Resep: Nasi bakar telur asin Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi bakar telur asin. Sedang mencari ide resep nasi bakar telur asin yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar telur asin yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Nasi bakar telur asin ini memang menggunakan telur asin yang sudah matang untutk nantinya dicampurkan menjadi bahan isian nasi. Rasanya sangat lezat karena dicampur dengan telur asin, yang ternyata sangat pas diolah bersama nasi yang dibakar, sehingga menimbulkan rasa asin, gurih. Membuat nasi bakar telur asin sama dengan membuat tumisan isi nasi bakar seperti umumnya, semua bahan ditumis dengan bahan bumbu lainnya sehingga semua tercampur.

Nasi bakar telur asin Cara membuat telur asin ini tidaklah terlalu rumit. Telur asin ini memiliki nilai gandungan gizi dua kali lipat lebih banyak daripada telur biasa. Telur ini paling pas jadi teman nasi, lauk pauk, dan sayur seperti rawon dan soto. Anda bisa membuat Nasi bakar telur asin menggunakan 16 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi bakar telur asin

  1. sediakan 500 gr beras.
  2. Anda perlu 1 btr kelapa ambil santannya.
  3. Anda perlu 3 lbr daun jeruk.
  4. sediakan 2 bh sereh geprek.
  5. siapkan 2 lbr daun salam.
  6. Anda perlu 1 jari telunjuk lengkuas geprek.
  7. sediakan daun pisang.
  8. siapkan 5 btr telur asin yg sdh matang belah 2.
  9. siapkan 6 btr bawang merah.
  10. sediakan 1 ikat kemangi.
  11. sediakan bumbu halus :.
  12. Anda perlu secukupnya garam.
  13. sediakan 250 gr ayam potong kecil2.
  14. siapkan 2 siung bawang putih.
  15. siapkan 15 bh cabe keriting.
  16. Anda perlu 1 bh tomat.

Sesuai namanya, telur asin memiliki rasa yang asin. Cukup dimakan dengan nasi hangat, rasanya sudah amat nikmat. Beri daun kemangi bersama empat telur asin yang telah dipotong jadi dua bagian. Siapkan daun pisang, kemudian letakkan adonan tahu dan setengah telur asin ke dalamnya.

Cara membuat Nasi bakar telur asin

  1. Masak nasi seperti membuat nasi uduk. (santan, daun jeruh, sereh, lengkuas, garam dan beras campur jadi satu) saya menggunakan majicom agar lebih praktis..
  2. Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan ayam masak sampai ayam setengah masak beri garam dan gula. bisa di ganti penyedap bila suka.
  3. Bungkus nasi dan isi dengan ayam serta kemangi lalu atasnya beri telur asin atasnya lalu bungkus sampai habis..
  4. Kukus sampai matang lalu angkat dan bila mau di sajikan bakar di bara api atau di teflon. sajikan dengan sambal dan lalapan..

Telur asin yang dibahas ini adalah telur asin dengan variasi bakar-bakar. Caranya pun mudah, hampir sama dengan cara membuat telur asin pada umumnya, hanya saja ada satu tahapan yang berbeda karena ada proses pemanggangan telur asin. Resep nasi bakar memang terkenal tidak mudah basi. Bumbu untuk membuatnya pun mudah dicari. Setelah matang, angkat dan potong kecil-kecil.