Resep: Telur Asin Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Telur Asin. Sedang mencari ide resep telur asin yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal telur asin yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. Telur asin bisa terbuat dari telur bebek, tinggal disesuaikan selera saja.

Telur Asin Telur asin merupakan istilah umum untuk olahan telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Telur asin dapat dipadukan dengan berbagai masakan misalnya nasi jamblang dan nasi lengko. Telur yang terbuat dari telur bebek ini memiliki rasa gurih dan asin yang tentu saja memanjakan lidah penikmatnya. Anda bisa memasak Telur Asin menggunakan 4 bahan dan 7 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Telur Asin

  1. sediakan 1 kg telur ayam/bebek.
  2. siapkan 400 gram garam.
  3. sediakan 1,5 liter air bersih.
  4. siapkan 7 siung bawang putih (optional).

Telur asin cocok dimakan dengan berbagai hidangan lainnya. Telur asin adalah istilah umum untuk makanan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Bahan baku utama yang gunakan biasanya adalah telur itik atau telur bebek. Manfaat Telur Asin - Telur asin merupakan salah satu olahan makanan dan telur yang diawetkan dengan cara memberikan garam berlebih.

Langkah langkah membuat Telur Asin

  1. Rebus air dan garam hingga mendidih dan garam larut. Dinginkan..
  2. Cuci bersih telur ayam, keringkan. Amplas cangkang telur agar pori-porinya terbuka..
  3. Bakar bawang putih, geprek..
  4. Masukkan larutan garam, telur, dan bawang putih kedalam wadah tertutup. Isi kantong plastik dengan air bersih lalu taruh diatasnya supaya telur terendam seluruhnya. (Di air asin telur akan terapung).
  5. Tutup wadah lalu simpan selama 12 hari..
  6. Setelah 12 hari, rebus telur bersama 1 kantung teh dan kulit bawang merah. Supaya gak bau dan gampang dikupas. Rebus lama dengan api kecil supaya dalamnya tidak lembek..
  7. Jadi deh..

Pengawetan makanan dengan diasinkan ini bertujuan. Cara Membuat Telur Asin - Perlu kalian ketahui, ternyata telur asin merupakan sebuah istilah umum untuk makanan hasil olahan telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Tanda telur asin berkualitas tinggi bisa dilihat dari kuning telurnya berwarna jingga terang hingga kemerahan. Penasaran, kan resep telur asin dan bagaimana cara membuatnya yang lezat? Telur asin sendiri ternyata memilki banyak sekali manfaat bagi kita semua.