Resep: Soto/Sop Banjar Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Soto/Sop Banjar. Sedang mencari inspirasi resep soto/sop banjar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto/sop banjar yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya.. Resep Soto Banjar Makanan Khas Banjarmasin dan Cara Membuat Bumbu Banjar Asli Menggugah Selera.

Soto/Sop Banjar Nice place to have soto banjar with a beautiful scene of natural atmosphere beside the river. Kuah soto Banjar yang asli menggunakan krimer sehingga akan berwarna putih. Tapi jika menyukai kuah bening, anda bisa melewatkan bahan yang satu ini. Anda bisa memasak Soto/Sop Banjar menggunakan 21 bahan dan 8 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Soto/Sop Banjar

  1. sediakan 1/4 ayam bagian dada/paha.
  2. Anda perlu Wortel.
  3. Anda perlu Kentang.
  4. Anda perlu Daun bawang.
  5. sediakan 1/2 ons Bawang merah.
  6. Anda perlu 1/4 ons Bawang putih.
  7. sediakan Sedikit merica.
  8. siapkan Sedikit pala.
  9. Anda perlu 2 biji Kapulaga.
  10. sediakan 1/2 sendok teh gula pasir.
  11. Anda perlu 1/2 sendok teh gula pasir.
  12. sediakan Sebatang kayu manis.
  13. Anda perlu 2 bunga lawang.
  14. siapkan 3 cengkeh.
  15. Anda perlu Garam.
  16. siapkan Penyedap rasa masako ayam.
  17. sediakan 1 bungkus Susu kental manis putih.
  18. siapkan Seledri.
  19. siapkan Jeruk purut/nipis.
  20. sediakan Kayu manis (dibakar).
  21. Anda perlu Telur ayam/bebek rebus.

Letakkan ketupat di atas mangkuk beserta soun, kentang, perkedel, suwiran ayam, telur, kemudian siram dengan kuah soto. Benoe memesan Nasi Sop dan Soto Banjar spesial komplit yang ditambah ekstra telur dan paha ayam. Resep soto banjar asli memiliki keunikan tersendiri, karena mencantumkan bahan susu cair, namun anda juga bisa mencoba membuat masakan soto ayam banjar tanpa susu cair. Soto Banjar merupakan jenis soto yang berasal dari Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh.

Cara membuat Soto/Sop Banjar

  1. Rebus ayam. Ambil kaldunya..
  2. Ulek Bawang merah, bawang putih, merica, pala..
  3. Bumbu yang diulek halus disangrai (dg sedikit minyak goreng) beserta Kapulaga, cengkeh, bunga lawang, kayu manis (yg sudah dibakar) dan daun bawang..
  4. Masukan bumbu tsb ke air kaldu rebusan ayam. Masukkan wortel dan kentang..
  5. Sementara menunggu ayam, wortel dan kentang empuk, goreng kentang yg sudah diiris tipis utk pelengkap. Lalu goreng bawang putih, setelah itu hancurkan untuk taburan kuah soto ketika telah matang..
  6. Setelah kuah soto mendidih, masukkan susu putih kental manis aduk hingga merata. Koreksi rasa, masukkan garam dan penyedap rasa masako secukupnya..
  7. Setelah semua bahan di kuah soto matang (empuk), taburkan bawang putih goreng dan seledri..
  8. Soto siap disajikan dengan suhun, dan telur rebus..

Soto Banjar berbeda dengan soto di Indonesia pada umumnya. Sop banjar merupakan menu seperti Soto Banjar, hanya saja penyajiannya tidak menggunakan ketupat, tapi menggunakan nasi. Soto memiliki banyak kemiripan dengan sop. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu. Membuat Soto Banjar yang komplit memang butuh waktu dan kesabaran tetapi hasilnya sangat memuaskan.