Resep: Gulai ikan mas Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Gulai ikan mas. Sedang mencari inspirasi resep gulai ikan mas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai ikan mas yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita. Lihat juga resep Gulai Ikan Salem enak lainnya. Bosen ikan mas digoreng melulu, jadi sekarang coba dimasak gulai. Alhamdulillah suami suka 😊😊 Kalau kurang suka pedas, bisa dikurangi cabai rawitnya atau dicampur dengan cabai merah keriting.

Gulai ikan mas Mula mula Bersihkan ikan, tiriskan dan sisihkan dahulu. Setelah itu masukkan bungo kicuang atau kecombrang kedalam masakan dan diaduk sampai merata, lalu masukkan penyedap rasa serta garam. Masaklah sampai matang dengan sempurna dan bumbu menyerap kedalam kepala ikan, angkat. Anda bisa membuat Gulai ikan mas menggunakan 19 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Gulai ikan mas

  1. sediakan 1 ekor ikan mas (berat 1kg).
  2. sediakan 1 bks santan instan 65ml.
  3. Anda perlu 400 ml air putih.
  4. Anda perlu 1 buah jeruk jipis.
  5. Anda perlu Bumbu.
  6. sediakan 5 buah cabai merah.
  7. Anda perlu 8 buah cabai rawit.
  8. sediakan 7 butir bawang merah.
  9. sediakan 3 butir bawang putih.
  10. siapkan 2 btr kemiri (sangrai).
  11. sediakan 2 cm kunyit (bakar).
  12. Anda perlu 2 cm jahe.
  13. Anda perlu 2 cm lengkoas.
  14. Anda perlu 1 btg serai (ambil putihnya).
  15. siapkan 3 lbr daun jeruk.
  16. Anda perlu 1 lbr daun salam.
  17. siapkan 1 lbr daun kunyit (saya tak pakai karena tidak ada).
  18. Anda perlu Asam kandis.
  19. siapkan Minyak untuk menumis dan menggoreng ikan.

Hidangan gulai ikan mas bumbu khas Padang adalah salah satu sajian istimewa yang memiliki cita rasa yang sedap dan lezat. Nah, agar ibu bisa menyajikan hidangan ini dirumah, kita simak resep berikut ini. Ternyata cara membuat gulai ikan kakap tidak sesulit yang kita bayangkan bukan. Selain rasanya yang nikmat dan lezat, resep masakan ikan ini banyak mengandung vitamin dan zat zat penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh lho, seperti kalsium, protein, vitamin A, fosfor dan yang lainnya.

Langkah langkah membuat Gulai ikan mas

  1. Bersihkan sisik ikan potong menjadi 4 bagian. Cuci bersih dan beri perasan air jeruk nipis. Biarkan sebentar bilas.
  2. Goreng ikan mas setengah matang. Saya dan suami kurang suka kalau ikan langsung masak tanpa digoreng..
  3. Haluskan bumbu kecuali rempah daun dan cabai rawit.
  4. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum masukkan rempah daun..
  5. Beri air putih masukkan cabai rawit dan asam kandis. Masukkan santan instan. Masak sampai mendidih masukkan ikan mas. Masak sampai santan meresap..

Tapi balik rumah jer, buka peti sejuk, ada rupanya ikan talang yang besar seekor dengan tak berusik pun lagi. Entah bila saya membelinya pun tak tahu. Apa lagi terus jer, saya ambik gunting dan potong kecil kecil isi ikan talang dan juga tulang tulangnya. Masak gulai lemak ler kita, jom layan. Anda bisa menggunakan ikan kakap, kerapu, mas, dan lainnya.