Resep: 10. Ayam Bakar Kalasan Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep 10. Ayam Bakar Kalasan. Anda sedang mencari ide resep 10. ayam bakar kalasan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal 10. ayam bakar kalasan yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Resep Ayam Bakar Kalasan enak dan mudah untuk dibuat. Di sini ada cara membuat yang jelas dan mudah diikuti. Mendengar kata Kalasan sebagian orang langsung kebayang ayam bakarnya yang terkenal kelezatannya, yaitu resep ayam bakar kalasan.

10. Ayam Bakar Kalasan Pasalnya ayam bakar kalasan ini memiliki rasa yang berbeda dengan ayam bakar pada umumnya. Tapi Anda tidak perlu khawatir dan jauh-jauh. Sajian ayam bakar kalasan adalah hidangan ayam yang enak dan mudah untuk dibuat. Anda bisa membuat 10. Ayam Bakar Kalasan menggunakan 15 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat 10. Ayam Bakar Kalasan

  1. Anda perlu 4 potong paha ayam ukuran besar (1/2 ekor ayam).
  2. siapkan 1/2 buah jeruk nipis.
  3. siapkan 2 lbr daun salam, sobek.
  4. Anda perlu 3 lbr daun jeruk, sobek.
  5. Anda perlu 1 sdt lada bubuk.
  6. Anda perlu 4 sdm kecap manis.
  7. Anda perlu 1/2 buah jeruk limau.
  8. siapkan 200 ml air atau air kelapa.
  9. Anda perlu secukupnya Garam.
  10. Anda perlu Bumbu halus :.
  11. sediakan 5 butir bawang merah.
  12. sediakan 4 siung bawang putih.
  13. Anda perlu 4 butir kemiri.
  14. Anda perlu 1/2 sdm gula merah.
  15. sediakan 3 cm jahe.

Hal ini dikarenakan semua bumbu dan bahan yang digunakan untuk membuat sajian ini akan dapat anda jumpai di pasar atau supermarket terdekat. Kalau melihat tampilannya, ayam bakar dengan bumbu ayam kalasan ini tidak jauh berbeda dengan ayam kecap, ayam kecap madu atau jenis resep ayam bakar lainnya. Tetapi buat yang sudah pernah mencicipi resep ayam kalasan tentu tahu bedanya dengan resep yang lain. Lihat juga resep Ayam Goreng Kalasan enak lainnya.

Cara membuat 10. Ayam Bakar Kalasan

  1. Bumbui ayam dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit lalu cuci..
  2. Tumis bumbu halus hingga wangi, lalu masukkan merica, kecap manis. Masukkan ayam sambil di aduk..
  3. Tambahkan daun jeruk dan daun salam. Beri air secukupnya lalu masukkan garam. Ungkep ayam hingga air menyusut dengan api kecil dan tutup wajan. Jika air telah menyusut, perasi ayam dengan air jeruk limau..
  4. Olesi teflon dengan sedikit margarine. Panggang dengsn teflon atau oven dengan suhu 200° C selama 15 menit sambil diolesi dengan bumbu ysng tersisa. Panggang kedua sisinya. Angkat. Ayam bakar kalasan siap untuk di sajikan..

Ayam bakar ini kebanyakan ditemukan di Jakarta dan menjadi salah satu favorit para pecinta kuliner Jakarta. Selain beberapa daerah di luar jawa, Anda juga akan menemukan beberapa variasi ayam bakar yang bisa ditemukan di pulau Jawa seperti salah satunya adalah ayam bakar kalasan. Namun, ayam goreng kalasan merupakan masakan ayam dengan bumbu khusus yang berasal dari Kalasan, Sleman, Yogyakarta lho. Ayam bakar khas Kalasan. foto: Instagram/@siska_dewi_lestari. Ayam bakar kalasan siap disajikan dengan menu lalapan segar.