memang tersedia di beberapa toko ikan dan toko pancing, namun dengan membuat sendiri tentu akan lebih murah. Masakan khas Tapanuli memang beda dan unik yang mengunggah selera makan. kebanyakan Jika Anda makan ikan arsik, ayam napinadar, sambal tombur siap-siap menikmati sensasi menggigit dari merica Batak. Nah, jeruk jungga digunakan dengan membaluri ikan mas dengan air jeruk jungga. Ikan tombro merupakan sebutan untuk ikan mas yang berwarna hitam kekuningan.

Cara memasak Ikan mas tombur khas tapanuli

  1. Ikan mas di bakar atau digoreng terserah ya lalu di sisihkan (sebaiknya di bakar lebih nikmat).
  2. Sangrai semua bumbu dan giling,beserta rias yang dikukus tadi lalu sisihkan.
  3. Siapkan wajan beri air dan perasan jeruk nipis masak sampai mendidih lalu masukan bumbu yg di giling tadi beri garam atau penyedap setelah matang dan meletup2 bumbunya.
  4. Siram diatas ikan dan sajikan bersama sayuran rebus atau timun saya tadi pakai timun bunda.
  5. Selamat mencoba ya.....

Ikan tombro banyak ditemukan di kolam pemancingan, sungai, dan waduk. Umpan Ikan Mas - Ikan mas merupakan jenis ikan konsumsi yang banyak dicari karena rasanya yang enak. Di Kawasan Tapanuli, ada yang namanya arsik ikan yang dibuat menggunakan bahan dasar ikan mas atau ikan-ikan lain. Nama lain dari na tinombur adalah ikan tombur, karena dulunya masakan ini harus direbus dulu, sesuai arti nama dari tombur yakni rebus. Mulai dari kelahiran, menikah, meninggal dan acara sakral lainnya, bagi orang Batak masing-masing memiliki prosesi yang wajib hukumnya Kita langsung aja mulai memasak kita yaitu Resep Masakan Ikan Mas Arsik Khas Tapanuli.