Tips Membuat Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu. Lagi mencari inspirasi resep kuwe bakar sambal dabu-dabu yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kuwe bakar sambal dabu-dabu yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Resep Ikan Dori Praktis Cocok Untuk Sahur. Dabu-dabu is a type of hot and spicy condiment commonly found in Manado cuisine of North Sulawesi, Indonesia. Lihat juga resep Gurame goreng sambal dabu dabu enak lainnya.

Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu Cara membuat dabu-dabu sangat mudah dan sederhana karena tidak perlu dimasak dahulu. Bahan bahan yang digunakan cuma diiris kecil kecil lalu dicampurkan dengan bahan lainnya. Siapkan mangkuk kecil, masukkan semua bahan sambal termasuk garam dan air jeruk nipis. Anda bisa membuat Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu menggunakan 12 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu

  1. sediakan 1 ekor ikan Kuwe Ukuran Sedang.
  2. Anda perlu 1 buah jeruk nipis.
  3. Anda perlu 1 sdm kecap ikan.
  4. Anda perlu 2 buah tomat.
  5. sediakan 4 siung bawang merah.
  6. Anda perlu 5 buah cabe rawit.
  7. siapkan 2 buah cabe keriting.
  8. Anda perlu 1 buah sereh.
  9. sediakan 1 sdt garam.
  10. sediakan 1/4 sdt kaldu.
  11. sediakan Secukupnya air matang.
  12. siapkan Secukupnya minyak kelapa.

Di setiap menja tersedia sambal dabu-dabu yang bisa jadi teman makan ikan bakar. Ikan bakar dengan siraman saus dabu-dabu selalu tingkatkan selera makan. Ikan yang lembut dengan paduan bumbu segar yang gurih makin enak disantap dengan kangkung hot plate yang gurih hangat. Nah, kalau sambal dabu-dabu ini nggak pakai diulek lho.

Langkah langkah membuat Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu

  1. Bersihkan ikan kemudian marinasi dengan perasan jeruk nipis, garam dan kecap ikan. Diamkan 10 menit.
  2. Panaskan teflon, panggang ikan dengan api kecil sampai matang. Jangan lupa dibalik.
  3. Sambal Dabu-Dabu : potong/iris semua bahan sambal dabu (tomat, bawang merah, cabe, dan sereh). Beri garam, kaldu, minyak kelapa dan air matang kemudian aduk rata. Koreksi rasa.
  4. Sajikan dabu dabu dengan ikan bakar selagi hangat.

Cuma diiris kecil-kecil kemudian Campur kembali semua bahan sampai benar-benar rata. Jika bahan-bahan sudah terkumpul, maka ini ara membuatnya Sambal dabu dabu khas manado, rasanya seger,pedas dan sdikit rasa asam, sangat cocok di sajikan dgn menu ikan bakar salah satu jenis sambal kekayaan kuliner nusantara khas daerah Manado adalah sambal dabu-dabu, yang cocok disajikan. Yang membedakan sambal dabu-dabu dengan sambal yang lainnya terletak dalam proses pembuatannya. Jika sambal lain biasanya dibuat dengan cara Sambal dabu-dabu ini biasanya dibalurkan secara langsung di atas menu makanan yang disajikan seperti ikan, ayam, atau daging sapi. Sambal dabu-dabu berbahan dasar cabai rawit merah, bawang merah, garam, batang daun bawang, cabai keriting, tomat, dan perasan jeruk nipis atau minyak kelapa.