Bagaimana Membuat Bebek Songkem Wangi Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Bebek Songkem Wangi. Anda sedang mencari ide resep bebek songkem wangi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bebek songkem wangi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Penambahan daun pandan pada resep ini membuat bebek songkem ini wangi dan tidak amis #PekanInspirasi #Pekan_Madura #cookpadcommunity_bekasi Lyla (Bunda Asyif) Bebek Songkem Madura. #PekanInspirasi #PekanMadura #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo Bunda mungkin sudah gak asing lagi dengan kelezatan bebek. Penambahan daun pandan pada resep ini membuat bebek songkem ini wangi dan tidak amis #PekanInspirasi #Pekan_Madura #cookpadcommunity_bekasi Bebek songkem. Sama seperti bebek songkem yang lainnya, bebek songkem dari Lesehan Melati ini merupakan bebek yang dimasak di dalam daun pisang dan memiliki penampakan penuh dengan cabai di bagian atasnya pada saat dibuka.

Bebek Songkem Wangi Ingat ya, bebek songkem yang ditawarkan tidak hanya bentuk kukus, tapi juga goreng lho. Resep bebek/ayam songkem ini berasal dari cita rasa khas tanah madura. Rasa pedas yang dihasilkan dari bumbu pilihan ini sangat pas dan memiliki sensasi yang sangat melekat bila anda mencicipinya. Anda bisa memasak Bebek Songkem Wangi menggunakan 17 bahan dan 7 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Bebek Songkem Wangi

  1. Anda perlu 1 ekor bebek/entok.
  2. Anda perlu 1 bh jeruk nipis.
  3. Anda perlu Daun pisang secukupnya untuk membungkus.
  4. sediakan Benang kasur secukupnya untuk mengikat.
  5. siapkan Alumunium foil secukupnya untuk membungkus.
  6. Anda perlu secukupnya Daun pandan.
  7. siapkan Bumbu Dihaluskan.
  8. Anda perlu 3 butir bawang merah.
  9. sediakan 5 siung bawang putih.
  10. sediakan 5 bh cabai merah keriting.
  11. Anda perlu 5 bh cabai rawit merah.
  12. Anda perlu 2 bh cabai hijau besar.
  13. Anda perlu 1 sdt garam.
  14. Anda perlu 1 sdm gula pasir.
  15. sediakan 1/2 sdt terasi bakar.
  16. sediakan 100 ml minyak goreng.
  17. siapkan Kaldu bubuk secukupnya(bila suka).

Kata songkem sendiri berasal dari bahasa Madura yang berarti "bersujud". Jadi jika diperhatikan, bebek songkem yang memakai bebek utuh ini perlu dilipat sedemikian rupa hingga kepala bebeknya menunduk seakan sedang bersujud. Untuk bumbunya sendiri cukup sederhana, yakni cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, dan garam. Bebek songkem merupakan makanan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Langkah langkah membuat Bebek Songkem Wangi

  1. Bersihkan bebek. Buang bagian pantat bebek, bagian ini membuat bebek berbau anyir/lengur/prengus. Belah dada bebek tidak terputus, lumuri air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan minyak. Tidak perlu terlalu halus. Koreksi rasa.
  3. Lumuri bagian dalam bebek dengan bumbu halus, tangkupkan kepala bebek kedlmnya, beri 3 potong daun pandan, lalu ikat seluruh bagian bebek dengan benang kasur.
  4. Ambil daun pisang letakkan bbrp daun pandan sebagai alas, letakkan bebek diatasnya, lumuri sisa bumbu lalu bungkus seluruhnya dengan daun pisang..
  5. Diamkan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit. Bisa langsung dikukus selama 45 mnt sampi 1 jam hingga matang.
  6. Bisa juga dipresto selama 15 mnt dihitung sejak berdesis.
  7. Bisa juga dioven spt yg saya lakukan. Oven dg suhu 160°C menggunakan metode au bain marie selama 1 jam sampai matang.

Bebek songkem dengan tekstur yang lembut. Bebek songkem sangat cocok untuk menjadi hidangan makan malam keluarga besar Anda. Bebek songkem proses pembuatannya juga tak perlu ribet. Berikut Resep Cara Membuat Bebek Songkem Enak. Dua nama di atas bukanlah tokoh komik atau super hero, dan nggak ada hubungannya dengan Donal bebek.