Resep: Ikan Bakar Sambal Matah Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ikan Bakar Sambal Matah. Anda sedang mencari ide resep ikan bakar sambal matah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan bakar sambal matah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Gunakan Sambal Matah ini jadi bumbu tambahan untuk ikan bakar Mungkin sekilas mirip dengan Sambal Dabu-dabu dari Manado , namun di antara keduanya tetap memiliki perbedaan. Sambal Dabu-dabu tidak menggunakan serai dan menggunakan tomat yang dipotong-potong, sedangkan Sambal Matah dari Bali ini menggunakan serai dan tidak menggunakan tomat. MAKAN ikan memang paling pas dengan olahan sambal yang super pedas, seperti sambal matah.

Ikan Bakar Sambal Matah Perpaduan sensasi rasa gurih dan pedasnya dijamin bikin lidah bergoyang. Sambal ijo (Padang, Sumatera Barat) SHUTTERSTOCK/AMALLIA EKA Ilustrasi sambal ijo khas Padang. Sambal ijo adalah sambal yang sering kita temui di tempat makan khas padang. Anda bisa memasak Ikan Bakar Sambal Matah menggunakan 18 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Ikan Bakar Sambal Matah

  1. siapkan 1 kg ikan kue (belah dua).
  2. siapkan 1 sdt lada.
  3. siapkan 2 sdt garam.
  4. sediakan 1 sdt gula.
  5. siapkan 1 sdm minyak wijen.
  6. sediakan 1 sdm saos tiram.
  7. siapkan 3 sdm minyak goreng.
  8. sediakan Bumbu marinasi :.
  9. Anda perlu 1 bh jeruk nipis.
  10. siapkan 2 sdt garam.
  11. sediakan 1 sdt bawang putih bubuk.
  12. Anda perlu Bumbu halus :.
  13. sediakan 1 ruas kunyit.
  14. sediakan 1 ruas jahe.
  15. siapkan 10 bh bawang merah.
  16. Anda perlu 4 bh bawang putih.
  17. sediakan 2 bh kemiri.
  18. sediakan 3 bh cabe merah kriting.

Sambal ini disajikan sebagai pelengkap dari nasi padang. Ikan air tawar ini memang tak sepopuler ikan gurame atau ikan mas, tetapi ternyata bisa diolah dengan berbagai proses memasak. Kelebihan lainnya adalah tinggi protein dan rendah lemak. Anda bisa mencoba membuat ikan tilapia bakar sambal matah.

Cara memasak Ikan Bakar Sambal Matah

  1. Cuci bersih ikan kue lalu masukan bumbu marinasi diamkan 10 menit.
  2. Campurkan bumbu halus dengan lada, garam, gula, minyak wijen, saos tiram, dan minyak goreng aduk rata.
  3. Setelah bumbu tercampur oleskan rata pada ikan kue dan diamkan 15 menit.
  4. Panaskan tungku dan arang lalu bakar ikan kue sampai matang merata dan bumbu meresap.
  5. Tiriskan dan sajikan dengan sambal matah.

Lihat juga resep Ikan Bakar Sambal Matah enak lainnya! Resep Sambal Matah - Hampir sebagian besar kuliner nusantara pasti mempunyai makanan pendamping yang berupa sambal, salah satu sambal yang paling terkenal adalah sambal matah yang berasal dari daerah bali. Resep sambel matah seperti sambal bawang yang sangat mudah untuk diolah sendiri di rumah. Dapat pula membuat kreasi resep sambel matah sesuai dengan keinginan dan berbagai macam bahan yang. Seruni.id - Menyantap ikan bakar, kurang lengkap rasanya tanpa sambal yang nikmat.