Tips Memasak Nasi Bakar Ayam Suwir Pedas Kemangi Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Ayam Suwir Pedas Kemangi. Sedang mencari inspirasi resep nasi bakar ayam suwir pedas kemangi yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ayam suwir pedas kemangi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi Bakar Ayam Suwir Pedas Kemangi Anda bisa memasak Nasi Bakar Ayam Suwir Pedas Kemangi menggunakan 34 bahan dan 9 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Ayam Suwir Pedas Kemangi

  1. sediakan 2 cups beras.
  2. siapkan 40 ml santan kara cair.
  3. Anda perlu 2 batang sereh.
  4. siapkan 10 cm lengkuas.
  5. Anda perlu 5 lembar daun jeruk.
  6. Anda perlu 3 lembar daun salam.
  7. sediakan 4 cm jahe.
  8. sediakan 2 siung bawang putih haluskan.
  9. sediakan Royco ayam.
  10. sediakan secukupnya Garam.
  11. siapkan bungkus Untuk.
  12. sediakan Daun pisang secukupnya, dibersihkan di panasin sebentar di atas kompor biar lemes.
  13. Anda perlu secukupnya Toothpick.
  14. siapkan Bahan isian.
  15. sediakan 350 gr dada ayam tanpa tulang tanpa kulit.
  16. sediakan 1 sdt gula.
  17. siapkan 1 sdm saos tiram.
  18. Anda perlu 1 sdt kecap asin.
  19. Anda perlu secukupnya Royco.
  20. siapkan secukupnya Garam.
  21. sediakan 3 daun jeruk.
  22. siapkan 5 cm lengkuas.
  23. sediakan 3 cabe hijau besar.
  24. siapkan secukupnya Sweet basil atau kemangi.
  25. Anda perlu 1 sdt minyak sunflower untuk menumis.
  26. sediakan secukupnya Sambal terasi uleg (optional).
  27. Anda perlu Secukupnya bawang goreng.
  28. Anda perlu Secukupnya cabe rawit potong (optional).
  29. siapkan Bumbu halus.
  30. Anda perlu 1 kemiri.
  31. siapkan 5 siung bawang merah.
  32. siapkan 3 siung bawang putih.
  33. siapkan 3 cabe rawit, bisa tambah sesuai selera.
  34. Anda perlu 1 cabe merah besar.

Cara memasak Nasi Bakar Ayam Suwir Pedas Kemangi

  1. Siapkan semua bahan. Geprek jahe, lengkuas, sereh, haluskan bawang putih untuk nasi. Cuci bersih nasi dan beri santan. Tambahkan air hingga batas rice cooker anda terpenuhi. Setelah itu masukkan bahan lainnya kedalam rice cooker. Terakhir beri garam dan royco ayam secukupnya biar nasinya gurih..
  2. Setelah nasi beres, siapkan bahan lainnya. Potong serong cabe ijo, pisahkan kemangi dari batangnya. Kemudian cuci bersih daun pisang, keringkan, lalu panaskan di atas kompor hingga layu. Hati-hati jangan sampai terbakar..
  3. Rebus ayam yang sudah dicuci bersih hingga matang, tiriskan, lalu suwir dagingnya jika sudah dingin..
  4. Sementara itu, masukkan semua bahan bumbu halus ke chopper atau food processor. Bisa tambah air sedikit jika susah halus. Meski gak perlu terlalu halus juga gak masalah. Masukkan bumbu halus itu ke pan anti lengket yang sudah panas yang sebelumnya dikasih minyak terlebih dahulu. Beri daun jeruk dan lengkuas, tumis sampai wangi..
  5. Masukkan ayam yang sudah disuwir tadi. Masukkan bumbu lainnya seperti saus tiram, gula, kecap asin, garam, royco. Koreksi rasa. Jika sudah pas, matikan kompor dan angin-anginkan ayam suwir pedasnya..
  6. Kita mulai proses bungkus nasi bakarnya. Ambil daun pisang yang sudah lemas karena dipanaskan sebelumnya. Ambil dua sisi agar lebar, satukan (ini kalau daun pisangnya gak terlalu lebar). Ambil satu bagian lebih kecil untuk taruh nasi. Letakkan bagian kecil itu disudut bawah dekat badan kamu..
  7. Untuk resep ini, aku bagi 2 porsi. Satu porsi nasinya 200gr (matang), satu lagi 300gr (untuk suami yang makannya lebih banyak). Aku taruh dimangkok terpisah. Lalu setengah porsi nasi itu ditaruh diatas daun yg kecil, disebarkan. Masukkan ayam suwir di atas nasi, tambahkan beberapa sendok sambel trasi uleg (optional) dan cabe potong (optional). Tambahkan kemangi diatasnya dan terakhir, tambahkan bawang goreng..
  8. Tutup ayam suwir tersebut dengan sisa nasi. Lalu gulung daun pisang. Rapat dan padatkan gulungannya. Ratakan sisa kanan kiri dengan sendok dan mulai gulung. Gunting jika kepanjangan. Lalu tusukkan toothpick atau tusuk gigi ke sisi kanan kiri. Lakukan hal yang sama dengan porsi satunya lagi. Pastikan bungkusan rapat karena kalau ada celah atau robek, bisa kering nasinya terpapar panas..
  9. Nasi bakar siap dibakar diatas kompor atau dioven (190C selama 14 menit dibolak balik). Selamat menikmati..