Resep: Ikan mas bakar sambal pencit Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ikan mas bakar sambal pencit. Lagi mencari ide resep ikan mas bakar sambal pencit yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan mas bakar sambal pencit yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Title : "Resep Masakan Sehari-hari" Ini adalah video tutorial membuat sambal pencit (mangga muda) asam pedas. Banyak sedikit cabenya sesuai selera ya. Tekstur ikan mas yang lembut membuat ikan air tawar yang satu ini cocok diolah menjadi pepes ikan mas atau gulai ikan mas.

Ikan mas bakar sambal pencit Ikan haruan pencit atau biasa yang disebut dengan pencok ini salah satu menu andalan kami, yuk simak resep Dengan mengetahui masakan ikan haruan goreng sambal pencit pedas ini tentunya akan menamba koleksi didalam menu makan harian anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Olahan ikan bakar yang satu tampil beda karena siraman sambal mangga di atasnya. Tunggu apalagi, langsung buat untuk dengan resep Ikan Bakar Sambal Pencit! Anda bisa memasak Ikan mas bakar sambal pencit menggunakan 21 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Ikan mas bakar sambal pencit

  1. Anda perlu Bahan ikan bakar :.
  2. Anda perlu 1 ekor ikan mas besar bersihkan sisik, insang dan buang isi perutnya.
  3. Anda perlu 2 siung bawang putih.
  4. siapkan 5 buah bawang merah.
  5. Anda perlu 2 ruas kunyit bakar.
  6. Anda perlu 3 buah kemiri bakar.
  7. Anda perlu 1/2 sendok teh garam.
  8. Anda perlu 1/2 buah jeruk lemon peras airnya.
  9. sediakan Bahan untuk sambal pencit :.
  10. siapkan 1 buah mangga muda/pencit potong panjang seperti korek api.
  11. sediakan 2 buah cabe merah besar.
  12. Anda perlu 11 buah cabe kecil pedas.
  13. sediakan 2 siung bawang putih.
  14. Anda perlu 1/2 buah terasi ABC bakar.
  15. siapkan 1 sendok makan gula merah.
  16. siapkan 1/2 sendok teh garam.
  17. sediakan 1/2 buah jeruk lemon peras airnya.
  18. Anda perlu 1 sendok makan minyak goreng.
  19. siapkan Pelengkap :.
  20. siapkan 1 papan pete bakar.
  21. sediakan 3 batang kemangi.

Ikan mas bakar dengan bumbu sederhana dan sambal kecap. Resep masakan ikan mas bakar merupakan resep masakan tradisional peninggalan para leluhur. Pilihan pada ikan mas sebab tampilan ikan ini cukup besar sehingga lebih mantap dimasak dengan dibakar dari pada di goreng. Sambal andaliman bisa disantap dengan lauk seperti ikan emas goreng/ bakar, aso-aso alias sejenis ikan yang dikeringkan, maupun ikan asin yang digoreng garing.

Cara memasak Ikan mas bakar sambal pencit

  1. Haluskan bumbu ikan bakar, pertama-tama baluri ikan dengan jeruk nipis, kemudian balurkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, tutup dalam wadah, masukkan kedalam kulkas selama 15 menit biar bumbunya meresap kedalam daging ikannya..
  2. Setelah 15 menit, ambil ikan dalam kulkas tadi kemudian bakar ikan di teflon, biarkan sisi bawahnya matang, apabila sudah matang balik ikan, olesi sisi ikan yang sudah matang tadi dengan mentega, begitu sebaliknya. Biarkan sampai matang sisi bawahnya lagi, balik, olesi dengan mentega, angkat.(Jangan sering-sering di balik karena ikan mas teksturnya lembut jadi cepat hancur)..
  3. Cara membuat sambal pencit : haluskan bumbu sambal pencit tadi, kecuali mangga sisihkan dulu, tumis bumbu yang sudah di haluskan, tuang air jeruk lemon, aduk-aduk sampai harum dan matang, kemudian masukkan mangga mudanya tadi, taburkan garam, aduk-aduk sebentar, angkat..
  4. Taruh ikan di atas daun, padukan dengan sambal pencit dan pelengkapnya, ikan mas bakar siap dinikmati. Hmmm yummy.. 😉�.

Kitchen terbitan Galang Press Media Utama dapat dibeli di toko buku. Sajikan ikan mas bakar dengan sambal kecap bersaama nasi putih pulen saat masih hangat. Ikan bakar bukan saja enak namun juga lebih lengkap nilai gizinya. Kelezatan masakan ikan mas dengan cara di bakar ini tentu sedikit berbeda jika misalnya dengan di goreng, bagi ikan yang di bakar. Salah yang paling favorit yakni sambal pencit alias mangga muda.