Resep: Arsik Ikan Mas Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Arsik Ikan Mas. Sedang mencari inspirasi resep arsik ikan mas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal arsik ikan mas yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Arsik ikan mas salah satu masakan khas Batak Toba. Arsik selalu ada di acara adat Batak Toba baik acara adat perkawinan dan kematian. Rasanya sangat khas karena menggunakan andaliman yg sering disebut merica Batak.

Arsik Ikan Mas Makanan ini memiliki ciri khas rasa asam manis pedas gurih yang sangat cocok disajikan sebagai menu makanan sehari-hari. Bermodal ikan mas kamu bisa menghadirkan cita rasa Batak di rumahmu. Arsik ikan adalah sajian ikan yang dimasak dengan bumbu kuning khas Batak. Anda bisa membuat Arsik Ikan Mas menggunakan 19 bahan dan 9 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Arsik Ikan Mas

  1. Anda perlu 2 kg ikan mas.
  2. Anda perlu 1 bh jeruk nipis.
  3. Anda perlu 15 bh cabe keriting.
  4. Anda perlu 5 bh cabe merah besar.
  5. siapkan 30 bh rawit merah.
  6. Anda perlu 20 butir bawang merah.
  7. siapkan 5 butir bawang putih.
  8. sediakan 1 ruas jahe.
  9. siapkan 3 ruas lengkuas.
  10. sediakan 2 ruas kunyit.
  11. sediakan 10 batang sereh.
  12. Anda perlu 10 butir kemiri.
  13. sediakan 2 sdm andaliman.
  14. sediakan 1 sdm garam.
  15. siapkan 5 potong asam kandis kering.
  16. Anda perlu 2 buah kecombrang.
  17. sediakan 10 bh kacang panjang.
  18. Anda perlu 30 bh belimbing sayur.
  19. Anda perlu 5 bh buah kecombang (kalau ada).

Ciri khas memasak sajian arsik yaitu menggunakan ikan mas yang masih hidup. Cara Membuat Arsik Ikan Mas Khas Batak Spesial - Arsik ikan mas merupakan salah satu makanan khas batak atau lebih tepatnya Sumatra Utara. Makanan ini sudah sangat populer di Sumatra, namun dengan seiring waktu makanan ini sudah tersebar luar ke berbagai kota di Indonesia termasuk juga di wilayah Jawa Barat. Baca juga: Resep Masakan Arsik Mujair, Masakan Khas Sumatera Utara Cara Memasak Arsik.

Cara membuat Arsik Ikan Mas

  1. Siapkan dulu semua bumbu dan pelengkapnya supaya tidak ada yg terlupa...
  2. Bersihkan ikan..buang sisiknya lalu potong2..saya beli ikannya 3 ekor 2 kilo..jadi tidak terlalu kecil supaya tulang halusnya gampang dipisahkan..lumuri dengan jeruk nipis lalu diamkan 10 menit...
  3. Setelah 10 menit,cuci ikan sampai bersih..ini dilakukan supaya bau amisnya hilang..
  4. Haluskan bumbu..saya pake blender..yaitu cabe merahbesar, cabe keriting, rawit merah 10 biji saja, jahe,kunyit,lengkuas 2 ruas saja..1 ruas digeprek,kemudian haluskan bawang merah,bawang putih,kemiri,andaliman..kemudian sisihkan...
  5. Ambil wajan susun lengkuas yg di geprek,sereh yg sudah digeprek,buah kecombrang,dan sebagian kacang panjang..lalu susun ikan mas diatasnya..
  6. Llalu Kemudian tuang bumbu halus keatasnya.
  7. Lalu susun semua bahan pelengkap yg lain diatasnya..yaitu belimbing sayur,kecombrang yg sudah di potong2,kacang panjang,asam kandis dan rawit merah utuh..kemudian tambahkan air kurang lebih 600 ml..atau sampai ikannya terendam.
  8. Tambahkan garam..sesuai selera ya..kalau saya suka agak asin..kemudian nyalakan api dan masak dengan api besar kira2 15 menit..kalau ada tutupan buat wajan bisa ditutup..kemudian masak dengan api sedang..setelah bumbu pelengkapnya udah agak layu, dan airnya sudah mulai menyusut, kecilkan api laku masak pelan2 dengan api kecil sampai airnya abis...hati2 jgn sampai gosong..kalau api terlalu besar gampang gosong..sebaiknya gunakan wajan yg agak tebal dan api yg kecil...
  9. Siap deh disajikan..biasanya saya makan sehari setelah matang..jadi bumbunya lebih meresap..nasinya ga cukup2 � tinggal nambahin pete bakar aja..sedappp.dan biasanya saya ga langsung angkat dari wajan dan bisa saya makan berhari2 tinggal dipanasin di wajan itu saja...

Masukkan ikan mas ke dalam kuali yang sudah dimasukkan air. Tumbuk serai, andaliman, batang kincung, patikala dan masukkan ke dalam kuali ditambah dengan sedikit asam gelugur. Ikan mas arsik ini makan khas nya orang batak ya moms, ini baru perdana bikin sendiri biasanya mama yg masakin. Arsik is an Indonesian spicy fish dish of the Batak Toba and Mandailing people of North Sumatra, usually using the common carp (known in Indonesia as ikan mas or gold fish). Distinctively Batak elements of the dish are the use of torch ginger fruit (asam cikala), and andaliman (Indonesian szechuan pepper).